Logo Daihatsu
Menu

4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Online Terbaru 2024

Otomotif

2024-02-15

4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Online Terbaru 2024

Di tahun 2024 ini, perkembangan teknologi sudah merambah ke beberapa aspek, termasuk pada pengembangan sistem pembayaran pajak kendaraan. Bagi para warga Jakarta, tidak perlu lagi mengantri ke Samsat jika ingin mengetahui besaran pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Saat ini, cek pajak kendaraan Jakarta dapat dilakukan secara online dengan cepat dan mudah. Berikut ini kami berikan informasi mengenai 4 cara cek pajak kendaraan Jakarta secara online di tahun 2024: 

1. Cek via aplikasi

Cara yang pertama, Anda bisa melakukan pengecekan via aplikasi SIGNAL atau JAKI. Sebelum melakukan pengecekan tersebut, Anda perlu mengunduh aplikasi tersebut. Selanjutnya Anda install aplikasi, dan isi data sesuai yang diminta aplikasi tersebut hingga muncul informasi mengenai identitas kendaraan dan besaran pajak yang perlu dibayarkan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pajak Kendaraan Diblokir atau Tidak, Cek di Sini!

2. Cek via website

Cara kedua, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui website. Berikut cara cek selengkapnya. 

Cara cek melalui situs Samsat PKB2 Jakarta

Pengecekan pajak kendaraan bermotor pertama, Anda bisa mengunjungi website resmi. Caranya seperti berikut. 

  • Buka browser smartphone Anda, lalu kunjungi website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id.
  • Tunggu sebentar hingga halaman website muncul. Dan isi data-data sesuai yang diminta halaman website tersebut seperti plat nomor kendaraan, ataupun nomor identitas pemilik kendaraan (NIK). 
  • Jika sudah, tekan tombol saya bukan robot, lalu klik tombol cari. Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi lengkap mengenai kendaraan Anda, beserta besaran pajak yang perlu Anda bayarkan.

Cara cek melalui situs E-Samsat

Pengecekan kedua, Anda bisa mengunjungi website E-Samsat. Berikut cara cek selengkapnya.

  • Buka browser, smartphone Anda, lalu kunjungi website berikut https://e-samsat.id/dki-jakarta/
  • Selanjutnya, Anda pilih menu plat nomor kendaraan, lalu masukkan nomor polisi kendaraan Anda serta masukkan nomor rangka kendaraan, serta lima digit terakhir nomor mesin kendaraan Anda.
  • Jika sudah, Anda bisa memilih provinsi DKI Jakarta, lalu klik tombol cek. Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi lengkap mengenai identitas kendaraan beserta besaran denda yang harus dibayarkan.

3. Cek via USSD

Cara ketiga, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan via USSD. Berikut cara selengkapnya.

  • Langkah pertama Anda ketik *368*1# di smartphone, lalu lakukan panggilan.
  • Langkah kedua, Anda ketik angka 1 (Polda Metro Jaya) kemudian kirim. Tunggu sebentar hingga tampil menu mengenai informasi layanan.
  • Langkah kedua, Anda ketik angka 2 (Info Pajak Ranmor). Kemudian masukkan kode plat nomor polisi Anda tanpa spasi seperti berikut B3708GT, lalu tekan tombol kirim. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan balasan mengenai informasi lengkap kendaraan Anda beserta besaran biaya pajak yang perlu dibayarkan. 

4. Cek via SMS

Cara terakhir, Anda bisa melakukan cek pajak kendaraan bermotor Jakarta melalui via SMS, Cara yang satu ini terbilang cara yang paling mudah untuk dipraktikkan. Berikut cara selengkapnya.

  • Pertama-tama Anda harus memastikan saldo pulsa di smartphone Anda cukup. 
  • Langkah selanjutnya, Anda buka fitur SMS di smartphone Anda. Lalu ketik SMS dengan format: info(spasi)kode plat nomor polisi secara lengkap(spasi)warna kendaraan. Contohnya seperti berikut: Info B/3708/GT Merah
  • Jika format di atas sudah Anda ketik, Anda tinggal mengirimkan pesan SMS tersebut ke nomor 08112119211. Kemudian tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan balasan SMS berisi informasi lengkap mengenai identitas kendaraan, besaran tagihan pajak yang harus Anda bayarkan, serta kode billing pembayaran. 
  • Lakukan pembayaran sesuai besaran tagihan yang dibayarkan. Untuk pembayarannya sendiri Anda bisa melalui ATM, teller, hingga marketplace. Selanjutnya Anda akan mendapatkan balasan SMS berisi tautan pengunduhan tanda bukti sudah melakukan pembayaran.

Baca Juga : 3 Cek Pajak Kendaraan Riau Tanpa Nomor Rangka, Mudah!

Di mana alamat kantor Samsat DKI Jakarta

Samsat Jakarta Barat:

Warga Daan Mogot, Kedoya, Jelambar, dan sekitarnya dapat mengunjungi Samsat di Jalan Daan Mogot km 13 No. 130, Cengkareng Tim. Buka Senin-Kamis 08.00–14.00 WIB, Jumat 08.00–12.00 WIB, tutup Sabtu-Minggu. Area luas, parkir nyaman.

Samsat Jakarta Timur:

Warga Duren Sawit, Kalimalang, Pondok Bambu, ke Samsat Jalan Mayjen DI Panjaitan No. 23, Cipinang Besar, Jatinegara. Buka Senin-Jumat 08.00–15.00 WIB, tutup Sabtu-Minggu. Layanan cepat, parkir terbatas.

Samsat Jakarta Selatan:

Bagi yang di Ragunan, Kalibata, Gandaria City, Kebayoran, Samsat di Jalan Gatot Subroto, rt 5 rw 6, Senayan. Buka Senin-Jumat 08.00–14.00 WIB, tutup Sabtu-Minggu. Pelayanan cepat, parkir terbatas.

Samsat Jakarta Utara dan Pusat:

Daerah Ancol, Harmoni, Kemayoran, Hayam Wuruk, kunjungi Samsat di Jalan Gunung Sahari No. 13, Pademangan Barat, Pademangan, Jakut. Buka Senin-Jumat 08.00–15.00 WIB, tutup Sabtu-Minggu. Libur setiap Sabtu-Minggu.

Berapa pajak kendaraan mobil?

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari bprd.jakarta.go.id, pajak untuk kendaraan pertama ditetapkan sebesar 2%, sementara kendaraan kedua dikenakan pajak sebesar 2.5%. Terdapat tambahan sebesar 0.5% untuk kendaraan ketiga, dan penambahan ini juga berlaku untuk kendaraan keempat dan seterusnya.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda contoh ketika hendak melakukan cek pajak kendaraan Jakarta. Cukup mudah bukan?


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sama-Sama Menambah Fungsionalitas Mobil, Inilah Beda Roof Rail dan Roof Rack

2021-02-02

Bagi yang tidak terlalu mengetahui mengenai otomotif, tetapi ingin menambah fungsional mobil, tentu tidak terlalu mengetahui mengenai beda roof rail dan roof rack. Kedua

thumbnail

Pilihlah Bahan Bakar yang Sesuai dengan Mesin Mobilmu

2020-11-18

Tanpa adanya bahan bakar, mobil kesayangan Sahabat tidak akan bisa jalan. Mobil, sama seperti manusia, butuh makanan, minuman, dan vitamin supaya bisa beraktivitas denga

thumbnail

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kopling Mobil Mudah Rusak

2021-01-02

Banyak yang berpendapat menggunakan mobil dengan transmisi manual yang menggunakan kopling mobil cukup sulit. Oleh sebab itu, mobil dengan transmisi otomatis semakin mar

thumbnail

Lima Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari

2020-11-18

Berkendara di malam hari sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi di zaman sekarang, keamanan jalanan semakin meningkat dan menyebabkan semua orang merasa aman saat harus b