Logo Daihatsu
Menu

Wajib Tahu! Begini Cara Mencuci Mobil yang Benar

Otomotif

2021-02-28

cara mencuci mobil yang benar

Kebersihan mobil adalah hal mutlak yang mesti dijaga oleh setiap pemiliknya. Soalnya ini bukan hanya akan mempengaruhi tampilan luar dari mobil tersebut tapi juga keawetan dari mobilnya. 

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kebersihan dari mobil tentunya adalah dengan cara mencucinya. Selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa mencuci mobil adalah hal yang mudah untuk dilakukan. 

Padahal pada kenyataannya, masih banyak yang melakukan kesalahan ketika mencuci mobil ini. Tidak bisa dianggap sepele karena ternyata perbuatan mencuci mobil yang salah bisa mengakibatkan kerusakan pada cat mobil. 

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut, maka ketahuilah cara mencuci mobil yang benar seperti berikut ini. 

1. Gunakan Alat Khusus 

Cara mencuci mobil benar yang pertama adalah dengan menggunakan alat khusus. Satu kesalahan besar yang selama ini masih dilakukan oleh banyak orang adalah dengan menggunakan alat seadanya untuk mencuci mobil. 

Padahal untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda juga harus menggunakan alat yang tepat. 

Alat khusus yang dimaksud adalah seperti serat makro, sarung tangan berbulu dan shampo khusus. Kombinasi tersebutlah yang nantinya akan mampu membuat tampilan mobil menjadi lebih awet.

2. Bersihkan Seluruh Area Mobil 

Sangat disarankan untuk jangan langsung mencuci mobil begitu saja. Namun usahakan untuk membersihkan seluruh area mobil terlebih dulu. Mulai dari bagian atas, bagian samping hingga bagian bawah juga mesti dibersihkan secara mendetail. 

Hal ini nantinya akan sangat berguna untuk membuat berbagai kotoran maupun debu yang masih menempel pada bagian mobil bisa langsung dibersihkan. Supaya nantinya proses pembersihan bisa lebih sempurna ketika dilakukan pencucian pada mobilnya. 

Baca juga: 4 Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Mencuci Mobil Kesayangan

3. Semprotkan Air dengan Benar 

Menyemprotkan air ketika sedang mencuci mobil juga menjadi hal yang mesti diperhatikan dengan baik-baik. Soalnya selama ini masih banyak orang yang melakukan kesalahan ketika menyemprotkan air untuk mencuci mobil. 

Kesalahan tersebut adalah dengan menyemprotkan air secara horizontal ke arah mobil. Biasanya gaya ini hanya akan membuat kotoran tidak hilang tapi hanya berpindah tempat saja. Jadi sebaiknya semprotkan dengan posisi miring supaya kotoran yang menempel bisa benar-benar hilang. 

4. Gunakan Shampo Khusus 

Satu kesalahan besar yang selama ini masih dilakukan banyak orang adalah menggunakan shampo sembarangan untuk mencuci mobilnya. Banyak yang tidak memperhatikan kandungan ph yang dimiliki oleh shampoo tersebut. 

Hal ini jelas apabila terus dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan pada kualitas cat mobil Anda. Guna menghindarinya amak sangat disarankan menggunakan shampo khusus yang memiliki kandungan ph yang seimbang. 

Tenang saja, sekarang ini sudah banyak sekali shampo khusus mencuci mobil yang bisa ditemukan mudah di pasaran. 

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara mencuci mobil yang benar. Jadi, Anda jangan sampai salah atau keliru lagi dalam mencuci mobil yang dimiliki. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Kerja Handbrake (Rem Tangan) Mobil & Menggunakannya

2023-05-08

Handbrake mobil merupakan istilah lain dari rem tangan. Sesuai dengan namanya komponen ini memiliki fungsi untuk menghentikan laju mobil dengan cara menahan beban. B

thumbnail

4 Hal yang Dapat Menyebabkan Kunci Remot Mobil Tidak Berfungsi

2021-01-06

Mobil keluaran baru umumnya telah dilengkapi dengan fitur standar seperti remote kendaraan. Fitur canggih tersebut memiliki beragam fungsi, sehingga sang pemilik akan me

thumbnail

Inilah Daftar Mobil Daihatsu yang Sudah Keyless, Yuk Cek Apa Saja

2023-09-29

Mobil dengan fitur keyless, dinilai lebih aman karena ketika pengemudi keluar dari mobil dan menjauh secara otomatis pintu mobil akan terkunci. Dengan begitu, mobil

thumbnail

No Referensi Pelanggaran ETLE Sangat Penting, Ini Gunanya!

2023-11-17

Bagi pengemudi yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan terekam ETLE tentu akan dikenakan denda tilang. Pihak kepolisian setempat akan mengirimkan bukti pelanggara