Logo Daihatsu
Menu

Cara Poles Body Mobil di Rumah Agar Mobil Mengkilap Seperti Baru

Otomotif

2021-08-06

poles body mobil

Di masa pandemi seperti ini banyak orang yang mempunyai banyak waktu luang karena diterapkannya work from home. Jika Anda salah satu yang memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk belajar cara poles body mobil di rumah.

Saat ini berbagai kegiatan yang dilakukan di luar rumah sangatlah dibatasi. Jadi besar kemungkinan kendaraan seperti mobil jarang digunakan, dan hanya ditempatkan di garasi.

Untuk mengisi waktu luang, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan melakukan poles body mobil sendiri di rumah. Sehingga saat masa pandemi sudah berakhir nanti, Anda bisa keluar dengan kendaraan yang tampak seperti baru.

Cara Poles Body Mobil di Rumah Supaya Mobil Jadi Lebih Mengkilap

Mobil yang bersih dan mengkilap tentu sangat sedap untuk dipandang, dan sangat membanggakan ketika dibawa berpergian. Biasanya poles body mobil dilakukan di bengkel atau tempat pencucian tertentu.

Namun diwaktu pandemi seperti sekarang ini, mungkin Anda akan sedikit kesulitan menemukan bengkel penyedia poles body mobil yang buka. Jadi agar lebih mudah, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba melakukan poles body mobil sendiri. 

Selain lebih hemat biaya, Anda juga bisa lebih tahu mengenai detail – detail dari mobil Anda jika melakukan poles body mobil sendiri. Berikut kami akan berbagai informasi mengenai cara poles body mobil di rumah dengan mudah.

Persiapkan peralatan

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan peralatan untuk poles body mobil. Alat yang harus Anda siapkan diantaranya busa spon, kanebo, dan kain lap. Anda juga bisa menggunakan mesin poles wax polishing, jika ada.

Cuci mobil terlebih dahulu

Sebelum melakukan poles body mobil di rumah, pastika Anda mencuci mobil sampai bersih terlebih dahulu. Pastikan sebelum dipoles, mobil bebas dari berbagai macam kotoran dan debu.

Setelah mencuci mobil sampai bersih, segera keringkan dengan kain microfiber untuk menghilangkan waterspot. Pastikan tidak ada lagi air yang menempel pada body mobil. Karena jika Anda melakukan poles pada mobil yang masih basah, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Hilangkan oksidasi pada mobil yang selesai dicuci

Berikutnya setelah mobil dikeringkan, segera semprotkan cairan quick detailer pada panel body mobil. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan oksidasi sekaligus clear coating pada cat mobil.

Jika sudah disemprot dengan quick detailer, langsung usap dengan clay bar. Dan jangan lupa keringkan dengan menggunakan kain microfiber.

Gunakan cairan compound untuk baret halus

Sebagai pengguna kendaraan mobil, baret halus merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Tujuan dari melakukan poles body mobil diantaranya adalah untuk menghilangkan baret halus tersebut.

Cairan compound sangat berguna untuk menghilangkan baret halus yang ada pada mobil Anda. Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada body mobil kemudian mengusapnya dengan gerakan searah.

Gunakan cairan wax untuk finishing

Yang terakhir gunakan cairan wax untuk finishing poles body mobil di rumah. Cairan wax berfungsi untuk memproteksi hasil pemolesan cat mobil yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Cara menggunakan cairan wax sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya pada mobil kemudian diamkan selam 3 – 5 menit. Setelah cairan wax meresap, segera lap body mobil menggunakan kain microfiber.

Sangat mudah, bukan? 

Kini Anda sudah mengetahui cara poles body mobil di rumah dengan mudah dan cepat. Jadi segera coba dan buat mobil Anda kembali mengkilap seperti baru.

Perlu Anda ketahui, Daihatsu merupakan jenis mobil terbaik yang tidak memerlukan perawatan poles terlalu sering. Hal ini karena Daihatsu menggunakan cat dan proses pewarnaan mobil yang berkualitas.

Jadi, dengan mobil Daihatsu Anda tidak perlu sering mengunjungi bengkel untuk melakukan poles body mobil. Anda bisa melakukan poles mobil sendiri di rumah dengan cara sederhana dan tentunya dengan biaya yang lebih murah.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Mur Roda Mobil Susah Dibuka dan Tips Mengatasinya

2022-03-26

Roda merupakan salah satu komponen kendaraan yang penting. Untuk itu roda kendaraan perlu dijaga dengan baik. Pengecekan roda kendaraan sebelum digunakan perlu dilakukan

thumbnail

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pengisian Tegangan Baterai Mobil?

2020-11-27

Tidak bisa dipungkiri jika mobil bak sebuah alat yang penuh dengan komponen kompleks di dalamnya, seperti contohnya sistem pengisian. Peranti yang berfungsi mengisi tega

thumbnail

Pengaruhi Power, Ini 3 Efek Knalpot Mobil Tanpa Resonator

2021-01-07

Salah satu bagian penting pada sistem kerja sebuah mobil yaitu resonator. Resonator merupakan komponen pada knalpot yang terletak

thumbnail

3 Tanda Platina Mobil Rusak Atau Sudah Habis

2021-01-05

Pada rangkaian komponen mesin mobil, platina punya tugas utama untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dalam sistem pengapian. Jadi peranti ini punya peran penting