Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Habis dan Perlu Diganti
25 Februari 2021
ciri kampas rem mobil habis

Agar pengalaman berkendara Anda selalu nyaman, maka berbagai komponen pada mobil yang digunakan harus dalam kondisi prima. Terlebih pada sistem pengereman, karena jika terjadi masalah maka bisa cukup berbahaya. 

Di dalam sistem pengereman ini, terdapat kampas rem yang wajib diganti jika telah habis. Berikut kenali ciri kampas rem mobil habis.

1. Pedal Rem Terasa Bergetar Ketika Diinjak

Ciri pertama dari kampas rem mobil yang habis, yaitu pedal rem akan terasa bergetar saat diinjak. Pasalnya kampas rem yang habis membuat permukaannya tidak lagi rata, sehingga akan terasa bergetar. 

Piringan cakram rem pun tidak dapat mencengkram secara sempurna, membuat getaran di pedal rem kian terasa.

Tentu hal tersebut bisa membuat pengendara tidak nyaman ketika melakukan pengereman kendaraan. 

Terlebih getaran tersebut ternyata tidak hanya terasa pada bagian pedal rem saja, namun juga bisa berdampak pada bagian setir atau kemudi apabila tidak segera ditangani. Selain tidak nyaman, kondisi ini juga bisa berbahaya bagi Anda dan seluruh penumpang.

Baca Juga: Berbahaya! Kenali Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya

2. Pedal Rem Terasa Dalam

Ciri kampas rem mobil habis selanjutnya yaitu injakan pedal rem terasa lebih dalam dari biasanya. Umumnya kondisi satu ini akan Anda rasakan apabila bagian kampas rem tromol di bagian roda belakang telah habis. 

Pasalnya rem tromol memiliki pegas pengembali, jadi meskipun piston bergerak jauh maka akan tetap kembali ke posisinya semula.

Dan ketika kampas rem mobil Anda habis, kondisi ini akan terjadi. di mana gerakan piston harus jauh agar tromol bisa tertekan, sehingga terasa lebih dalam saat Anda menekan pedal rem. 

Berbeda saat kampas rem mobil masih tebal, karena tromol rem bisa tertekan dengan mudah meski piston bergerak sedikit saja.

3. Rem Tidak Pakem

Saat kampas rem mobil habis, Anda pasti akan merasa bahwa rem kendaraan menjadi tidak begitu pakem. Hal ini terjadi akibat penekanan dari kampas terhadap piringan jadi kurang merata, sehingga luas penampang dari rem pun menjadi lebih kecil. 

Alhasil, tenaga pengereman yang dihasilkan juga kurang maksimal meski Anda telah menekan pedal rem lebih dalam.

Kalau sudah memasuki kondisi ini, Anda harus waspada dan segera mengganti kampas rem mobil tersebut. Karena jika dibiarkan bisa berbahaya, bahkan mengancam nyawa Anda serta pengguna jalan yang lain. 

Sebab mobil jadi lebih sulit untuk direm, dan dapat memperbesar resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tidak diinginkan.

4. Terdengar Suara Berdecit

Apabila timbul suara berdecit saat menginjak rem, ini juga ciri ciri kampas rem mobil habis yang penting untuk Anda perhatikan. di mana bunyi yang ditimbulkan seperti suara dari gesekan besi atau logam. 

Alasannya yaitu kampas rem yang telah habis hanya menyisakan bagian besi saja. Jadi sistem pengereman hanya terkena besi tersebut, alih alih kampas.

Baca Juga: Memahami Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

5. Volume Minyak Rem Berkurang

Minyak rem yang berkurang juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kampas rem mobil Anda telah menipis atau habis. 

Minyak rem ini bisa Anda periksa melalui kap mobil, apabila didapati volume minyak turun padahal tidak ada kebocoran, maka besar kemungkinannya bahwa kampas rem kendaraan sudah habis atau menipis.

Mengapa minyak juga bisa berkurang apabila kampas rem habis? Hal ini karena kampas rem yang menipis, akan memaksa piston bergerak atau terdorong lebih jauh dan keluar. 

Sehingga menambah ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper, alhasil menyebabkan minyak rem juga menurun. Inilah ciri kampas rem mobil habis yang juga penting untuk Anda kenali.

Karena sistem pengereman sangat vital dan krusial, maka berbagai komponen dari sistem ini harus selalu diperhatikan dengan baik. Termasuk kampas rem, yang sangat membantu dalam proses pengereman tersebut. 

Apabila Anda mendapati berbagai ciri seperti di atas, jangan tunggu lama dan segera ganti dengan kampas rem yang baru.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku