Logo Daihatsu
Menu

Berapa Biaya Cat Mobil Full Body? Cek Estimasi dan Pertimbangannya

Otomotif

2023-10-30

Berapa Biaya Cat Mobil Full Body? Cek Estimasi dan Pertimbangannya

Mengetahui berapa biaya cat mobil full body sangatlah perlu, terutama jika hendak melakukan perbaikan bodi mobil beserta pengecatan ulang. Seperti diketahui, cat mobil mobil yang usang dan tergores dapat mengurangi nilai estetika dan nilai jual mobil. Daripada Anda penasaran dengan estimasi biayanya, yuk langsung saja ketahui informasi selengkapnya seperti berikut.

Berapa Biaya Cat Mobil Full Body?

Berapa estimasi biaya cat bodi mobil secara penuh? Estimasi biaya untuk mengecat bodi mobil secara penuh tergantung dari jasa bengkel dan cat yang Anda pilih. Untuk bengkel resmi tentunya, memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bengkel umum. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

1. Biaya cat mobil full body di bengkel umum

Seperti dijelaskan sebelumnya, harga pengecatan bodi mobil secara penuh di bengkel umum memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan bengkel resmi. Untuk pengecatan dengan material dasar Apsara, Blinken, Nippon Paint dan DuPont, rata-rata dikenakan biaya kurang lebih  Rp4 jutaan. Sedangkan untuk material dasar Sikkens atau Spies Hecker, rata-rata dikenakan biaya kurang lebih  Rp6,5 jutaan hingga  Rp9 jutaan.

Biaya pengecatan mobil tersebut, bisa lebih terjangkau jika Anda melakukan pengecatan per panel atau bagian-bagian tertentu saja. Jika pengecatan dilakukan dengan cat Polyurethane, maka estimasi biaya yang dikenakan sebagai berikut.

  • Wing (spoiler), side skirt, fender bumper (spakbor), dan panel pintu dikenakan biaya mulai dari  Rp300 ribuan hingga  Rp450 ribuan.
  • Bagasi dan kap mesin dikenakan biaya mulai dari  Rp400 ribuan hingga  Rp600 ribuan.
  • Atap mobil dikenakan biaya mulai dari  Rp500 ribuan hingga  Rp800 ribuan.

Jika biaya di atas masih dirasa kurang terjangkau, Anda bisa memilih cat Acrylic Lacquer. Untuk estimasi biaya selengkapnya sebagai berikut.

  • Pintu per panel, bumper depan dan belakang mobil, fender per panel, dan kap bagasi dikenakan biaya kurang lebih  Rp350.000 per panel. 
  • Kap mesin dikenakan biaya mulai dari  Rp450.000.
  • Kabin dikenakan biaya mulai dari  Rp600.000.

2. Biaya cat mobil full body di bengkel resmi

Untuk pengecatan bodi mobil secara penuh di bengkel resmi harganya bervariasi tergantung dari brand dan jenis mobil. Untuk estimasi biayanya kurang lebih dimulai dari harga  Rp7 jutaan hingga 18 jutaan tergantung dimensi mobil. Biaya tersebut sudah lengkap dengan biaya kerok total. Berikut perkiraan estimasi biaya pengecatan bodi mobil secara penuh di bengkel resmi Daihatsu. 

  • Daihatsu Feroza: kurang lebih  Rp12 jutaan.
  • Daihatsu Xenia: kurang lebih  Rp10,5 jutaan.
  • Daihatsu Ayla: kurang lebih  Rp7 jutaan.

Untuk biaya cat bodi mobil per panel di bengkel resmi biasanya dikenakan biaya mulai dari  Rp700 ribuan hingga  Rp1,8 juta. Besar kecilnya estimasi biaya tersebut tergantung bagian yang akan di cat ulang dan jenis mobil yang dicat. Sebagai contoh pengecatan per panel untuk mobil Daihatsu Xenia di bengkel resmi Daihatsu dikenakan biaya sebagai berikut.

  • Bagian kaki-kaki (triplang) :  Rp450.000
  • Bumper mobil:  Rp620.000
  • Fender mobil: kurang lebih mulai dari  Rp650.000 hingga  Rp750.000
  • Kap mesin: kurang lebih mulai  Rp720.000 hingga  Rp750.000
  • Pintu belakang bagasi:  Rp750.000
  • Bagasi mobil:  Rp750.000 hingga  Rp800.000
  • Rooftop:  Rp1.800.000

Baca Juga : 11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus

Demikian estimasi biaya pengecatan mobil full body yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya, Anda lakukan pengecatan di bengkel resmi seperti bengkel Daihatsu jika Anda memiliki dana yang cukup. Sebab, bengkel resmi menggunakan cat yang berkualitas tinggi, serta dikerjakan oleh tenaga ahli dan bantuan perlengkapan yang mumpuni. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mana Urutan yang Benar, Ganti Oli Atau Purging Dulu di Mobil Mesin Diesel?

2021-12-30

Saat Anda akan membersihkan ruang bakar mobil, maka bisa menggunakan metode purging. Namun, olinya juga harus diganti. Lalu, pada proses ganti oli purging, mana yang lebih dahulu?Urutan pros

thumbnail

Manfaat Sarung Mobil dan Tips Memilihnya

2021-02-19

Terbatasnya area parkir di dalam ruangan (indoor) sering kali membuat kamu terpaksa harus memarkirkan mobil kesayanganmu di area parkir luar ruangan (outdoor

thumbnail

Fungsi Gigi L pada Mobil Matic dan Cara Menggunakannya

2024-02-22

Apakah Anda sudah mengetahui fungsi gigi L pada mobil matic beserta cara penggunaannya? Jika belum, mari perhatikan ulasan berikut. Apa Fungsi

thumbnail

Kenali 3 Cara Mudah Memasang Rangkaian Alarm Mobil

2021-01-06

Mobil merupakan aset yang sangat berharga dan rawan terjadi pencurian yang sering kali terjadi di kota besar. Oleh sebab itu, And