Logo Daihatsu
Menu

Kampas Kopling Mobil: Fungsi, Merk, hingga Ciri dan Dampak ketika Kampas Mulai Menipis

Otomotif

2021-02-01

kampas kopling

Kopling mobil adalah komponen vital mobil untuk mengurangi putaran mesin saat akan melakukan perpindahan gigi transmisi supaya gigi tersebut bisa berpindah dengan mudah. Bagian penting dari kopling adalah kampas kopling mobil yang berguna untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi.

Untuk mobil manual, kopling tentu saja sangat penting karena jika rusak, mobil tidak akan berfungsi dengan baik dan mengganggu perjalanan. Nah, apa saja sih sebenarnya yang perlu diketahui lebih lanjut mengenai kampas kopling mobil? Sahabat bisa menyimak uraian berikut ya supaya lebih paham bagaimana harus merawat kampas kopling mobil.

Jenis Kampas Kopling Mobil

Kopling dan kampas kopling mobil tentu saja selayaknya mesin yang satu paket. Sahabat harus tahu nih dua jenis kopling mobil, yaitu kopling manual dan kopling otomatis.

Kopling otomatis akan menyalurkan tenaga yang dipengaruhi oleh perputaran mesinnya dengan posisi susunan kampas dan plat kopling yang renggang. Akan tetapi plat kopling akan otomatis merapat ketika kendaraan digas.

Kopling manual tentu saja berkebalikannya, yaitu susunan kampas dan plat kopling jauh lebih rapat. Berbeda dengan kopling otomatis, kopling manual memiliki kinerja berdasarkan tenaga dari si pengendara dan menginjak kopling.

Tidak hanya kopling manual dan kopling otomatis, jenis lainnya juga memiliki susunan kampas kopling yang berbeda.

Fungsi Kampas Kopling Mobil

Fungsi utama kampas kopling mobil juga berguna untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi. Ketika kopling bekerja, kampas kopling menjadi komponen yang langsung memutar input transmisi karena kampas menyatu langsung.

Kinerja kampas kopling ini akan langsung bekerja sama dengan clutch cover yang sebelumnya tersalurkan ketika mesin memutar flywheel.

Kampas kopling mobil juga dapat memperhalus penyaluran tenaga mesin ke transmisi. Hal ini karena alat ini ikut berperan untuk memperhalus perubahan saat penyaluran tenaga ketika proses penyaluran tenaga terjadi dari mesin ke transmisi. Ini akan membuat putaran ketika akselerasi mobil lebih halus sehingga tenaga mesin lebih bisa terkontrol.

Kampas kopling memiliki dua komponen utama, yaitu torsion dumper dan cushion plate yang dapat meredam hentakan dan getaran saat proses sambung-putus dari tenaga mesin ke transmisi. Hal ini bisa mengurangi terjadinya slip sehingga tenaga mesin tetap tersalurkan dengan aman dan kinerja mobil tetap maksimal.

Ciri Kampas Kopling Mobil yang Rusak

Sebagaimana komponen mesin mobil lainnya, kampas kopling juga memiliki batas usia yang harus reguler diganti. Usia pemakaian akan tergantung pada waktu, jarak tempuh mobil, dan bagaimana pengendara memperlakukan mesin mobil.

Faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi kondisi kampas kopling karena komponen ini bisa menipis sehingga bisa mengganggu kinerja mesin mobil dan perjalanan Sahabat.

Kampas kopling mobil yang rusak memiliki banyak beberapa ciri. Uraian berikut bisa Sahabat simak untuk mengetahui lebih dalam dan bisa mengantisipasi ketika merasakannya pada mesin kendaraan pribadi.

1. Bau Hangus hingga Berasap

Biasanya, kampas kopling mobil akan mengeluarkan bau hangus hingga berasap ketika Sahabat terlalu sering memainkan kopling dengan cara menekan setengah kopling. Itu bisa berbahaya dan membuat kampas menimbulkan bau hangus.

Bau hangus inilah pertanda bahwa kampas kopling bisa saja memiliki kerusakan. Sahabat bisa mengeceknya dengan terlebih dahulu mematikan mesin mobil supaya kondisi mesin lebih dingin. Jika memang sudah tipis, silakan pergi ke bengkel untuk menggantinya.

2. Pedal Kopling Tinggi

Pedal kopling ketika diinjak, tetapi responsnya terlalu lama tentu akan mengganggu akselerasi mobil. Ciri ini adalah akibat dari kampas kopling yang sudah aus dan rusak. Jika dibiarkan dan tetap melajukan mesin, Sahabat bisa merusak komponen mesin lainnya loh.

3. Akselerasi Lemah

Bau hangus tentu saja gejala awal karena gejala selanjutnya adalah akselerasi mobil menjadi lemah. Ketika menginjak pedal gas, mesin mobil justru hanya akan meraung, tetapi tidak mau berjalan dengan semestinya.

Jika ini terjadi ketika Sahabat sedang berada di jalanan yang menanjak tentu akan berbahaya karena bisa berjalan mundur.

4. Putaran Mesin Tinggi

Akselerasi mungkin lemah, tetapi putaran mesin tetap tinggi ketika kampas kopling mengalami kerusakan. Namun, dengan demikian, suhu mobil akan menjadi mudah panas dan akan menimbulkan putaran mesin yang tidak semestinya.

5. Selip Kopling

Selip kopling akan terjadi jika kampas sudah mengalami aus. Jika begini, kopling tidak akan bekerja dengan seharusnya sehingga penyaluran tenaga mesin ke transmisi akan terganggu.

6. Suara Gemuruh

Suara gemuruh saat menginjak kopling bisa disebabkan karena kampas kopling mobil rusak. Jika dipaksakan untuk menjalankan mesin mobil, bisa-bisa kerusakan tersebut merembes ke dekrup kopling mobil dan kerusakan komponen lain.

7. Tidak Bisa Pindah Transmisi

Ketika kampas kopling mobil sudah memiliki kerusakan parah, satu hal fatal yang bisa ditimbulkan adalah tidak bisa memindah transmisi sehingga mobil tidak berjalanan dengan baik bahkan mogok. Jika sudah sampai tahap ini, sudah dipastikan bahwa biaya perbaikan akan sangat tinggi.

Cara Mengatasi Kampas Kopling yang Bau

Sudah disebutkan di awal bahwa ketika kampas kopling rusak akibat aus bisa menimbulkan bau hangus hingga keluar asap. Jika begini, Sahabat tidak perlu panik, terlebih ketika dalam perjalanan.

Yang harus Sahabat lakukan adalah meminggirkan mobil dan mematikan mesin dengan segera. Ketika sudah mematikan mesin, Sahabat buka kap mobil agar asap bisa keluar dengan leluasa. Diamkan agar mesin mendingin sekitar 30 menit. Ketika dirasa asap sudah berkurang, coba cek kembali bagaimana fungsi mesin mobil dengan menyalakannya.

Jika mesin kembali berfungsi dengan baik, berarti kampas kopling masih aman. Asap tersebut mungkin dikarenakan Sahabat terlalu sering memainkan setengah kopling sehingga kopling terforsir dengan keras kinerjanya.

Setelah dijalankan kembali, Sahabat harus ingat untuk mengatur penggunaan kopling mobil untuk mencegah gesekan yang berlebihan ya. Selain itu, Sahabat juga harus memperhatikan BBM yang digunakan dan sebaiknya gunakan dengan yang nilai oktannya tinggi supaya kinerja mesin tetap terjaga dengan baik.

Merk dan Biaya Penggantian Kampas Kopling

Ada beberapa merk kampas kopling mobil dengan harga-harga murah yang bisa Sahabat lirik. Kisaran harganya adalah di bawah Rp500.000 sehingga ramah di kantong. Yang paling murah adalah merk AISIN DD-021LU Clutch Disc dengan harga Rp198.275.

Biasanya, penggantian kampas kopling mobil memiliki biaya yang variatif, tergantung tipe dan merk kendaraan. Misalnya saja, untuk Daihatsu Xenia 1.3 L, biaya penggantian set kopling di bengkel resmi akan mencapai biaya sekitar Rp1,7 juta. Namun, untuk tipe Daihatsu Xenia 1.0 L hanya sekitar Rp1,3 jutaan. Bahkan, Daihatsu Ayla hanya memakan biaya Rp1 jutaan saja.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Sahabat pelajari lebih detail mengenai kampas kopling mobil. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan rutin pada mesin mobil lainnya ya supaya tidak terjadi mogok di jalan sehingga perjalanan lebih aman dan nyaman.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membuat Dudukan Ban Serep pada Mobil dengan Mudah

2023-01-02

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat dudukan ban serep pada mobil. Padahal ban serep ini penting digunakan. Apalagi ketika Anda sedang melakukan per

thumbnail

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir Beserta Estimasi Biaya Servisnya

2020-11-17

Mobil terendam banjir adalah masalah serius yang harus bisa diselesaikan. Jika tidak, mobil Sahabat bisa mengalami sejumlah dampak buruk. Walau memerlukan estimasi biaya yang banyak, mengatasi mobi

thumbnail

Kisaran Harga Kaca Spion Mobil Daihatsu, serta Tips untuk Memilihnya

2020-12-22

Mengetahui kisaran harga kaca spion Daihatsu adalah hal yang harus diketahui terlebih dulu, saat hendak membeli kaca spion untuk mobil Daihatsu milik Sahabat. Mengetahui

thumbnail

Cara Mengetahui Kesehatan Aki Mobil dengan Akurat

2022-03-23

Aki mobil adalah komponen vital yang berperan penting untuk menyediakan energi listrik, seperti menyalakan starter, lampu-lampu, hingga audio mobil. Jadi apabila aki mob