Logo Daihatsu
Menu

Lampu Sorot – LED, Mobil, Motor, dan Merek Terbaik

Otomotif

2020-11-03

null

Ada banyak kegunaan lampu sorot untuk kendaraan yang umum digunakan di malam hari. Selain dapat menambah tampilan kendaraan agar lebih apik, keberadaan lampu tembak atau sorot akan memudahkan pengendara untuk memantau kondisi jalanan di malam hari. Oleh sebab itu tak heran jika banyak kendaraan off road memasang tambahan lampu berupa lampu tembak atau sorot ini karena dapat membantu pengendara melihat situasi di kondisi minim cahaya.

LED

Lampu tembak atau sorot kekinian sudah menggunakan teknologi LED atau light – emitted diode. Keunggulan lampu LED adalah lebih terang namun cahayanya tidak merusak mata dan juga kulit. Hal Selain itu, lampu LED juga digadang-gadang lebih hemat konsumsi listrik ketimbang lampu biasa. Lampu sorot LED digunakan untuk berbagai kebutuhan penerangan mulai dari kendaraan bermotor, penerang jalan, kebutuhan pemotretan atau syuting dan sebagainya. 

Lampu sorot LED yang digunakan membutuhkan pasokan arus listrik yang stabil. Pasokan arus listrik yang lebih stabil didapat dari listrik berarus DC. Oleh sebab itu penggunaan lampu tembak LED hanya cocok jika kendaraan bermotor sudah menggunakan kelistrikan arus DC. 

Mobil

Mobil menjadi salah satu pilihan moda transportasi yang banyak dipilih oleh masyarakat urban Indonesia. Kemampuan mobil untuk membawa banyak orang sekaligus dan terhindar dari panas serta hujan, menjadikannya alat transportasi ideal. Agar berkendara dengan mobil lebih nyaman terutama di malam hari, Sahabat bisa memasang lampu sorot atau lampu tembak.

Apalagi untuk mobil berjenis off-road yang sering melewati kawasan-kawasan berkabut di hutan gelap, keberadaan lampu tembak sangatlah penting. Lampu tembak akan membantu pengemudi untuk melihat dan menganalisa situasi yang ada di sekitar mobil. Lampu sorot mobil dulunya menggunakan jenis halogen, namun kini umumnya menggunakan jenis bohlam LED atau bahkan HPLED (High Power LED).

Lampu tembak HPLED mobil umumnya menggunakan daya sebesar 1 hingga 5 watt pada setiap titik lampu. Dibandingkan halogen, lampu HPLED akan menghasilkan cahaya lebih merata dan lembut. Lampu HPLED mobil didesain agar dapat melepas panas dengan mudah serta waterproof. Merk lampu tembak mobil yang banyak digunakan di dalam negeri seperti Vixion serta Rigid Industries. 

Motor

Bagi para pemilik motor yang sering menggunakan kendaraannya untuk touring, keberadaan lampu tembak menjadi salah satu aksesoris wajib yang harus dimiliki. Penggunaan lampu sorot pada motor menerapkan dua arah pencahayaan lampu yakni jarak jauh dan dekat. Jika Sahabat ingin menggunakan lampu tembak untuk pencahayaan jarak jauh, maka lampu diletakkan sejajar pada posisi lampu motor.

Namun jika ingin jarak dekat, maka lampu diletakkan dengan posisi mengarah ke sisi bawah depan jalanan. Gunakan lampu tembak jauh jika Sahabat berkendara di jalanan yang terlalu ekstrem seperti banyak belokannya. Pilihlah warna cahaya lampu motor kuning atau putih karena dapat menembus kabut dengan lebih baik. 

Sahabat juga bisa mengatur pola cahaya hybrid yang keluar dari lampu tembak. Sahabat bisa mengatur pola lampu dengan mengatur flood serta lensa spot. Kombinasi keduanya ini dapat membuat fokus yang lebih baik antara lebar jalanan dan jarak. 

Merek Lampu Sorot

Agar tidak menyesal ketika membeli lampu sorot, pastikan Sahabat membelinya dari produsen terbaik dengan kualitas yang tidak dapat diragukan lagi. Di Indonesia sendiri ada banyak merk lampu tembak atau sorot yang beredar di pasaran. Berikut adalah beberapa merk rekomendasi lampu tembak atau sorot yang terbaik:

1. Cree

Merk Cree merupakan salah satu merk lampu tembak terbaik yang dikenal dengan harga ekonomis. Sahabat bisa mendapatkan lampu Cree dengan harga mulai dari Rp 60 ribuan saja. Fitur yang dimiliki lampu dari Cree umumnya yakni waterproof, hemat daya, serta mode nyala namun satunya diam.

2. ONS

Merk lampu tembak ONS memiliki beragam varian yang diluncurkan di pasaran. Kisaran harga lampu dari ONS juga sangat terjangkau. Cahaya lampu dari ONS sangat terang namun tetap lembut sehingga tidak menyilaukan mata orang lain di depan kendaraan. Kemampuan pencahayaan lampu juga sangat baik sehingga dapat menembus kabut. 

3. RTD

Lampu dari RTD berjenis LED dan biasa digunakan oleh mereka yang menyukai touring. Lampu LED RTD ini memiliki sorot yang fokus serta terang sehingga cocok dipakai ketika malam hari. Untuk memasang lampu juga sangat mudah karena sudah dilengkapi oleh dudukan serta sekrup untuk mengunci lampu.

Harga

1. RTD E03C

Lampu tembak merk RTD varian E03C ini dibanderol dengan harga Rp 165 ribuan saja. Harga ini termasuk sangat ekonomis apalagi melihat banyaknya manfaat yang bisa Sahabat dapatkan dari lampu tembak satu ini. Lampu ini didesain cocok digunakan untuk kendaraan bermotor saat touring melalui jalanan yang berat. 

2. ONS U-18 2805 White

Lampu dari ONS varian 2805 U-18 ini didesain dengan tiga buah mode lampu berupa lampu redup, fokus dan kedip. Lampu berteknologi LED ini dilengkapi oleh lampu projector terang agar penampilan motor Sahabat menjadi lebih trendy. Produk lampu tembak dari ONS U-18 2805 dilengkapi oleh aksesoris berupa sekrup dan juga breket. Harga lampu sorot ONS U-18 2805 di kisaran Rp 180 ribuan.

3. ONS U-18 T Angle Eyes 2852

Satu lagi varian lampu tembak atau sorot dari ONS. Varian ONS U-18 T Angle Eyes 2852 dibanderol dengan harga lebih mahal dari yang sebelumnya yakni mencapai Rp 210 ribuan. Lampu angle eyes ini memiliki bentuk cincin dengan berbagai warna di dalam sehingga cahaya yang dihasilkan semakin indah dibandingkan cahaya dari lampu lainnya. 

Tipe lampu ONS U-18 T Angle Eyes 2852 ini universal sehingga cocok digunakan pada berbagai jenis motor. Sahabat bisa mengaktifkan tiga mode lampu yakni lampu redup, fokus ataupun kedip. 

4. Cree Sorot 6 Mata LED 

Jika Sahabat mencari lampu tembak atau sorot yang murah namun tidak murahan, maka varian Cree Sorot 6 Mata LED bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya lampu ini dibanderol dengan harga sangat terjangkau yakni Rp 63 ribuan saja. 

5. Lampu Cree 20 Mata

Merk lampu tembak atau sorot Cree menjadi salah satu merk lampu tembak terbaik yang ada di tanah air. Varian lampu Cree 20 Mata ini dibanderol dengan harga sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 78 ribuan saja. Lampu sorot motor dari Cree ini didesain berteknologi LED sehingga cahaya yang dihasilkan sangat terang dan berwarna putih. Daya yang digunakan oleh lampu Cree 20 mata yakni 30 Watt saja.

Keberadaan lampu sorot sangat dibutuhkan terutama untuk kendaraan yang sering digunakan ketika malam hari. Pastikan Sahabat mempertimbangkan merk lampu tembak atau sorot terbaik agar tidak menyesal. Lihat kualitas bahannya, breket, desain, arus listrik yang dibutuhkan dan bentuk desain lampu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Perbedaan Penggerak Mobil FWD dan RWD, Yuk Ketahui!

2022-11-07

FWD adalah singkatan dari Front Wheel Drive atau lebih dikenal dengan sistem penggerak roda depan. Seperti diketahui dalam dunia kendaraan roda empat, siste

thumbnail

Coating Kaca Mobil Bisa Bertahan Berapa Lama dengan Kondisi Musim di Indonesia?

2022-01-30

Coating merupakan suatu tindakan untuk memberi perlindungan lebih pada

thumbnail

Tips Mengatur Sorot Lampu yang Tepat Agar Aman untuk Perjalanan di Malam Hari

2022-06-26

Sahabat pasti pernah mengalami keadaan disaat lampu kendaraan tidak tersorot dengan baik bukan? Untuk itu, pentingnya

thumbnail

Manfaat Memberikan Grease pada Terminal Positif Aki Mobil

2022-03-03

Anda mungkin seringkali menemukan para mekanik atau pekerja di bengkel yang memberikan grease atau gemuk pada bagian terminal positif dari