Logo Daihatsu
Menu

Kenali Bahaya dan Pencegahan Radiator Mobil Bocor

Otomotif

2021-08-31

radiator mobil bocor

Radiator mobil menjadi salah satu komponen penting yang harus dilakukan perawatan serius. Radiator berperan sebagai pendingin mesin mobil sehingga tidak mudah panas atau overheat. Jika radiator mobil bocor akan sangat berbahaya dan tentunya sangat merugikan Anda. 

Radiator mobil bocor dapat dilakukan perawatan khusus serta tindakan pencegahan. Dengan begitu radiator mobil bisa tetap berfungsi mendinginkan mesin dan tidak menyebabkan kerusakan lainnya. Maka dari itu sangat penting untuk mengenali bahaya dan tips mencegah radiator bocor.

Inilah Berbagai Bahaya Radiator Mobil Bocor

Nah, berikut inilah berbagai bahaya yang timbul jika radiator mobil mengalami kebocoran.

  1. Mesin mobil mengalami panas yang berlebihan (overheat).
  2. Mesin mobil yang overheat akan menyebabkan mobil mogok di tengah jalan.
  3. Mesin overheat yang dipaksa jalan bisa menyebabkan kebocoran sistem pendingin sehingga mesin sulit dihidupkan. Biasanya pada kasus ini oli akan campur dengan air atau air masuk ke ruang bakar mesin.
  4. Jika mesin overheat dipaksa jalan dan kondisi oli tinggal sedikit maka bisa menyebabkan mesin macet. Hal ini bisa menambah biaya perbaikan mesin karena oli mesin juga ikut mengering.

Tips Mencegah Radiator Mobil Bocor

Untuk mencegah radiator mobil bocor, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Cek tangki radiator cadangan

Selalu melakukan pengecekan tangki radiator cadangan merupakan hal penting untuk merawat radiator mobil. Anda bisa mengecek cairan radiator untuk tetap berada di garis positif dan segera lakukan pengisian jika sudah di garis negatif.

Tak hanya itu, cek kualitas cairan radiator. Jika sudah terlihat kotor bisa diganti dngan cairan baru. Cara ini juga digunakan untuk memastikan radiator bocor atau tidak karena bisa diindikasikan melalui tanda penurunan secara drastis.

2. Gunakan cairan coolant

Tips mencegah radiator mobil bocor adalah menggunakan cairan coolant terbaik sebagai pengisi tangki radiator. Hal ini karena cairan coolant mengandung berbagai zat yang bermanfaat dalam mengurangi suhu panas dan mencegah terjadinya korosi mesin mobil.

Oleh karena itu penggunaan cairan coolant ini sangat penting karena dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil tetap optimal dan tidak mudah overheat

3. Hindari penggunaan air sumur

Masih banyak yang menggunakan air sumur sebagai cairan radiator. Padahal penggunaan air sumur pada radiator mobil sebisa mungkin harus dihindari. Hal ini karena air sumur mengandung berbagai zat berbahaya untuk mesin mobil. 

Kandugan berbahaya pada air sumur diantaranya adalah klorin maupun mineral besi yang jika digunakan terus menerus akan menyebabkan korosi pada komponen mobil. Bahkan bisa menimbulkan kerak pada selang radiator dan menghambat cairan ke mesin.

4. Rutin membersihkan kisi-kisi radiator

Membersihkan radiator secara manual dan rutin menjadi salah satu tips mencegah radiator bocor. Hal ini bisa dilakukan dengan membersihkan kisi-kisi radiator secara perlahan menggunakan semprotan air pada bagian sirip radiator.

Cara ini bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa kotoran baik oli maupun kotoran lainnya yang menjadi pemicu kebocoran radiator. Namun Anda harus tetap berhati-hati agar semprotan air tidak masuk ke dalam tangki radiator.

Nah, itulah berbagai penjelasan mengenai bahaya dan pencegahan radiator mobil bocor yang bisa Anda terapkan. Jika Anda ingin selang radiator awet dan tidak mudah bocor, Anda bisa beli mobil dari Daihatsu. Kunjungi website resmi Daihatsu untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Dan pastikan untuk mendapatkan penanganan pertama dari bengkel resmi Daihatsu untuk produk radiator mobil yang bocor. Dengan begitu, nantinya komponen yang rusak tersebut bisa diganti dengan spare part yang asli oleh pihak Daihatsu. Yuk kunjungi bengkel Daihatsu sekarang!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Hati-Hati Bila Buka Kap Mesin Mobil Saat Parkir

2022-05-13

Buka kap mesin saat parkir mungkin menjadi pemandangan yang biasa terjadi. Apalagi jika mobil yang digunakan telah menempuh perjalanan yang jauh. Maka wajar saja jika An

thumbnail

Tips Memilih Mobil Pick Up Terbaik Beserta Rekomendasinya

2021-01-05

Mobil pick up terbaik adalah hal yang Sahabat miliki, jika hendak memiliki mobil untuk kendaraan niaga. Adanya mobil pick up bisa membantu Sahabat dalam membawa barang-b

thumbnail

7 Model Garasi Mobil Tertutup, Minimalis Tapi Kekinian!

2023-04-18

Model garasi mobil tertutup saat ini begitu diminati oleh para pemilik mobil. Hal tersebut disebabkan karena garasi tipe ini dianggap lebih aman dalam menyimpan mobi

thumbnail

Efek Negatif Downgrade Busi Mobil

2022-01-20

Mobil merupakan kendaraan pribadi yang memiliki banyak peminat. Selain bisa digunakan dalam segala macam situasi cuaca, mobil juga memiliki performa yang tinggi dan sangat nyaman untuk digunakan da