Kenali Ciri-Ciri Pompa Solar yang Rusak
Jenis mobil diesel saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat dalam negeri. Sedikit berbeda dengan mobil yang memiliki bahan bakar bensin.
Mobil yang memanfaatkan bahan solar satu ini dinilai membutuhkan beberapa perhatian pada komponen mesinnya.
Salah satunya yaitu bagian fuel pump, sehingga Anda perlu mengetahui ciri ciri pompa solar rusak berikut.
1. Sekring Fuel Pump Putus
Salah satu pertanda dari pompa solar bermasalah atau bahkan rusak, bisa Anda lihat pada bagian sekring fuel pump. Letak dari sekring ini sendiri bisa Anda temukan dengan cukup mudah yaitu di bawah kap mobil tepat di samping aki.
Apabila Anda melihat bahwa ada tanda bekas terbakar, maka bisa dipastikan bahwa pompa solar mengalami masalah.
Sekring yang gosong atau sampai putus, terjadi karena komponen tersebut harus melipatgandakan arus listrik yang ada untuk menopang kinerja dari fuel pump.
Namun di saat yang sama, fuel pump tersumbat oleh kotoran, sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh sekring pun semakin berat dan alhasil menjadi terbakar bahkan putus.
2. Tes Melalui Karburator
Selanjutnya untuk mengetahui ciri-ciri pompa solar rusak, Anda bisa melakukan pengetesan pada bagian karburator.
Cara pengujian ini cukup mudah, pertama buka bagian karburator lalu semprot menggunakan carburator cleaner. Mesin mobil nantinya bisa hidup sementara akibat dari semprotan karburator.
Apabila tidak lama kemudian mobil mati, maka bisa dipastikan fuel pump mengalami kerusakan.
Pastikan hal ini dengan melakukan percobaan setidaknya tiga kali, hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakah pompa solar masih mampu menyalurkan bahan bakar atau tidak.
Jika tidak, tentunya mobil tidak akan bisa hidup kembali seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Baca juga: 5 Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah
3. Mesin Brebet atau Mati Total
Mesin yang brebet atau bahkan hingga mati total, bisa menjadi salah satu ciri ciri pompa solar rusak yang dapat Anda identifikasi. Tanda ini merupakan salah satu ciri yang paling umum terjadi, dan cukup mudah untuk diidentifikasi.
Karena serangkaian sistem bahan bakar langsung berpengaruh pada apakah mobil bisa dihidupkan atau tidak.
Ketika tingkat putaran mesin dalam keadaan tinggi, tiba tiba mesin mengalami tersendat dan kemudian mati. Setelah itu pada saat Anda mencoba menghidupkannya kembali, mesin tidak aktif dan mati total.
Hal ini terjadi karena fuel pump tersumbat kotoran, sehingga asupan bahan bakar ke arah ruang bakar menjadi tersendat bahkan terhenti.
Mungkin mesin yang brebet dan mati mendadak juga bisa terjadi karena faktor sistem kelistrikan.
Jadi coba terlebih dahulu benahi sistem kelistrikan yang ada, jika mesin masih tidak bisa hidup maka ini merupakan salah satu ciri-ciri pompa solar rusak. Jangan biarkan keadaan ini berlarut larut, sebaiknya segera perbaiki ke bengkel terdekat.
Baca juga : Apa Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah?