Logo Daihatsu
Menu

Inilah Sejumlah Penyebab Aki Basah Tidak Bisa Menyimpan Listrik

Otomotif

2020-12-15

aki basah

Aki basah tidak bisa menyimpan listrik adalah masalah yang bisa bikin mobil tidak menyala. Sebab, bila aki basah sudah tak bisa menyimpan listrik lagi, maka mobil tidak dapat menerima pasokan listrik yang bikin dia menyala.

Ada sejumlah penyebab mengapa aki basah pada mobil tidak bisa menyimpan listrik. Sejumlah penyebab itu adalah:

Air Aki Pernah Kering dan Habis dalam Waktu Lama

Salah satu komponen utama pada aki basah adalah air aki. Agar aki basah berjalan maksimal, aki basah mesti terus terendam dalam komponennya itu. Dan akan lebih maksimal lagi jika air akinya jarang atau bahkan tak pernah kering dan habis.

Sebab, bila itu terjadi, aki basah akan menjadi kering. Bila sampai kering, aki basah jadi tidak bisa menyimpan listrik, serta mendistribusikannya ke mesin mobil.

Aki Basah Sudah Melewati Batas Usia Pakai

Seperti jenis aki pada umumnya, aki basah pun juga punya batas usia pakai. Alangkah bijaknya jika memakai jenis aki ini hingga batas usia pakai yang telah tercantum.

Bila sampai aki dipakai melampaui batas usianya, maka semua komponen di dalam aki basah akan rusak secara perlahan. Hal itu secara tak langsung bikin aki basah tidak bisa menyimpan listrik, serta tidak bisa mendistribusikan listrik ke mesin.

Aki Basah Tidak Direndam dengan Air Khusus

Seperti yang disebutkan dalam poin pertama, kalau aki basah mesti direndam dalam air aki. Air aki yang dipakai sendiri bukanlah air sembarangan. Adapun air khusus itu adalah air aki zuur yang lazim dikemas dalam botol berwarna merah.

Dalam penggunaannya, air aki tersebut diberi tambahan cairan lain bernama air aki demineral. Air aki demineral sendiri punya ciri khas berupa kemasan botolnya yang berwarna biru.

Keduanya sangat penting dipakai, karena bisa bikin aki basah menyimpan sekaligus mengalirkan listrik. Jangan sampai mengganti keduanya dengan jenis air lain, apalagi dengan air mineral. Hal itu bisa bikin kinerja aki basah terganggu, serta memunculkan kerak hitam pada aki basah.

Dinamo Ampere Pada Aki Basah Pernah Rusak Overcharge

Penyebab terakhir yang bikin aki basah tidak bisa menyimpan listrik adalah dinamo ampere pada aki yang rusak overcharge. Overcharge pada komponen aki basah itu bisa menimbulkan panas pada aki mobil itu sendiri.

Akibatnya, air aki pada aki basah akan cepat menguap dan kering. Hal itu lambat laun bikin beberapa komponen pada aki basah rusak, serta bikin aki basah tidak bisa menyimpan listrik.

Agar Aki Basah Tetap Mampu Menyimpan Listrik

Melakukan langkah antisipasi adalah hal yang tepat agar aki bisa tetap mampu menyimpan listrik. Adapun langkah antisipasi yang dimaksud adalah:

  • Memastikan agar aki basah tetap terisi dengan air aki. Jika terlihat mengering, segera tambahkan air aki zuur dan demineral ke dalamnya.
  • Ganti aki basah yang sudah mulai melampaui batas pemakaiannya. Pastikan volume airnya berada dalam batas aman, agar tidak menimbulkan efek negatif.
  • Jangan men-charge dinamo ampere pada aki basah secara berlebih.

Aki basah tidak bisa menyimpan listrik adalah masalah yang bisa bikin mobil tidak menyala. Sebab, bila aki basah sudah tak bisa menyimpan listrik lagi, maka mobil tidak dapat menerima pasokan listrik yang bikin dia menyala.

Ada sejumlah penyebab mengapa aki basah pada mobil tidak bisa menyimpan listrik. Penyebab-penyebab itu sudah kami sebutkan di atas. Dengan mengetahui semua penyebab itu, moga-moga Sahabat bisa lebih memperhatikan kondisi aki basah pada mobil Sahabat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Penutup Kerangka Mobil dan Fungsinya?

2022-08-19

Karoseri merupakan nama penutup kerangka mobil yang berfungsi sebagai badan kendaraan yang berada di atas casis. Sebenarnya di industri otomotif, karoseri mempunyai penggunaan yang

thumbnail

Kenali Cara Merawat Radiator Biar Tidak Overheating!

2021-02-19

Sahabat, perlu kamu ketahui bahwa mobil mempunyai tiga sistem pendinginan. Pendinginan pada mobil bisa dilakukan melalui oli, udara, dan air. Tugas dari ketiganya sama,

thumbnail

Perhatikan! Begini Ciri-Ciri Aki Mobil yang Sudah Soak

2021-01-14

Aki merupakan suatu komponen yang berfungsi menyalurkan daya listrik untuk beberapa komponen kendaraan lainnya, seperti lampu hingga starter menyalakan mesin. 

thumbnail

6 Tips Memilih Bengkel Mobil yang Terbaik & Berkualitas

2023-05-12

Agar performa mobil selalu maksimal