Logo Daihatsu
Menu

Cara Cek Pajak Kendaraan Batam Secara Online, Terbaru 2024

Otomotif

2024-02-26

Cara Cek Pajak Kendaraan Batam Secara Online, Terbaru 2024

Pada tahun 2023, Indonesia mengalami lonjakan signifikan dalam era digitalisasi, mencakup hampir semua sektor, termasuk proses pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan motor. Khususnya di wilayah kepulauan Batam, warga dapat merasakan kebahagiaan karena kini telah tersedia layanan cek pajak kendaraan Batam secara online, seiring dengan perkembangan di kota-kota besar Indonesia. Untuk memahami caranya, mari langsung simak penjelasan selengkapnya.

Cara Cek Pajak Kendaraan Batam Secara Online Terbaru 2024!

Dahulu untuk mengetahui besaran pajak kendaraan, masyarakat harus pergi ke kantor Samsat untuk menanyakan perihal tersebut. Tidak sedikit yang harus bolak balik, karena besaran pajak tidak sesuai dengan biaya yang dibawa.

Terkadang masyarakat juga tidak memiliki banyak waktu untuk berkunjung langsung ke kantor Samsat. Hal tersebut menyebabkan pajak kendaraan menjadi menumpuk sehingga berpengaruh pada biaya denda yang harus dibayarkan. 

Untuk mengurangi polemik tersebut, maka pihak Satlantas Polri melakukan pembenahan sistem sehingga pengecekan pajak kendaraan dapat dilakukan secara online. Penerapan sistem tersebut saat ini sudah meluas di beberapa wilayah, termasuk Batam. Selain Batam, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas juga cara cek pajak kendaraan di Jakarta, Jawa Tengah, Riau, dan Jatim. Bisa dicek ya!

Cara cek pajak kendaraan Batam secara online terbilang lebih praktis, dan efisien. Agar Anda tidak penasaran mengenai cara pengecekannya, Anda bisa perhatikan beberapa cara berikut.

1. Cek melalui SMS

Cek pajak kendaraan batam bisa Anda lakukan melalui SMS. Untuk selengkapnya perhatikan beberapa langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, buka ponsel Anda dan buka bagian menu pengiriman pesan atau SMS.
  2. Langkah kedua, Anda ketik format pengecekan pajak seperti berikut: Info(spasi)kode plat nomor kendaraan secara lengkap(spasi)warna kendaraan. Contoh: Info BP/4511/K.
  3. Langkah ketiga, Anda bisa langsung mengirimkan pesan tersebut ke nomor 08112119211. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan balasan mengenai identitas kendaraan Anda, besaran pajak yang perlu Anda bayarkan, serta kode pembayaran.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pajak Kendaraan Diblokir atau Tidak, Cek di Sini!

2. Cek melalui situs e-Samsat

Cara kedua, Anda bisa melakukan pengecekan melalui situs resmi e-Samsat.

  1. Langkah pertama, buka browser pencarian di ponsel Anda. Lalu ketik https://e-samsat.id dan klik pencarian. Tunggu beberapa saat hingga halaman situs terbuka.
  2. Langkah kedua, isi data-data yang diminta sesuai formulir halaman situs seperti plat nomor, lima digit terakhir nomor rangka kendaraan, nomor mesin, dan provinsi tempat Anda tinggal. Jika sudah lengkap terisi, Anda klik tombol “cek sekarang”. Tunggu sebentar hingga halaman situs menampilkan informasi mengenai identitas kendaraan Anda, nominal pajak yang perlu dibayar, hingga kode pembayaran.

3. Cek melalui aplikasi

Cara ketiga, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan Batam melalui aplikasi Samsat. Untuk aplikasi Samsat sendiri ada dua, yaitu aplikasi SIGNAL dan aplikasi Samsat KEPRI. Aplikasi SIGNAL sendiri dibuat untuk skala nasional, sehingga dapat digunakan oleh beberapa orang di beberapa wilayah. Berikut cara mengecek pajak kendaraan melalui aplikasi SIGNAL.

  1. Langkah pertama, Anda unduh terlebih dahulu aplikasi SIGNAL di browser pengunduhan ponsel Anda.
  2. Langkah kedua, Anda install aplikasi tersebut.
  3. Langkah ketiga, lakukan registrasi pendaftaran dengan memasukkan data-data yang diminta aplikasi seperti NIK, identitas diri, foto KTP, nomor hp, dan email yang aktif, hingga swafoto untuk proses verifikasi registrasi.
  4. Langkah keempat, Anda perlu mengecek email Anda karena aplikasi SIGNAL akan mengirimkan ulang proses verifikasi. 
  5. Langkah kelima, Anda perlu menekan link yang masuk di email Anda untuk verifikasi ulang.
  6. Langkah keenam, Anda bisa memasukkan informasi lengkap mengenai identitas kendaraan Anda dengan memilih menu tambah data kendaraan bermotor. Jika sudah, maka informasi mengenai identitas kendaraan dan besaran pajak yang perlu dibayarkan.

4.Melalui Website Bapenda Kepulauan Riau

Jika Anda berdomisili di Kepulauan Riau, khususnya di area Batam, Anda dapat mengakses informasi pajak kendaraan melalui website berikut: http://dispenda.kepriprov.go.id/#infopajak. Silakan masukkan nomor plat kendaraan Anda pada kolom "Nomor Polisi" dan klik "Proses". Hasilnya akan menampilkan besaran pajak yang perlu Anda bayarkan.

Baca Juga : Cara Cek Pajak yang Sudah Dibayar via Online

Untuk cara penggunaan aplikasi Samsat KEPRI, hampir sama dengan penggunaan aplikasi SIGNAL. Aplikasi KEPRI sendiri merupakan aplikasi pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan secara online untuk wilayah kepulauan Riau dan Batam. 

Nah itu dia sahabat, informasi mengenai cara cek pajak kendaraan di Batam secara online. Dari ketiga cara di atas, cara mana yang menurut Anda paling mudah untuk diaplikasikan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apakah Bisa Bayar Pajak Mobil Tanpa KTP Pemilik Pertama? Ketahui di Sini!

2023-10-10

Ketika membeli mobil bekas, sudah pasti nama yang tertera pada STNK mobil bukanlah nama Anda, melainkan nama pemilik sebelumnya. Lantas apakah bisa bayar pajak mobil

thumbnail

Fungsi dan Cara Penggunaan Flasher Mobil

2021-01-12

Sebagai pengguna kendaraan bermotor, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bagian lampu sein yang menjadi salah satu komponennya. 

thumbnail

Kelebihan Angin Ban Mobil Nitrogen

2021-12-30

Tekanan angin ban mobil bisa berpengaruh pada keseimbangan menahan beban. Selain itu, dapat membuat ban mobil lebih tahan lama. Dewasa ini,

thumbnail

Mau Beli Odometer Mobil Bekas? Cek Dulu Keasliannya dengan Cara Ini!

2021-05-06

Bila Sahabat hendak membeli odometer mobil bekas, harap sedikit lebih hati-hati. Soalnya, sekarang banyak dijual odometer bekas yang palsu. Odometer semacam itu biasanya