Logo Daihatsu
Menu

Kelebihan Selang Rem Braided Mobil

Otomotif

2022-05-13

selang rem mobil braided

Sebelum mengendarai kendaraan, sudah seharusnya mengecek kondisinya terlebih dahulu. Pastikan kendaraan dalam kondisi terbaik, apalagi jika digunakan untuk perjalanan yang jauh. Tak hanya mengecek saja, Anda juga perlu merawat dan mengupgrade komponen pada kendaraan Anda.

Salah satu komponen yang perlu diupgrade adalah sistem pengereman. Salah satunya dengan cara mengganti dengan slang rem braided mobil. Mengganti slang rem dengan tipe braided merupakan pilihan yang tepat. Karena memiliki kelebihan yang dapat menguntungkan Anda.

2 Kelebihan Slang Rem Braided Mobil

Tidak banyak yang tahu  bahwa slang rem braided ini ternyata memiliki kelebihan tersendiri. Tentunya kelebihan ini berbeda dengan slang rem pada umumnya. Ada dua kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan slang rem braided ini.

Tahan Terhadap Tekanan Minyak Rem

Pada umumnya slang bawaan memiliki tipe karet biasa, sedangkan slang aftermarket kini sudah dilengkapi dengan bahan yang jauh lebih baik menggunakan anyaman kawat baja. Slang seperti inilah yang biasanya disebut dengan tipe braided. Kelebihan dari slang rem braided mobil ini adalah tahan terhadap tekanan minyak.

Justru ketahanan tekanan minyak menggunakan slang braided ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan slang pada umumnya. Meskipun begitu, slang ini tetap bisa digunakan untuk kebutuhan harian.  Pada saat penggantian slang rem braided, dapat membuat feeling pengereman menjadi lebih baik.

Hal ini bisa terjadi karena perubahan bentuk yang terjadi pada bagian dalam slang. Tekanan minyak rem akan semakin konstan, sehingga membuat kaliper dapat menekan kampas rem lebih maksimal.

Secara mekanisme, tekanan minyak yang ada di dalam selang rem braided ini akan lebih searah dan tetap konsisten. Sedangkan untuk slang karet, jika mendapatkan tekanan secara terus menerus dapat membuatnya mengembang, sehingga membuat tekanan ke piston tidak lagi searah.

Memiliki Umur Pemakaian yang Lebih Lama

Tak hanya tahan terhadap tekanan minyak rem, slang rem braided ini juga terkenal memiliki keunggulan yang lebih awet dibandingkan slang rem biasanya. Slang rem braided ini ternyata juga tahan terhadap suhu panas. Hal inilah yang menyebabkan tidak mudah mengalami kebocoran akibat penurunan kualitas materialnya.

Tidak heran jika slang rem yang satu ini memiliki umum pemakaian yang lebih awet. Tentunya Anda juga perlu memilih jenis selang rem braided yang memang berkualitas. Jika tidak memperhatikan kualitasnya, maka bisa saja slang rem tidak memiliki umur yang panjang. Jangan gampang tergiur dengan harga yang cukup murah.

Memang benar bahwa slang rem braided ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan slang lainnya. Untuk itu jika menemukan harga slang braided yang lebih murah dibandingkan pasaran. Bisa dipastikan kualitasnya kurang bagus dan bisa saja mempengaruhi fungsinya yang menjadi tidak maksimal.

Bahkan selang rem braided mobil ini bisa bertahan hingga 10 tahun. Hal ini berlaku jika memang tidak ada masalah human error ataupun kecelakaan. Selama selang rem braided tidak mengalami kebocoran, maka bisa tetap Anda gunakan. Namun jika terdapat bagian yang sobek, lebih baik segera diganti yang baru agar tidak membahayakan.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dari slang rem braided. Kini Anda tidak perlu lagi ragu untuk mencoba menggunakan rem tipe ini, karena akan sangat menguntungkan Anda. Dapatkan informasi lainnya seputar perawatan kendaraan melalui ulasan lain disini. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Begini Cara Melihat Orang dari Satelit Lewat Live View

2022-05-13

Jika Sahabat ingin mengetahui keberadaan seseorang (semisal teman), cara melihat orang dari satelit bisa menjadi pilihan. Cara melihat orang dari satelit sendiri kini bi

thumbnail
New

Tips Mengatur Sorot Lampu yang Tepat Agar Aman untuk Perjalanan di Malam Hari

2022-05-13

Sahabat pasti pernah mengalami keadaan disaat lampu kendaraan tidak tersorot dengan baik bukan? Untuk itu, pentingnya

thumbnail
New

Seperti Inilah Cara Mengganti Bushing Arm Mobil, Khususnya Komponen Karet

2022-05-13

Cara mengganti bushing arm mobil adalah cara yang bisa dipakai saat bushing arm pada mobil sudah rusak, khususnya di bagian karet. Walaupun hanya sebuah karet, komponen

thumbnail
New

Butuh Jual Mobil Saat Masih Kredit? Begini Tipsnya!

2022-05-13

Mempunyai kendaraan pribadi terutama mobil, memberikan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan mobil dinilai lebih efisien ketika pergi bersama keluarga, kare