Logo Daihatsu
Menu

Ketok Magic, Proses Perbaikan Mobil yang Tetap Berkualitas dan Diminati

Otomotif

2021-01-18

ketok magic

Ketok magic adalah alternatif menggiurkan bagi para pemilik mobil dengan kendaraan yang rusak cukup parah. Istilah ini sangat terkenal di tahun 2000-an di kalangan pemilik dan penyuka mobil.

Bagi kaum milenial, ketok magic mungkin terdengar aneh, atau bahkan beberapa hanya tahu nama saja. Namun, proses cepat, hasil memuaskan, dan harga yang tidak terlalu mahal dari ketok magic bisa menjadi pertimbangan untuk memperbaiki mobil dengan cara ini loh.

Nah, Sahabat bisa simak nih beberapa penjelasan berikut untuk tahu lebih dalam mengenai ketok magic.

Tidak Berkaitan dengan Hal Gaib

Nama ketok magic mungkin terdengar tidak seperti teknik perbaikan mobil pada umumnya. Bahkan, penamaan ini terdengar seperti menggunakan kekuatan sulap atau hal ghaib sehingga terkesan, hanya diketok saja akan memberikan hal magic.

Akan tetapi, ketok magic murni menggunakan kekuatan tangan manusia loh. Awalnya, katanya adalah kenteng teter yang artinya mengetokanteter (alat yang terbuat dari lempengan besi) ke bagian mobil yang penyok.

Ketika proses pengetokan tersebut, si pemilik mobil merasa terpaku karena mobilnya yang rusak kembali seperti semula. Pemilik mobil langsung berkata bahwa itu seperti sulap atau magic.

Senjata Rahasia Ketok Magic

Meskipun caranya masih tradisional dengan alat-alat sederhana, tetapi perbaikan mobil jenis ini tidak pilih-pilih tipe mobil. Peralatannya mungkin hanya berupa lempengan-lempengan besi yang dibuat secara khusus.

Lempengan-lempengan besi tersebut dibagi menjadi 2 jenis, yaitu teter dan lamak. Teter biasanya digunakan untuk menahan palu dari bagian depan, sedangkan lamak untuk menahan ketukan palu dari bagian dalam.

Dari nama alat-alat tersebut, jika di luar Jakarta pasti tak banyak yang mengerti apa itu ketok magic. Sebab, mereka hanya tahu ketok teter.

Proses Perbaikan yang Tertutup

Tak biasanya pemilik mobil akan menunggu proses pengerjaan perbaikan mobil dengan cara ketok magic. Beberapa bengkel memang tidak membolehkan pemilik untuk memperhatikan proses pengerjaannya sehingga banyak yang bilang proses tertutup ini mungkin dibantu hal ghaib.

Akan tetapi, hal itu tentu saja tidak benar. Proses ketok magic yang masih menggunakan alat-alat sederhana mungkin prosesnya agak mengganggu karena terdengar bunyi pengetokan yang begitu keras sehingga biasanya pemilik bengkel tidak ingin pelanggan merasa terganggu.

Yang pasti, proses perbaikan berjalan dengan normal. Mulai dari pengecekan kerusakan, analisis seberapa parah kerusakan mobil tersebut, perbaikan dengan teter dan lamak, lalu proses pengecatan kembali. Semuanya tampak begitu normal tanpa proses ghaib sama sekali.

Mengikuti Perkembangan Zaman

Pengerjaan ketok magic yang manual, hanya mengandalkan keahlian tangan reparator, memang menjadi tantangan unik. Tidak hanya ketika memperbaiki penyok atau goresan di mobil, tetapi juga ketika proses pengecatan kembali badan mobil.

Pemilihan cat yang lebih berkualitas mungkin bisa membantu. Namun, untuk memilih warna yang serupa dengan warna body mobil seperti semula sehingga tidak ada perbedaan di bagian yang baru diperbaiki, tentu saja memberi kesulitan tersendiri.

Maka dari itu, pemilik bengkel ketok magic tidak terpaku pada kesederhanaan peralatan yang dimiliki. Beberapa bengkel ketok magic akan membeli peralatan canggih yang sedang banyak dibicarakan untuk mengikuti perkembangan zaman dan memudahkan mereka dalam proses perbaikan supaya pelanggan lebih puas.

Harga Sangat Terjangkau

Jika Sahabat pergi ke bengkel besar dengan peralatan-peralatan modern, proses perbaikan goresan di body mobil saja mungkin sudah memakan harga jutaan rupiah. Namun, tidak dengan ketok magic.

Penggunaan alat-alat yang masih sederhana mungkin menjadi penentu harga yang ditentukan oleh pemilik bengkel ketok magic. Akan tetapi, mereka memang menetapkan harga yang murah karena biasanya yang datang ke mereka adalah dari kelas ekonomi menengah ke bawah.

Harga yang ditetapkan mungkin tidak sama antara bengkel ketok magic satu dengan yang lainnya. Namun, rata-rata mereka akan menetapkan harga yang terjangkau. Bahkan ada bengkel ketok magic yang start harga untuk memperbaiki goresan hanya sebesar Rp100.000 saja dengan hasil yang memuaskan.

Kelebihan yang Menguntungkan Pelanggan

Ada alasan mengapa memperbaiki kerusakan mobil di bengkel ketok magic lebih mural. Hal tersebut karena mereka hanya fokus memperbaiki, bukan mengganti spare part.

Proses perbaikan tersebut tidak memakan waktu lama sehingga biayanya bisa ditekan dengan baik. Namun, ketika pelanggan meminta ganti bagian yang rusak, pemilik bengkel akan melakukannya. Pelanggan bahkan bisa request ingin parts baru atau bekas supaya harga lebih terjangkau.

Pembagian tugas di bengkel ketok magic untuk para petugasnya juga menguntungkan pelanggan. Hal tersebut karena pengerjaan perbaikan mobil menjadi lebih cepat dibanding dengan bengkel dealer biasa.

Jika di bengkel biasanya akan memakan waktu berhari-hari untuk memperbaiki penyok, untuk ketok magic bisa hanya hitungan jam. Pengerjaan yang cepat itu karena beberapa pekerja akan saling membantu. Bahkan, ketika suatu bengkel ketok magic ramai pelanggan dan pekerja terasa kurang, pemilik bengkel bisa meminta bantuan dari bengkel lain loh. Solid banget, kan?

Tempat Pengerjaan yang Terbatas

Jika ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan. Ketok magic mungkin bisa menekan harga perbaikan sehingga lebih murah dan pengerjaan yang terbilang cepat. Namun, karena luas bengkel yang tidak seberapa, pengerjaan menjadi tersendat ketika banyak pelanggan yang datang secara bersamaan.

Terlebih, bengkel ketok magic dinilai kurang higienis dibanding bengkel modern pada umumnya. Ketidakhigienisan ini bisa mengganggu proses pengerjaan, terutama saat pengecatan ulang body mobil yang rusak.

Debu dan kotoran bisa mempengaruhi warna cat yang dipilih. Bisa saja ketika akan dilakukan pengecatan ada debu yang menempel karena pengerjaan di ruangan yang terbuka dan tidak terlalu steril sehingga kualitas cat akan terpengaruh.

Akan tetapi, pemilik dan pekerja di bengkel ketok magic tentu akan memberikan kemampuan dan kualitas sebaik mungkin untuk pelanggan. Kesederhanaan dan keterbatasan tempat tidak membuat mereka untuk mengecewakan pelanggan, bukan?

Mitos yang Harus Dihilangkan

Sudah dijelaskan di awal bahwa ketika nama ketok magic melambung di tahun 2000-an, banyak yang berpikir proses pengerjaannya dibantu hal ghaib. Terlebih, pengerjaan yang cepat dan hasil memuaskan padahal dilakukan di tempat yang tidak secanggih bengkel-bengkel besar, menambah kecurigaan.

Lalu, seiring dengan kecurigaan tersebut, muncul mitos lainnya: mobil yang diperbaiki secara ketok magic akan mengalami kecelakaan lain sehingga akan kembali ke bengkel tersebut dan memberi untung kepada pemilik bengkel.

Semua hal itu tentu saja tidak benar. Perbaikan yang cepat karena banyak petugas yang mengerjakan satu mobil yang rusak sehingga lebih cepat. Kualitas yang memuaskan juga karena keahlian petugas bengkel yang terlatih. Tidak ada hal gaib yang membantu proses pengerjaan perbaikan mobil.

Ketok magic mungkin masih terdengar kuno ketika mengingat zaman yang sudah begitu modern ini dan banyak bengkel besar yang menyediakan alat-alat canggih. Namun, jasa ini bisa sekali untuk Sahabat pertimbangkan terlebih harga perbaikannya yang begitu ekonomis!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Manfaat Memberikan Grease pada Terminal Positif Aki Mobil

2022-03-03

Anda mungkin seringkali menemukan para mekanik atau pekerja di bengkel yang memberikan grease atau gemuk pada bagian terminal positif dari

thumbnail

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kopling Mobil Mudah Rusak

2021-01-02

Banyak yang berpendapat menggunakan mobil dengan transmisi manual yang menggunakan kopling mobil cukup sulit. Oleh sebab itu, mobil dengan transmisi otomatis semakin mar

thumbnail

STNK Diblokir ETLE? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2023-11-17

Penerapan ETLE sebagai sistem tilang terbaru saat ini sudah merata di Indonesia. Meski sistem tilang ETLE tidak langsung menyertakan polisi lalu lintas di jalanan se

thumbnail

Begini Cara Bayar E-Tilang Lewat ATM BCA

2020-12-15

E-Tilang merupakan sistem tilang elektronik yang memanfaatkan kamera CCTV sebagai pengawas. Teknologi ini bertujuan untuk menggantikan peran polisi dalam menertibkan lal