Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah Beberapa Adab terhadap Suami yang Sering Dilanggar Para Istri
12 Januari 2021
adab istri

Adab terhadap suami adalah perbuatan yang harus dijaga agar hubungan rumah tangga dengan suami tetap langgeng dan menjadi sakinah, mawaddah, warohmah. Terkadang manusia hanya fokus pada euforia awal-awal pernikahan saja tanpa mementingkan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mempertahankan pernikahan.

Berikut ini adalah beberapa adab terhadap suami yang seringkali dilanggar oleh para istri.

Menempatkan Suami Menjadi Pemimpin Keluarga

Rumah tangga merupakan satuan kecil dari sebuah organisasi kenegaraan. Tentu yang namanya organisasi harus ada pemimpinnya. Suami adalah pemimpin bagi tiap keluarganya.

Seringkali yang terjadi di masyarakat adalah suami yang tidak dianggap pemimpin oleh istrinya, hanya gara-gara suami tidak punya gaji besar atau gaji istri lebih besar dari suami. Gaji bukanlah ukuran sebuah kepemimpinan karena dianggap sebagai pemimpin karena dia bertanggung jawab atas keluarganya.

Istri yang tidak menempatkan suami sebagai pemimpin, biasanya akan mudah berbuat buruk pada suaminya, bahkan ada yang selingkuh dengan laki-laki lain karena menganggap suaminya tidak patut dibanggakan. Ngeri juga yah Sahabat efek dari perbuatan ini.

Berkata Lemah Lembut

Berkata lemah lembut pada suami juga merupakan hal yang berat. Seringkali istri berkata kasar pada suami. Kebanyakan suami di Indonesia adalah suami pemaaf dan takut dengan istri. Hal inilah yang membuat banyak istri-istri di Indonesia berkata kasar pada suaminya.

Jika Sahabat termasuk istri yang berkata lemah lembut pada suami, pasti suami Sahabat bangga dan bahagia punya istri seperti Sahabat.

Tidak Mendebat

Masalah pasti muncul di tengah-tengah biduk rumah tangga. Seringkali terjadi cekcok antara suami istri. Namun, tahukah Sahabat bahwa salah satu adab terhadap suami adalah tidak mendebatnya.

Lalu bagaimana caranya jika suami salah? Sahabat bisa dengan merayunya dan menunjukkan kalau dia salah dengan kata-kata yang paling baik.

Sebisa Mungkin Menaati Kesepakatan

Saat Sahabat menikah dengan suami, penulis yakin pasti ada kesepakatan antara Sahabat dengan suami dalam beberapa hal. Jaga dan taati sebisa mungkin kesepakatan yang kalian buat. Banyak sekali istri yang mengingkari kesepakatan dan membuat suami mereka sedih, marah, bahkan lebih dari itu.

Tidak Menolak Urusan Ranjang

Hasrat seorang istri memang tidak sebesar suami. Oleh karena itu, suami dalam Islam boleh menikahi 4 orang wanita. Menolak ajakan suami dalam urusan ranjang bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Tak jarang karena urusan ini, terjadi perselingkuhan dan perceraian.

Menjaga Kehormatan Diri dan Harta Suami

Jika Sahabat termasuk istri yang bisa menjaga kehormatan diri dan harta suami, maka Sahabat adalah istri idaman. Di zaman ini, banyak sekali istri yang tidak amanah. Dia menghabiskan harta suami tidak dengan porsi wajarnya dan bermesraan serta bercanda dengan laki-laki lain saat suaminya tidak ada.

Tidak Bermudah-mudahan Komunikasi dengan Lelaki Lain

Dalam kehidupan pasti ada komunikasi dengan orang lain. Ini tak bisa dielakkan. Sahabat pasti butuh komunikasi dengan tukang sayur, tukang galon, dan lainnya.

Sebagai istri yang baik, Sahabat harus membatasi komunikasi dengan lelaki lain yang bukan kerabat. Seringkali istri terjatuh dalam jurang kenistaan ini gara-gara bermudah-mudahan komunikasi dengan lelaki lain melalui media sosial, seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook. Tak jarang pula perselingkuhan terjadi gara-gara curhat masalah rumah tangga ke lelaki lain.

Tak hanya itu, Sahabat perlu waspada terhadap acara reuni. Banyak rumah tangga hancur setelah reuni sekolah diadakan dan terkena Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK) dengan mantan pacar dulu saat di sekolah.

Qonaah dengan Rejeki yang Ada

Cara mudah bahagia saat berumah tangga adalah dengan qonaah, menerima rejeki yang ada yang diberikan oleh suami. Karena kita tidak pernah tahu kapan kita banyak rejeki atau sedang sedikit. Yang bisa kita lakukan adalah mensyukurinya berapapun jumlahnya.

Baca juga : Cara Mudah Menghilangkan Pikiran Negatif terhadap Suami

Itulah beberapa adab terhadap suami yang bisa Sahabat implementasikan. Sebenarnya masih banyak lagi, seperti berdandan cantik hanya untuk suami, mendengarkan cerita suami saat dia sedang curhat, dan sebagainya.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku