Logo Daihatsu
Menu

Ketahui Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut, Yuk Simak!

Otomotif

2023-01-13

Ketahui Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut, Yuk Simak!

Membawa kendaraan besar menyeberangi pulau terasa sangat merepotkan, namun dengan menggunakan transportasi kapal laut akan terasa mudah. Terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh semua calon penumpang. Simak informasi lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Syarat Bawa Mobil untuk Naik Kapal Ferry/Laut

Menyebrangi lautan luas untuk datang ke pulau lain dengan membawa mobil kini bisa dilakukan dengan mudah dengan adanya moda transportasi kapal feri. Untuk dapat menggunakan transportasi ini, maka harus mengikuti sejumlah persyaratan.

Berikut informasi persyaratan membawa mobil untuk naik ke kapal laut.

1. Mengecek Performa Kendaraan

Untuk Anda yang berniat melakukan perjalanan ke pulau lain dengan menaiki kapal feri dan membawa kendaraan mobil, pastikan untuk mengecek performa mobil agar tetap optimal. Perjalanan penyeberangan di laut biasanya akan membutuhkan waktu cukup lama, bahkan sampai berhari-hari.

Proses masuknya mobil ke Ferry akan berlangsung lama karena harus mengantre dengan kendaraan lain. Jika kondisinya prima, tentu saja dapat terhindar dari gangguan seperti kemacetan dimana akan menghambat proses tersebut menjadi semakin lama.

2. Tidak Ada Muatan dalam Mobil

Dalam satu kali perjalanan menaiki Ferry, tentu saja akan banyak sekali penumpang. Dengan membawa mobil bersama Anda, pastikan tidak mempunyai muatan terlalu banyak. Ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko kehilangan benda-benda berharga.

Penumpang dan kendaraan memiliki tempat berbeda sehingga Anda tidak akan mengawasi mobil selama perjalanan penuh. Jika terjadi hal-hal tidak diinginkan, seperti pencurian pasti sangat merugikan sehingga pastikan keamanan paling utama.

3. Memberikan Informasi Kendaraan secara Rinci

Sebelum melakukan keberangkatan, berikan informasi rinci tentang mobil kepada petugas. Ini dapat meliputi beberapa hal, mulai dari Fotokopi surat kendaraan (STNK), Fotokopi KTP, surat pengantar dari kepolisian, sampai tujuan.

Jika Anda membawa kendaraan untuk ikut datang ke tujuan pulau seberang, pastikan juga memberi tahu orang dipercaya untuk mengambilnya nanti. Serah terima dokumen dari agen harus dilakukan dengan sah dimana pemilik mobil juga harus ikut menyaksikan.

4. Pakai Asuransi

Syarat yang dapat menjadi tambahan berikutnya dapat Anda ikuti yaitu berupa penggunaan asuransi. Ini akan memberikan proteksi pada mobil selama masa perjalanan hingga nanti sampai ke tujuan dengan aman tanpa kekurangan apa pun.

Daftarkan kendaraan pada polis asuransi kepercayaan Anda sehingga bisa memperoleh manfaat dari pertanggungan apabila nanti ditemukan kerusakan.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Syarat Bagi Penumpang

Syarat selanjutnya adalah untuk para penumpang yang akan naik kapal. Berikut daftar persyaratannya.

  • Telah melakukan vaksinasi 
  • Jika sudah vaksin booster tidak perlu PCR atau tes antigen
  • Penumpang dengan usia di bawah 6 tahun tidak perlu tes PCR atau antigen
  • Sudah memperoleh tiket, misalkan online
  • Tidak membawa barang terlarang
  • Tidak mengonsumsi minuman keras
  • Tidak melakukan perbuatan asusila
  • Mengikuti instruksi petugas dengan seksama
  • Jika membawa mobil bersamaan dengan penumpang, pastikan saat lewat pintu masuk berjalan dengan perlahan dengan tetap berada di jalurnya
  • Setelah parkir, langsung keluar dari mobil dan menyalakan rem parkir

Pada persyaratan terkait dengan tes PCR serta vaksinasi bisa berubah sewaktu-waktu mengingat Masa Pandemi Covid-19 yang sudah mereda. Anda bisa terus update informasi paling baru melalui website resmi kapal laut/Ferry sesuai daerah penyeberangan nantinya.

Saat perjalanan jauh menyeberangi pulau, Anda bisa mengecek syarat membawa mobil untuk dapat naik ke kapal laut. Ini dapat dilakukan dengan mengirim kendaraan terlebih dahulu atau ikut pergi bersama Anda. Sebab setiap kendaraan mobil tidak dapat semuanya masuk ke dalam kapal. Terlebih untuk mobil sport car yang sangat sulit bahkan tidak bisa masuk karena tanjakan pada saat masuk kapal terlalu tinggi.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Langkah Tepat Merawat Karet Pintu Mobil Agar Tetap Elastis

2020-12-04

Karet-karet pada kaca mobil tak hanya berfungsi sebagai peredam suara dari luar ke dalam kabin saja. Tapi part berbahan karet lembut itu juga bertugas meredam benturan b

thumbnail

Tips Aman Agar Kaca Mobil Tidak Pecah Saat Parkir

2022-07-06

Tips aman agar kaca mobil tidak pecah saat parkir berikut bisa Anda terapkan agar mobil Anda aman dari tindak kejahatan. Seperti yang kita ketahui, aksi-aksi ini bisa te

thumbnail

Tidak Sekedar Hiasan, High Mount Stop Lamp Punya Fungsi Penting pada Mobil

2021-11-20

Tak sedikit orang yang menganggap tambahan lampu rem di bagian belakang atas sebagai pemanis belaka. Namun, sebenarnya setiap komponen mobil memiliki fungsi penting yang tak boleh diremehkan. Tek t

thumbnail

Daftar Lengkap Sewa Ambulance di Jakarta

2021-01-19

Ambulance merupakan suatu kendaraan yang dilengkapi perlengkapan medis untuk mengangkut orang sakit hingga korban kecelakaan. Jik