Logo Daihatsu
Menu

3 Cara Menyetel Karburator Mobil yang Benar agar Bensin Lebih Irit

Otomotif

2020-12-30

cara menyetel karburator mobil

Sebagai salah satu komponen yang berpengaruh pada sistem bahan bakar, penyetelan karburator menjadi sangat penting. 

Cara setting yang salah bisa mengakibatkan kinerja dari karburator tidak maksimal, bahkan membuat Anda menjadi lebih boros bensin. 

Jadi penting untuk melakukan penyetelan rutin pada kendaraan, berikut cara menyetel karburator mobil dengan benar.

1. Siapkan Peralatan

Karena bagian karburator berada di dalam mesin mobil, maka sebelum melakukan penyetelan Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu. 

Peralatan yang Anda butuhkan untuk setting bagian ini sebenarnya cukup sederhana, di antaranya yaitu obeng pipih, tang, serta beberapa lembar tissue kertas.

2. Mengatur Campuran Bensin dan Udara

Setelah menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, Anda perlu memastikan bahwa mesin mobil dalam keadaan mati agar proses penyetelan berlangsung aman. Kemudian buka bagian kap mesin, dan temukan filter udara. 

Lalu buka semua sekrup dan keluarkan bagian tersebut. Letak dari filter udara sendiri berbeda beda, tergantung jenis dan merek.

Apabila filter udara telah dalam kondisi terbuka, cara menyetel karburator mobil selanjutnya yaitu temukan baut setelan yang biasanya terletak pada bagian depan karburator. 

Umumnya Anda akan menemukan dua baut, yaitu baut untuk mengatur udara serta satu lagi baut untuk mengatur bensin pada kendaraan. 

Anda bisa mengatur jumlah dari campuran bensin dan udara dengan kedua baut tersebut. Gunakan obeng untuk memutar baut ke kiri dan kanan di dalam karburator. Selanjutnya hidupkan mesin mobil pada suhu normal.

Anda bisa mengeceknya pada bagian jarum temperatur. Dengarkan dengan seksama suara mesin, agar nantinya Anda bisa mendapat setelan terbaik.

Campuran bensin dan udara yang berjumlah sedikit akan ditandai dengan mesin yang mengeluarkan bunyi denting, ketika kondisi RPM tinggi. Sejatinya mesin yang kaya akan campuran bensin dan udara juga memiliki suara yang tidak jauh berbeda, namun Anda bisa mencium aromanya kemudian mengurangi campuran bensin.

Cara menyetel karburator mobil selanjutnya yaitu lakukan penyetelan pada kedua sekrup, putar hingga ΒΌ putaran berlawanan arah jarum jam. 

Kemudian kencangkan kembali sekrup hingga Anda menemukan suara mesin sudah terdengar lembut. Setelah sekrup dikencangkan, pasang kembali filter udara pada posisi semula.

Baca juga: Ini Penyebab Mesin Mobil Mati saat Injak Kopling

3. Mengatur Putaran Stasioner

Selain mengatur campuran bensin dan udara, mengatur putaran stasioner juga bisa dilakukan agar penyetelan lebih sempurna. 

Pertama Anda hanya perlu menemukan kabel gas dan sekrupnya. Caranya juga tidak jauh berbeda dari penyetelan sekrup yang terdapat pada pengaturan campuran bensin dan udara.

Kencangkan sekrup untuk mengatur gas, dan putar ke arah berlawanan dengan jarum jam. Setelah itu dengarkan kembali bunyi dari mesin mobil, apabila suara yang terdengar masih kasar maka Anda bisa melakukan kembali cara menyetel karburator mobil. 

Namun pastikan Anda sudah menunggu 30 detik agar mesin bisa beradaptasi.Penyetelan karburator memang terlihat sedikit rumit, namun dengan adanya buku manual Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel. 

Pengaturan yang tepat ini bisa membuat mesin mobil terdengar lembut, dan performa dari karburator sendiri menjadi lebih optimal dan membuat Anda tidak boros bensin.

Baca juga: 7 Bagian Penting Mobil yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jangan Langsung Tambah Freon, Penanganan Jika AC Kurang Dingin

2022-05-06

Pada saat mengendarai mobil, pastinya AC harus dinyalakan agar tidak merasa panas dan gerah saat di dalam mobil. Namun apa jadinya jika AC kurang dingin? Pastinya kondis

thumbnail

Apa Kepanjangan DOHC? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

2023-07-31

Istilah DOHC mungkin tidak asing bagi masyarakat, karena kerap kali tertera pada motor maupun mobil. Meski begitu, tidak semua masyarakat memahami apa maksud dari is

thumbnail

Kelebihan Angin Ban Mobil Nitrogen

2021-12-30

Tekanan angin ban mobil bisa berpengaruh pada keseimbangan menahan beban. Selain itu, dapat membuat ban mobil lebih tahan lama. Dewasa ini,

thumbnail

Hal-hal yang Perlu Sahabat Ketahui Tentang Klakson

2021-02-18

Klakson mobil adalah salah satu instrumen dalam mobil yang secara umum digunakan untuk memberi sinyal-sinyal tertentu. Klakson juga bisa menandakan peringatan bagi mobil