Logo Daihatsu
Menu

Tips Memperbaiki Karburator Mobil Sendiri

Otomotif

2021-02-18

Tips Memperbaiki Karburator Mobil Sendiri

Pada mobil, karburator memiliki peran penting terhadap kinerja mesin. Konsumsi bahan bakar atau tenaga mesin dapat dipengaruhi oleh kondisi karburator.

Karburator pada mobil memiliki banyak sekali komponen dan bentuk pendukung lainnya. Oleh karena itu, akan sangat menyebalkan jika karburator pada mobilmu mengalami kerusakan karena akan berdampak pada komponen lainnya.

Nah, buat kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memperbaiki karburator di bengkel, sebetulnya kamu bisa loh, melakukan servis karburator mobil sendiri di rumah. Simak caranya ya, Sahabat.

Membuka Semua Komponen yang Terhubung dengan Karburator

Hal yang perlu kamu ingat bahwa posisi kabel kutub negatif dari aki harus selalu dalam keadaan terbuka, ya, Sahabat. Selanjutnya, bukalah penutup saringan udara atau air filter dan rumahnya. Saat sedang membuka saringan udara, perhatikan posisinya. Bila kamu adalah orang yang mudah lupa, kamu bisa memfotonya terlebih dahulu.

Selanjutnya, buka selang bahan bakar dan selang lainnya yang terhubung dengan karburator. Buka juga kabel gas dan semua jenis kabel yang terhubung. Lakukan langkah ini dengan hati-hati, ya, Sahabat.

Membuka Karburator dan Semua Komponennya

Langkah selanjutnya adalah membuka baut dudukan karburator atau yang dinamakan dengan mur. Kemudian, angkatlah karburator tersebut dari manipold.

Setelah karburator sudah diangkat dari manipold, lepaslah bagian-bagian karburator yang akan dibersihkan. Sebelum melakukan langkah ini, kamu harus mengingat posisi-posisinya. Disarankan untuk memfotonya jika kamu adalah orang yang tidak mudah mengingat. Sebaiknya, Sahabat tidak membuka spuyer dan pilot jet supaya nantinya tidak terbalik saat memasang.

Bersihkan Semua Komponen Karburator

Setelah semua bagian karburator dilepas, bersihkan karburator dengan menggunakan kuas dan bensin. Bisa juga dilakukan dengan menyemprot karburator dengan karburator cleaner. Tujuannya agar kotoran yang terdapat di karburator hilang dan terangkat.

Selain itu, semprot juga seluruh lubang-lubang dari sudut karburator tersebut dengan menggunakan angin kompresor. Lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu keras ya Sahabat.

Pasang Kembali Semua Komponen

Setelah semua sudut karburator sudah bersih, maka kamu bisa merakit kembali semua komponen dari karburator. Pasang juga karburator tersebut ke manipold mesin dengan diberi sedikit lem agar tidak ada kebocoran nantinya. Pasang semua selang, komponen lainnya, serta pasang juga kabel negatif aki.

Setelah semuanya terpasang, hidupkan mesin dan atur angin karburator. Langkah terakhir, pasanglah kembali saringan udara beserta rumah saringan udara.

Pada praktiknya, cara memperbaiki karburator seringkali menemui beberapa permasalahan. Hal tersebut disebabkan karena setiap karburator mobil berbeda-beda, sehingga cara penyelesaiannya pun juga berbeda.

Masalah yang sering terjadi adalah bercampurnya air dengan bahan bakar atau karburator yang bocor. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membongkar karburator pada mobilmu dan mempraktikkan cara di atas, kenali dulu permasalahan apa yang terjadi pada karburator mobilmu.

Tidak hanya itu, sebelum membongkar karburator, pastikan juga jenis karburator yang digunakan. Jika karburator pada mobilmu berjenis sederhana, cara di atas bisa digunakan. Namun, jika terdapat banyak selang-selang vacuum dan kamu tidak berani memperbaikinya sendiri, sebaiknya kamu membawanya ke bengkel.

Semoga bermanfaat ya Sahabat. Alangkah bahagianya apabila cara di atas dapat dipraktikkan untuk memperbaiki karburator pada mobilmu yang rusak. Namun, lebih bahagia lagi kalau kamu dapat mempraktikkan hal-hal yang dapat membuat karburator pada mobilmu tetap terjaga dan tidak rusak, kan, Sahabat?

Baca juga : 30 Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Lagi Cari Kampas Rem Mobil? Ini 5 Rekomendasi Merek Terbaik

2020-11-12

Kampas rem mobil merupakan satu komponen penting yang

thumbnail

Rekomendasi Merk Cat Anti Karat Mobil untuk Melindungi Mobil Sahabat dari Karat

2021-01-29

Cat anti karat mobil adalah benda yang bisa bikin tampilan mobil Sahabat bebas dari karat. Untungnya, sekarang sudah banyak merk cat anti karat mobil yang beredar di pas

thumbnail

10 Komponen Mesin Diesel, Cara Kerja dan Fungsinya

2023-02-06

Berbicara mengenai mesin kendaraan, ada yang menggunakan

thumbnail

Mengenal Bemper Mobil, Mulai dari Fungsi hingga Modifikasi

2020-12-03

Bemper mobil merupakan komponen terluar mobil yang ada di bagian depan atau belakang. Bentuk bemper mobil cukup bervariasi, tergantung dari jenis mobil itu sendiri. Dahulu, bemper mobil