Logo Daihatsu
Menu

Jenis Karpet Mobil, Fungsi, dan Tips Memilihnya

Otomotif

2021-01-29

karpet mobil

Karpet mobil merupakan salah satu barang yang kerap kali kita jumpai di interior mobil. Kegunaan karpet mobil ini selain untuk menjaga agar bagian bawah mobil tidak tergores, juga sebagai penambah keindahan interior mobil.

Ada beberapa jenis karpet mobil yang dijual di pasaran. Mulai dari harga yang cukup terjangkau hingga mahal. Tentu saja setiap jenis karpet punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Jenis Karpet Mobil

Berikut ini adalah jenis karpet yang sering dijumpai beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Karpet Mobil Karet

Bahan karpet ini terbuat dari karet asli. Umur pemakaian karpet mobil karet ini juga tergolong lama. Sahabat juga bisa dengan mudah membersihkannya karena kotoran yang menempel pada karet gampang lepas saat dicuci. Kekurangannya hanya satu, yaitu harganya yang cukup mahal dibandingkan karpet mobil kebanyakan.

2. Karpet Mobil Sintetis

Karpet mobil dari bahan sintetis ini juga menyerupai yang berbahan karet. Mudah juga dibersihkan dan banyak diminati karena harganya yang terjangkau. Kekurangannya jelas umur penggunaannya tidak selama karpet mobil karet.

3. Karpet Mobil PVC (Karpet Mobil Mie)

Karpet mobil berbahan PVC ini sering kali disebut karpet mie atau bihun. Penyebutan itu karena permukaan karpet ini menyerupai mie atau bihun. Dengan permukaan yang seperti itu, daya cengkeram karpet ini lebih bagus di kaki.

Karpet yang satu ini juga lebih mudah dibersihkan. Jika ketumpahan air tinggal dikibas-kibaskan. Jika kotor juga tinggal disikat dan dicuci dengan sabun. Karpet ini juga cepat kering saat dijemur. Harganya juga terjangkau.

4. Karpet Mobil Beludru

Jika Sahabat suka kesan yang mewah, maka karpet mobil beludru ini adalah pilihannya. Permukaan beludru ini akan memberikan kenyamanan di kaki. Namun, kekurangannya adalah lebih susah dibersihkan dibandingkan jenis karpet mobil lainnya. Selain itu, harganya juga tergolong mahal.

5. Karpet Mobil Campuran dari Banyak Bahan

Jenis lainnya adalah karpet mobil yang merupakan campuran dari banyak bahan. Jenis ini biasanya memang sengaja dibuat oleh produsen untuk menekan harga agar lebih murah namun juga agar umur penggunaannya agar lebih awet.

Karpet mobil campuran ini biasanya menggabungkan antara PVC dan karet sintetis. Ada juga yang cuma ditempel saja, misal karet dan kain beludru.

Fungsi Karpet Mobil

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, selanjutnya adalah fungsi karpet mobil. Selain cuma sekadar alas kaki saja, ternyata ada fungsi lainnya loh.

1. Sebagai Pelindung 

Beberapa orang seringkali masuk mobil sambil membawa makanan yang minuman. Tak jarang juga ada makanan yang jatuh atau minuman yang tumpah. Karpet mobil ini berfungsi untuk melindungi bagian bawah mobil dari makanan atau minuman yang tumpah ini. Lagi pula membersihkan karpet terbilang lebih mudah dibandingkan membersihkan bagian bawah mobil.

2. Menjaga Kesehatan Penumpang

Lantai dasar mobil seringkali menyimpan banyak hal yang tidak ketahui. Mungkin saja ada kuman, kotoran, atau apapun yang berbahaya bagi kita. Dengan adanya karpet mobil, kaki kita tidak langsung menyentuh lantai dasar tersebut.

3. Melindungi Goresan Kerikil yang Masuk

Seringkali dalam memakai mobil, penumpang menggunakan alas kaki. Alas kaki ini bisa tertempel kerikil kecil atau benda lainnya yang bisa menggores lantai dasar mobil. Dengan adanya karpet mobil, hal ini bisa dihindari.

4. Peredam Suara

Fungsi lainnya karpet mobil adalah peredam suara saat di dalam mobil menyetel musik yang cukup keras. Karpet bisa menghalangi suara musik keluar dari mobil.

5. Mempertahankan Nilai Jual

Untuk Sahabat yang ingin menjual lagi mobilnya di kemudian hari, pasti ingin mobilnya tampil mulus agar harga jualnya tetap tinggi. Lantai dasar yang masih mulus dan tidak ada goresan bisa menaikkan nilai jual.

Tips Memilih Karpet Mobil yang Bagus

Setelah jenisnya dan fungsinya sudah tahu, lalu bagaimana sih caranya memilih karpet mobil yang bagus? Berikut ini adalah tipsnya.

1. Pilih yang Tidak Bau

Karpet mobil yang bagus adalah yang tidak bau. Setidaknya baunya tidak mengganggu lah. Nah, bagi Sahabat yang suka belanja online susah sekali menentukan apakah karpet ini bau atau tidak. Lebih baik memang harus beli langsung dan mencium apakah karpet tersebut bau atau tidak.

2. Pilih yang Tidak Licin

Karpet mobil yang licin bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara. Karpet yang licin seringkali berubah posisi dan ini sangat mengganggu.

Sahabat bisa memastikan sendiri apakah karpet tersebut licin atau tidak dengan mengetesnya langsung. Namun jika tidak memungkinkan, Sahabat bisa meminta penjual untuk mengetes apakah karpet mobil tersebut licin atau tidak.

3. Pilih yang Ada Perekat atau Pengaitnya

Perekat atau pengait sangat penting jika karpet tidak langsung pas dengan ukuran ruang mobil agar tidak mudah bergeser. Bagi yang ukurannya sudah pas, maka perekat tidak terlalu dibutuhkan.

Ketika karpet tidak memiliki perekat dan mudah bergeser, maka sangat mungkin kotoran yang berada di karpet bisa tumpah ke bawah karena geseran. Sayang sekali kan Sahabat jika Sahabat memakai karpet mobil, namun kotoran tetap bisa jatuh ke lantai dasar mobil.

4. Pilih yang Lentur atau Elastis

Karpet mobil yang bagus memiliki sifat lentur atau elastis. Sahabat perlu memperhatikan poin ini karena semakin lentur maka karpet akan semakin bagus dan awet digunakan. Jika karpet kurang lentur biasanya akan mudah robek atau patah.

Biasanya karpet yang memiliki elastisitas tinggi harganya lebih mahal dibandingkan yang elastisitasnya rendah. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal sih dibandingkan Sahabat harus membeli berulang kali barang yang jelek.

5. Pilih yang Motifnya Tidak Terlalu Rapat

Alasan mengapa harus memilih motif yang tidak terlalu rapat adalah agar Sahabat lebih mudah membersihkannya. Dengan motif yang terlalu rapat, maka kemungkinan kotoran menempel sangat besar. Seandainya dibersihkan pun tetap memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan motif yang lebih renggang lainnya.

6. Pilih yang Warnanya Netral

Beberapa orang kadang terlena dengan pemilihan warna karpet mobil. Misal suka warna yang mencolok, lalu ketika dipasang di mobil ternyata tidak senada. Ketika dipandang pun ternyata terlihat wagu.

Untuk menghindari hal ini memang yang paling enak adalah memilih warna yang netral. Warna netral bisa berupa warna hitam, cokelat, atau warna gelap lainnya. Memilih warna cerah sih tidak masalah asalkan Sahabat sudah membayangkan jika ditaruh di mobil Sahabat terlihat pas.

7. Pilih Berdasarkan Rekomendasi Ahli atau yang Pernah Membeli

Membeli langsung tanpa rekomendasi memang punya kemungkinan dapat yang bagus atau yang jelek. Sangat berbeda jika Sahabat membeli karpet mobil ini dengan mendapatkan rekomendasi terlebih dari tanya-tanya ke teman atau orang yang ahli dalam karpet mobil ini. Dengan adanya rekomendasi, Sahabat akan lebih mudah mendapatkan karpet mobil yang bagus tanpa harus mengalami zonk terlebih dulu.

Penulis: Iskael


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

3 Penyebab Utama Lampu Hazard Mobil Mati

2020-11-09

Istilah lampu Hazard pada kendaraan memang masih belum banyak yang mengenalnya. Padahal komponen ini berkaitan dengan lampu sein atau turning signal.

thumbnail

Ukuran Roof Rack Mobil yang Ideal & Cara Pemasangannya

2023-03-20

Roof rack berfungsi sebagai penyedia ruang ketika Anda hendak menyimpan muatan di bagian atap mobil. Untuk pemasangannya sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan, k

thumbnail

Cara Menghilangkan Water Spot pada Body Mobil Daihatsu agar Terlihat Mengkilap

2021-08-08

Kondisi eksterior sebuah mobil seringkali dilihat dari mulus atau tidaknya penampilan cat mobil. Namun ada kalanya body mobil mengalami water spot. Pada artikel i

thumbnail

Alasan Ganti Shockbreaker Harus Sepasang

2022-05-20

Shockbreaker merupakan komponen berbentuk tabung pada mobil yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang diciptakan oleh spring agar tidak terjadi efek rolling. Jadi, sa