Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
4 Tanda Kamu Harus Mengganti Rem Mobil
19 September 2016
rem mobil

Udah pada tau belum nih waktu yang tepat untuk mengganti rem mobil kamu guys? Rem memang komponen utama yang sangat penting lho, karena ini juga menyangkut tentang keselamatan kita saat berkendara. Karena rem, kamu bisa mengatur kapan harus berhenti jika tidak tentunya akan berakibatkan kecelakaan guys ?

Demi kenyamanan kamu selama berkendara, pastikan keadaan rem kendaraanmu dalam kondisi baik ya. Namun, jika kamu mengalami 4 tanda berikut, maka bersiaplah untuk segera menggantinya guys! Nah, berikut 4 tanda kamu harus mengganti rem mobil, yaitu :

Melakukan pengecekan pada kepingan cakram

Cakram atau rotor dan kaliper adalah komponen utama rem mobil guys! Kaliper bekerja dengan menjepit cakram, sehingga mobil akan berhenti secara sempurna. Nah, mobil yang sudah lama dipakai tentunya tidak akan dapat berhenti secara sempurna lagi. Untuk itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan pada kondisi cakram, jika sudah menipis ini menandakan kamu harus mengganti cakram dengan yang baru.

Terdengar bunyi aneh pada saat pengereman

Di kabin saat berkendara kamu mendengar bunyi aneh? Suara berdecit atau terdengar kasar saat melakukan pengereman? Jika kamu mendengarkan bunyi kasar, biasanya ini berakibat pada kondisi cakram yang sudah menipis guys! Perlu diketahui, kondisi cakram yang menipis tidak baik untuk kaliper pada rem. Nah, ini saatnmya kamu harus mengganti rem secepatnya.

Mobil terasa berbelok sendiri

Saat berkendara, kamu merasakan mobil berbelok sendiri? Ini disebabkan oleh kaliper yang stuck di salah satu ban dan otomatis akan mengerem saat sedang bergerak maju guys! Namun, mobil berbelok sendiri tidak hanya disebabkan oleh rem lho! Untuk memastikan segera bawa mobil kesayangan kamu ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mobil terasa bergetar

Sering melewati jalan rusak atau berlubang? Ini bisa membuat mobil kamu terasa bergetar lho! Ini biasanya ada masalah pada bagian rem mobil, tepatnya pada bagain cakram mobil kamu guys! Hal ini dikarenakan kondisi cakram yang tidak membaik seperti bengkok atau bergelombang. 

Nah, pernah mengalami 4 pertanda yang sudah dijelasin belum nih? Jika kamu sedang mengalaminya, jangan lupa untuk melakukan pengecekan untuk mobil kesayangan kamu ya guys.

Baca juga : Menjaga Rem Tangan Bekerja dengan Baik

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor