Logo Daihatsu
Menu

Macam-macam Filter Udara yang Dipakai oleh Mobil

Otomotif

2021-11-30

filter udara

Filter udara merupakan komponen penting pada kendaraan yang umur pemakaiannya pendek atau harus sering diganti. Bagian ini perlu mendapat perhatian ekstra.

Sesuai dengan namanya, komponen ini berfungsi untuk menyaring udara sehingga tetap bersih. Kotoran tidak menumpuk dan masuk ke bagian mesin yang dapat menyebabkan kerusakan.

Kenali Pentingnya Filter Udara

Performa mesin tidak terlepas dari komponen yang satu ini. Udara yang bersih akan menjadikan dapur pacu kendaraan bekerja dengan sempurna. Penumpukan kotoran menyebabkan tarikan tidak responsif. Apalagi ketika melewati jalan menanjak.

Dalam proses pembakaran, udara yang digunakan harus benar-benar bersih. Tugas filter untuk menyaring sangat penting dalam hal ini. Jika kinerjanya tidak maksimal maka dapat berakibat fatal.

Sebagai komponen yang fast moving atau daya pakai pendek, maka bagian ini harus sering dicek. Jika penyaringnya sudah rusak, tersumbat atau sangat kotor, perlu segera ditangani.

Fungsi Filter

Sebagaimana namanya, fungsi komponen ini adalah untuk menyaring dan menyediakan udara yang bersih bagi mesin. Filter terletak pada bagian atas mesin atau berada di rumah filter dengan dilengkapi klep untuk mencegah kebocoran udara.

Udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran akan membuat performanya meningkat. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin pun maksimal. Penumpukan kotoran pada penyaring menyebabkan udara bersih tidak dapat masuk.

Kerugian Jika Tidak Memperhatikan Filter

Kotoran yang menumpuk pada filter untuk udara menyebabkan kinerja mesin menjadi berat. Selain performanya turun, juga boros bahan bakar. Jika dibiarkan berlarut dapat mengalami kerusakan. Pada mesin injeksi, sensitifitasnya dapat meningkat.

Perawatan Filter Udara

Partikel debu dapat menyumbat filter sehingga udara bersih susah untuk lewat karena pori-pori terhambat. Meski sudah dibersihkan jika tidak maksimal maka partikel terkecil akan terjebak sehingga fungsinya tidak maksimal.

Selain pembersihan secara berkala, penggantian filter dengan yang baru perlu dilakukan untuk memastikan penyaringan berjalan sempurna. Intervalnya tergantung pemakaian dan kondisi jalan yang sering dilalui.

Jika kendaraan sering melewati jalan berdebu yang menyebabkan kotoran terjebak dalam filter maka setelah melewati 20.000-25.000 Km perlu ganti. Namun untuk jalan normal bisa sampai jarak 30.000-40.000 Km.

Cara membersihkan

Pemilik mobil wajib memperhatikan komponen ini. Meski tidak secara langsung mempengaruhi kinerja mesin, namun dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan. Jika kondisi filter masih bagus namun sangat kotor, segera bersihkan.

Untuk membersihkan dapat dilakukan sendiri, tanpa bantuan teknisi. Anda juga tidak membutuhkan banyak peralatan dan bahan pembersih. Langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

  1. Pertama, buka kap mesin dan rumah filter untuk udara. Keluarkan bagian saringan.
  2. Pastikan untuk mengetahui jenis filter ini pada kendaraan Anda supaya tidak salah membersihkan.
  3. Jika berbahan kertas, membersihkannya harus dengan sangat berhati-hati. Gunakan udara bertekanan tinggi agar debu dan kotoran hilang.
  4. Filter ini dari bahan busa, dapat dibersihkan dengan mencampur air dan sabun cuci untuk membersihkannya. Jangan memeras busa terlalu keras, pelan saja dan angin-anginkan supaya bersih dan kering.
  5. Bahan kain bisa dengan menggunakan campuran air dan sabun cuci untuk membersihkannya.
  6. Keringkan dan angin-anginkan setelah selesai membersihkannya.
  7. Agar tidak meninggalkan kotoran yang dapat mengganggu kebersihan filter, cuci juga rumah filter.
  8. Pasang kembali filter ini kemudian  jangan tutup kembali rumah filter dengan benar.
  9. Supaya tidak terjadi kebocoran, pastikan semua terpasang dengan benar.

Seperti di kendaraan lain, fungsi filter pada mobil Daihatsu sangat penting. Performanya terkenal sangat bandel, semakin maksimal jika udara yang masuk pada mesin bersih. Anda dapat melihat lebih detail informasi tentang Xenia di websitenya.  

Memilih mobil Daihatsu sangat tepat. Dengan perawatan yang sesuai, filter udara pada mobil ini akan berfungsi dengan baik sehingga Anda mendapat kenyamanan berkendara.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Merawat Pengunci Kap Mesin Mobil

2022-04-28

Bagian kap mesin mobil ternyata juga perlu dirawat dengan baik. Khususnya pada bagian pengunci kap mesin mobil. Jika tidak dirawat dengan baik penguncingnya, maka bisa m

thumbnail

Apa itu Polimer Pada Pembuatan Ban Mobil? Intip Disini!

2022-08-12

Polimer yang merupakan karet sintetis pada pembuatan ban mobil adalah polipropilena. Pada dasarnya, produksi ban tidak mempergunakan karet sembarangan.Terdapat jenis polimer yang dipergunaka

thumbnail

Inilah yang Harus Dilakukan Ketika Kampas Kopling Mobil Keluar Asap

2021-02-01

Kampas kopling adalah bagian mobil yang memiliki fungsi penting, terlebih untuk mobil manual, yaitu sebagai perpindahan dari transmisi satu ke transmisi selanjutnya. Lal

thumbnail

Mesin Susah Hidup, Ini Ciri Dinamo Starter Motor Mulai Lemah

2021-01-13

Salah satu komponen penting pada motor yang disematkan untuk kenyamanan pengguna, yaitu electric starter. Dengan adanya electric starter ini maka mesin motor bisa menyal