Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Ketahui Sebelum Celaka, Ini Ciri Ciri Kampas Kopling Mobil Habis
07 Januari 2021
ciri ciri kampas kopling mobil habis

Lazimnya, pemilik mobil bijak akan memperhatikan performa kendaraannya terutama pada komponen yang dimilikinya. 

Misalnya saja komponen clutch disc atau kampas kopling yang mana memiliki peranan sangat penting bagi kendaraan roda empat. 

Bila kampas kopling telah aus, maka mobil tidak akan bisa dijalankan. Untuk itu, kenali ciri ciri kampas kopling mobil habis terlebih dahulu disini.

1. Kecepatan Akselerasi Mobil Alami Penurunan

Pertama kali yang dirasakan saat kampas kopling aus adalah menurunnya kecepatan akselerasi kendaraan.

Biasanya kondisi ini dapat diidentifikasi ketika pengendara mulai menginjak pedal gas mobil. Tatkala akselerasi melemah, maka pedal gas yang diinjak tidak akan mengakibatkan mobil melaju cepat. Terkadang pula keadaan seperti ini akan menghasilkan suara decitan dan raungan mobil.

Melemahnya akselerasi mobil ini biasa disebut sebagai kondisi macet, yang mana kendaraan tidak akan melaju namun engine dalam keadaan hidup. 

Bila kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan kecelakaan di jalanan. Terlebih lagi tatkala melajukan kendaraan kesayangan di area tanjakan yang akan membahayakan anda.

Baca Juga: Mengungkap Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol

2. Muncul Aroma Tidak Sedap

Ciri ciri kampas kopling mobil habis selanjutnya yaitu munculnya aroma gosong atau tidak sedap yang berasal dari kap mobil. Lazimnya, keadaan seperti ini muncul akibat output dari clutch disc telah hangus. 

Kampas kopling yang hangus tersebut nantinya akan memenuhi seluruh bagian kabin, sehingga aroma gosong menguar hingga keluar.

Bila keadaan kopling telah menipis tapi masih dipaksa untuk digunakan, maka hal ini akan menyebabkan kampas kopling hangus dan memunculkan bau gosong. 

Gesekan yang terlalu besar untuk menggerakkan engine mobil ini akan menimbulkan panas yang berlebihan. Umumnya, keadaan ini terjadi bila anda melajukan kendaraan melewati jalanan menanjak.

3. Putaran Mesin Menjadi Tinggi

Keadaan putaran mesin yang tinggi ini lazimnya dipicu oleh lemahnya akselerasi kendaraan, dan permukaan kampas yang mulai menipis atau licin. 

Terkadang ciri-ciri kampas kopling mobil habis ini terjadi dikala kendaraan sedang dijalankan secara normal. Putaran engine yang tidak lazim ini, dapat menjadikan suhu mesin kendaraan meningkat secara drastis.

4. Pemindah Gigi Terasa Lebih Keras

Jika anda menggunakan kendaraan kesayangan lalu merasakan pemindah gigi keras dan kaku, maka hal ini pertanda bahwa kampas kopling telah aus atau habis. 

Pemindah gigi yang kaku ini biasanya terjadi akibat engine transmisi gigi mobil yang berputar secara terus menerus. Bahkan kerasnya pemindah gigi dapat dirasakan dikala kendaraan dalam keadaan normal sekalipun.

5. Jarak Injak Pedal Kopling yang Lebih Pendek

Indikasi dari kampas kopling aus yang terakhir yaitu jarak injak pedal lebih pendek dari biasanya. Seiring berjalannya waktu, kondisi kampas akan semakin menipis. 

Saat pedal diinjak dan gigi dimasukkan, kendaraan akan berjalan di ketinggian tertentu. Namun bila kampas telah menipis, maka bisa saja ciri ciri kampas kopling mobil habis ini muncul.

Tidak dapat dipungkiri lagi, jika kendaraan roda empat tidak bisa lepas dari kopling. Pasalnya, kehadiran kopling dapat membantu sebuah mobil bisa dijalankan sebagaimana layaknya. 

Agar kondisi mobil tetap prima, alangkah baiknya jika anda sebagai pemiliknya untuk selalu memperhatikannya. Bila kondisi kampas telah aus, segeralah untuk menggantinya di bengkel.

Baca Juga: Lagi Cari Kampas Rem Mobil? Ini 5 Rekomendasi Merek Terbaik

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor