Logo Daihatsu
Menu

Berikut Biaya Cat Mobil Untuk Setiap Bagian Kendaraan

Otomotif

2020-12-04

biaya cat mobil

Karena sering digunakan bepergian, tentu warna cat pada body mobil lambat laun akan terlihat kusam dan memudar. Hal ini bisa jadi dikarenakan umur kendaraan yang tua, serta perawatan kurang tepat. 

Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pengecatan ulang. Sebelum membawa ke bengkel, yuk intip biaya cat mobil untuk setiap  bagian kendaraan. 

1. Pengecatan Seluruh Body Mobil

Untuk memoles tampilan mobil agar tampak baru lagi, tentunya anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak. Biasanya, setiap bengkel akan mematok harga yang berbeda, tergantung dari pilihan warna dan tingkat kesulitan pengerjaan. 

Perlu diketahui, kualitas cat yang anda pilih akan menjadi penentu besar biaya untuk pengecatan body mobil.

Penting untuk diketahui, warna emas dan merah biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal, dibanding pilihan lainnya. 

Umumnya, biaya yang dibebankan untuk cat seluruh body dipatok dengan harga sekitar 5 hingga 7 juta rupiah. Akan tetapi, bisa jadi biaya cat mobil tersebut meningkat tergantung dari ukuran dan jenis mobil, serta pilihan warna yang digunakan. 

2. Pengecatan Bagian Bumper Depan dan Belakang

Seperti yang diketahui, pengecatan ulang mobil full body pastinya membutuhkan biaya yang lebih banyak. Jadi, untuk memangkasnya anda bisa melakukan pengecatan pada bagian tertentu saja. 

Bumper menjadi salah satu bagian mobil yang harus dilakukan pengecatan, baik depan maupun belakang. Pasalnya, panel tersebut rawan sekali terkena goresan dan penyok.

Kerusakan pada bumper depan biasanya terjadi karena setelah menabrak atau menyerempet sesuatu, misalnya saja pagar. Hal serupa juga bisa terjadi pada bumper belakang mobil. 

Umumnya, untuk memoles bagian bumper, anda harus menyiapkan budget sekitar 500 hingga 600 ribu. Namun, biaya cat mobil tergantung dari tingkat kerusakan dan pilihan warna. 

Baca juga: Cara Mengecat Mobil

3. Pengecatan Pintu Mobil

Tak hanya bagian bumper saja, pintu mobil juga tergolong rawan mengalami lecet ataupun goresan. Biasanya, hal ini terjadi karena bersinggungan dengan pengendara mobil atau kendaraan lainnya. 

Lecet pada mobil tentu akan menimbulkan rasa jengkel, pasalnya goresan tersebut akan membuat tampilan kendaraan kurang menarik. Untuk melakukan pengecatan bagian pintu, budget yang harus anda siapkan sekitar 750 hingga 900 ribu rupiah. 

Namun, biaya tersebut juga tergantung dari tingkat kerusakan dan cat warna yang anda pilih. Jika lecet pada mobil anda hanya sedikit dan tidak parah, tentu biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar.

4. Pengecatan Atap Mobil 

Bagian atap mobil ini sering sekali terpapar oleh sinar matahari. Sehingga, wajar jika warna atap mobil lambat laun akan memudar dan terlihat kusam. Biaya cat mobil untuk bagian ini sekitar 1,5 hingga 2 juta rupiah. 

Dibandingkan dengan bagian lainnya, pengecatan atap mobil cenderung membutuhkan biaya lebih mahal, karena cat yang anda butuhkan lebih banyak. Ketika warna mobil sudah mulai memudar, langkah tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pengecatan ulang. 

Dalam hal ini, anda bisa memilih melakukan secara full body atau hanya di bagian tertentu saja, misalnya bumper, atap, pintu, dan sebagainya. Biaya yang dipatok pastinya akan berbeda tergantung warna dan tingkat kesulitan pengecatan.

 

Rekomendasi bacaan lainnya:

5 Cara Menghilangkan Baret pada Mobil dengan Mudah

Bahan untuk Cutting Sticker Mobil

 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Persiapan Mudik Membawa Bayi agar Selama Perjalanan Lebih Nyaman

2020-12-15

Persiapan mudik membawa bayi merupakan satu hal yang perlu diperhitungkan matang agar si kecil betah selama perjalanan. Tak cuma faktor kenyamanan saja yang perlu diperh

thumbnail

9 Cara Efektif Mengatur Barang di Bagasi Mobil Belakang

2022-09-09

Ketika Anda berencana untuk melakukan perjalanan jauh bersama anggota keluarga misalnya berlibur atau mudik akan lebih nyaman bila Anda menggunakan mobil, apalagi mobil pribadi. Anda bisa berhenti

thumbnail

Efek Negatif Modifikasi Ganti Setir Mobil

2022-06-26

Sebagai pemilik kendaraan, Anda pasti memiliki keinginan untuk memperindah tampilan kendaraan sesuai dengan keinginan hati. Tidak sedikit orang yang suka mempercantik ke

thumbnail

Apa itu Facelift pada Mobil? Kenali Perbedaanya dengan All New

2023-02-01

Anda pasti pernah mendengar istilah Facelift dan All New ketika sedang membaca brosur penjualan kendaraan. Ataupun ketika sedang melihat iklan penjualan kendaraan. B