Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Kenali Beberapa Penyebab Rem Cakram Mobil Bunyi Saat Dioperasikan
22 Desember 2020
rem cakram mobil

Rem cakram mobil bunyi adalah salah satu masalah yang bikin rem tidak berfungsi secara seharusnya. Bila dibiarkan saja, masalah itu bisa mengganggu Sahabat saat sedang mengemudi.

Ada beberapa sebab mengapa hal itu bisa terjadi. Beberapa hal itu adalah:

Penggunaan Kampas Rem yang Kualitasnya Rendah

Kampas rem bisa membantu menahan putaran piringan cakram pada cakram rem. Terutama, saat rem tengah dioperasikan. Hal itu bisa berjalan maksimal bila kampas remnya tergolong berkualitas tinggi.

Jika tidak, maka piringan cakram tak bisa ditahan, serta menimbulkan bunyi. Untuk itulah, sebisa mungkin hindari produk kampas rem yang kualitasnya rendah. Adapun salah satu ciri kampas semacam itu adalah harganya yang tergolong rendah. Bila mau aman, belilah kampas rem di bengkel resmi dari mobil Sahabat.

Kurangnya Pelumas Pada Pedal Rem

Bunyi pada rem cakram bisa muncul dari mana saja. Termasuk dari pedal rem. Pedal rem bisa menimbulkan rem cakram berbunyi saat komponen tersebut kekurangan pelumas. 

Solusi paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah tentu saja dengan memberi pelumas. Sahabat bisa melakukannya secara mandiri. Jika dirasa susah, jangan ragu untuk meminta bantuan dari pihak bengkel resmi.

Terkena Tetesan Oli atau Genangan Air

Penyebab satu ini biasanya terjadi saat ada kebocoran oli pada bagian dalam mobil. Atau saat mobil melewati medan yang terkena banjir. 

Tetesan oli akan rem cakram kurang pakem, serta membuat cakramnya jadi lebih licin. Sementara itu, genangan air bisa bikin sistem pengereman terganggu, serta membuat pelumas pada rem menipis.

Jika rem cakram Sahabat terkena tetesan oli, segera tutup bagian yang mengalami kebocoran oli, serta bersihkan rem cakram dari oli tersebut. Adapun jika rem terkena genangan air, Sahabat bisa langsung mengeringkannya, lalu menambahkan pelumas ke rem tersebut bila perlu.

Menumpuknya Kotoran Pada Cakram

Tak jarang, cakram yang terdapat pada rem cakram bisa berisi tumpukan kotoran. Entah itu debu ataupun tanah kering. Hal tersebut bisa muncul dari berbagai sebab. Baik karena cakram jarang dibersihkan, atau karena mobil baru saja terkena banjir.

Jangan biarkan cakram tersebut berisi tumpukan kotoran. Sebab, hal itu bisa menimbulkan bunyi berdecit saat digunakan. Solusi utama atas masalah tersebut tentu dengan membersihkan cakram itu sendiri.

Cara Merawat Rem Cakram

Agar sejumlah penyebab di atas tidak terjadi lagi, Sahabat harus mulai merawat rem cakram pada kendaraan Sahabat. Merawat rem cakram juga bikin performanya tetap stabil selama digunakan. Cara merawat rem cakram sendiri adalah:

Rutin Melakukan Pengisian dan Penggantian Pelumas

Pelumas merupakan komponen yang membuat rem cakram tetap nyaman dipakai. Pastikan untuk mengisi dan mengganti komponen itu secara rutin. Untuk penggantian, lakukanlah hal tersebut setiap dua bulan sekali, atau saat pelumas mulai berwarna pekat.

Rutin Melakukan Pembersihan Cakram

Salah satu penyebab rem cakram mobil berbunyi adalah menumpuknya kotoran di bagian cakram. Untuk mengatasi hal itu, melakukan pembersihan pada cakram adalah solusi utama. Agar makin bersih, Sahabat bisa memakai disc cleaner sebagai cairan pembersih cakram.

Selain dua cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Mengganti kampas rem yang sudah tipis dengan yang baru.
  • Tidak mengganti kampas rem lama dengan kampas rem berkualitas rendah.
  • Melakukan pembubutan bila kampas rem tidak rata permukaannya.

Itulah sejumlah penyebab mengapa rem cakram mobil bisa berbunyi. Semoga membantumu untuk mengetahui, serta mengantisipasi kemungkinan rem cakram mobil bunyi.

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku