Logo Daihatsu
Menu

Memahami Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

Otomotif

2020-11-17

prinsip kerja rem mobil dan prosesnya

Komponen rem pasti tidak akan luput dari segala macam kendaraan. Rem sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan. Untuk mengatur laju kendaraan, prinsip kerja dari rem mobil adalah terjadinya gesekan pada jalan dan ban. Proses ini cukup kompleks, karena itu yuk simak penjelasan berikut. 

Proses Pengereman Pada Mobil  

1. Terjadinya Gesekan Dan Pemindahan Gravitasi Mobil 

Secara umum, prinsip kerja pada elemen rem didasari atas gesekan ban dan permukaan jalan. Rem yang digunakan akan menambah beban pada ban dan akhirnya gesekan akan membantu mengurangi laju kendaraan. Gesekan ini terjadi karena posisi ban berhenti berputar dan statis, sehingga memberi efek gesek pada dua permukaan.

Anda bisa mengamati hal tersebut dengan suara decitan yang kerap terdengar saat mengerem. Dalam proses pengereman ini, titik pusat gravitasi kendaraan akan berpindah sesuai dengan rem yang aktif. Umumnya, pengereman akan dimulai dengan rem depan kemudian disusul dengan roda belakang. 

2. Perubahan Energi Kinetik Menjadi Panas 

Prinsip kerja dari rem mobil adalah karena perubahan energi kinetik ke energi panas. Saat rem diaktifkan, kendaraan tidak akan bisa berhenti secara langsung. Saat mesin mobil sudah dibebaskan dengan pemindahan daya kinetik, namun kendaraan cenderung akan tetap berjalan. Hal tersebut terjadi karena mesin tidak benar benar kehilangan daya gerak. 

Jika diperhatikan, hal tersebut terjadi karena dapur pacu berjalan dengan prinsip pengubahan gaya panas menjadi gaya kinetik. Sedangkan break system menggunakan prinsip keterbalikan. Di sini, pengereman justru menggunakan energi gerak untuk dijadikan gaya panas sebagai cara mengurangi kecepatan laju kendaraan. 

Seperti yang telah disampaikan pada point sebelumnya, gaya gesek terjadi karena ban mobil terhenti dan bertemu dengan aspal jalan. Ban yang berhenti ini disebabkan oleh pertemuan sepatu rem dan brake drum atau tromol. Prinsip kerja dari rem mobil adalah tenaga gerak putar roda yang berubah karena gesekan akan di-convert menjadi tenaga panas. 

Kemudian, tenaga panas tersebut akan dibuang langsung ke udara luar. Jika Anda masih bingung, sebenarnya prinsip pertama dan kedua ini berkesinambungan. Gesekan dari sepatu rem dan tromol akan memaksa ban untuk berhenti seketika. Kemudian gesekan permukaan ban yang terhenti dan aspal akan mengurangi laju mobil. 

3. Prinsip Tuas Pada Pedal Rem Dengan Tekanan Hidrolik 

Kedua proses dan prinsip tersebut tidak jauh dari pengoperasian pedal rem. Saat pedal ditekan, master cylinder akan mengubah tekanan yang diberikan menjadi hidrolik. Pedal rem sendiri memiliki prinsip tuas yang mana mengubah tekanan pedal yang kecil menjadi lebih besar tepat di master cylinder. 

Tekanan ini akan menyalur ke wheel cylinder atau Brake caliper yang ada di tromol mobil. Dengan hukum pascal, tekanan tersebut akan mengaktifkan disc pad rem atau kanvas rem untuk mengurangi putaran ban. Jadi prinsip kerja dari rem mobil adalah berkaitan dengan tekanan hidraulik, gaya gesek, dan gaya panas. 

Bisa disimpulkan bahwa prinsip dari komponen rem terjadi sangat kompleks. Gesekan antara ban dan jalan akan memindahkan gravitasi mobil. Kemudian sistem juga berjalan karena perubahan energi kinetik ke panas. Sedangkan master silinder mengubah prinsip tuas pedal rem menjadi hidrolik untuk mengurangi kecepatan.

Baca Juga:  4 Tanda Kamu Harus Mengganti Rem Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alternator Mobil Bermasalah, Ini Biaya Servis dan Harga Alternator Mobil

2020-12-15

Alternator merupakan komponen pada mesin mobil yang berfungsi sebagai pembangkit listrik dan menyalurkannya ke komponen elektronik. Jika alternator rusak, maka suplai li

thumbnail

Apakah Ganjil Genap Jakarta Ada di Hari Sabtu dan Minggu? Cek di Sini!

2023-11-17

Mengalami apakah ada ganjil genap Jakarta Sabtu Minggu dapat berguna mengatasi kemacetan ketika hendak melakukan perjalanan. Lantas apakah program ganjil genap terse

thumbnail

Fungsi Cargo Net pada Mobil Xenia

2021-11-30

Seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, kini mobil sudah seperti kebutuhan biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya jumlah penjualan mobil maupun aksesorisnya semacam cargo net

thumbnail

Rekayasa Lalu Lintas: Pengertian, Manfaat & Jenisnya

2023-01-18

Rekayasa lalu lintas kerap kali dilakukan oleh pihak kepolisian di Indonesia, terutama di waktu akhir, dan awal tahun ataupun mudik lebaran. Meski program tersebut s