Logo Daihatsu
Menu

Macam-macam Konsep Modifikasi Jeep

Modifikasi

2020-11-01

modifikasi jeep

Jeep merupakan salah satu merk mobil legendaris asal Amerika Serikat. Merk jeep yang sudah ada sejak 1941 dinilai mempunyai desain macho dan cocok dengan karakter jalanan yang ada di Indonesia. Sehingga jeep keluaran tua hingga muda hampir mudah ditemukan. Pada umumnya para pemilik jeep melakukan modifikasi mobil yang menjadi kesayangannya ini. Modifikasi jeep dilakukan dengan menambahkan aksesoris fungsional atau sekedar untuk gaya saja agar terlihat lebih keren. 

Jeep Rubicon

Jeep rubicon merupakan salah satu nama jeep yang sudah mendunia. Nama rubicon terinspirasi dari bentangan gunung di benua Amerika. Jeep rubicon dibuat untuk dapat digunakan di jalan aspal dan medan off road. Konsep modifikasi jeep rubicon dapat melibatkan aksesoris-aksesoris yang secara penampilan cocok untuk mobil penjelajah dan terlihat lebih sangar. Sehingga mobil jeep ini cocok untuk Sahabat yang memiliki hobi offroad dan berburu di area hutan. 

Jeep 4SPEED

Mobil Jeep 4SPEED berdiri diatas platform Jeep Wrangler Sport. Modifikasi mobil ini dibuat semaksimal mungkin agar menghasilkan bobot seminimal mungkin. Jeep 4SPEED tidak memiliki atap, memakai kap mesin dan fender roda yang terbuat dari bahan serat karbon. Ada juga beberapa komponen jeep ini yang terbuat dari alumunium. Mobil ini memiliki keunikan utama yaitu tidak terdapat pintu samping dan terbuka pada bagian penumpang belakang, kemudian jika dilihat dari desain kacanya, tampak kaca depan pendek dan melandai.

Setelah dilakukan modifikasi, bukan hanya tampilan yang berubah, namun juga kemampuan yang berbeda. Mesin asli pada mobil ini yaitu 4 silinder 2.0 liter turbo milik Wrangler yang terbaru. Namun hasil modifikasinya dibuat lebih pendek sebesar 22 inci, sehingga membuat mobil jeep ini memiliki approach dan departure angle yang baik saat digunakan pada lintasan offroad. Mobil dari Wrangler versi produksi lebih tinggi 2 inci, memakai gardan depan dan belakang Dana 44 dan pelek 18 inci yang dibalut ban Mud Terrain BF Goodrich berukuran 35-inci.

Jeep Sandstorm

Jeep sandstorm sepenuhnya dibuat untuk melesat di medan offroad berpasir dengan sangat kencang, terinspirasi dari Baja Desert Race. Perhatian utama jeep ini adalah pada peningkatan area kaki-kaki. Gardan depan maju 4 inci serta dilengkapi suspensi four link long arm heavy duty dengan track bar. Sedangkan gardan bagian belakang mundur 2 inci, terhubung dengan triangulated trailing arm four-link suspension.

Pada modifikasi jeep ini jarak sumbu roda lebih panjang, sehingga menjamin stabilitas di kecepatan tinggi. Coilover dan shock yang sudah dimodifikasi, memungkinkan ban depan dapat bergerak naik turun sejauh 14 inci dan 18 inci untuk ban belakang. Gardan mobil jeep ini pun berbeda, Dynatrac 60 dengan rasio gigi 5,68. Ban yang dipakai adalah tipe Crawler dengan ukuran 39,5 inci yang membalut pelek beadlock berukuran 17 inci. Mesin juga dilengkapi dengan integrated on-board air compressor, race-style fuel filler dan KC Carbon series, untuk meningkatkan performa mesin jeep Sahabat.

Jeep B-ute

Jenis jeep ini terbilang paling manis diantara deretan jenis jeep lain. Padahal jeep ini bermakna garang, dapat dilihat dari terpasangnya sejumlah aksesoris offroad di sekeliling mobil. Mobil juga dipasang lift-kit 1,5 inci, roof rack, rock rails hingga ban pacul yang membalut pelek 17-inci dengan offset 20 mm. Modifikasi mobil tidak hanya pada luarnya saja, akan tetapi pada bagian dalam berupa ornamen karbon di tuas transmisi, speaker, dan ventilasi AC juga dilakukan sentuhan.

Nacho Jeep

Jeep ini banyak dihiasi aksesoris untuk keperluan penjelajahan di medan yang tidak pernah terjamah. Terdapat bemper baja untuk perlindungan dan digunakan sebagai Warn Winch kit. Selain itu terdapat lampu tambahan LED pada bagian depan dan belakang untuk penerangan di malam hari jika Sahabat sedang berada ditengah hutan. Terdapat ban cadangan yang dipasang sebagai konde. Ketinggian jeep mencapai 2 inci sehingga memiliki kemampuan offroad yang lebih dapat diandalkan.

Jeep Jeepster

Konsep modifikasi ini kembali menghidupkan Jeepster pada tahun 1966. Jeepster tampil klasik dengan warna eksterior bernada dual tone berdasarkan Wrangler 2 pintu. Terdapat ban cadangan yang menggantung di pintu belakang dipindah lokasi ke dalam kabin. Kabin dibuat mewah dengan balutan material kulit Katzkin. Konsep modifikasi ini cocok untuk Sahabat yang tinggal di daerah perkotaan, karena materialnya lebih ramah.

Jeep J-Wagon

Selain Wrangler 2 pintu, terdapat juga konsep untuk Wrangler 4 pintu. Sentuhan kosmetik eksteriornya lebih mendominasi J-Wagon, seperti emblem Jeep dengan aksen orange dan tambahan lampu LED untuk penerangan di medan offroad bagian depan dekat pillar A. Konsep modifikasi ini memang perubahannya lebih minimalis, namun Sahabat masih bisa mengenali sebagai jeep Wrangler Sahara sebagai konsep dasarnya.

Jeep Wagoneer Roadtrip

Konsep jeep yang satu ini dibuat untuk mengajak Sahabat bernostalgia kembali ke masa kecil. Mobil ini tergolong mobil zaman dahulu yang tetap mempertahankan bodi aslinya. Perubahan hanya pada bagian struktur kerangka dan sistem penggeraknya yang disempurnakan seluruhnya. Jeep ini berukuran 4x4, dikenal sebagai jeep mewah pada tahun 1965, kaya dengan heritage. Meskipun jeep zaman dahulu dan terkesan klasik, namun dibalik kap mesinnya tertanam mesin V8 dengan kapasitas 5,8 liter yang digabungkan dengan transmisi 4 speed modern.

Jika Sahabat adalah salah satu penggemar mobil Jeep, mungkin perlu banyak mengetahui tentang referensi modifikasi jeep sesuai jenis yang Sahabat miliki. Oleh karena itu, Sahabat perlu memahami karakter dan akan digunakan dimana Jeep Sahabat.

Baca juga : Ide Pick Up Modifikasi Agar Tampak Lebih Keren


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Modifikasi Velg Mobil, Ini Untung dan Ruginya

2020-11-01

Melakukan modifikasi mobil tentu bukan tanpa tujuan. Selain untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik, modifikasi mobil tentu akan memberikan nilai kepuasan ter

thumbnail

Tawarkan Tampilan Realistis, Berikut 4 Aplikasi Modifikasi Mobil Anda Wajib Coba

2020-11-09

Smartphone memberikan fasilitas aplikasi yang sangat beragam. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari chatting hingga mendesain modifikasi

thumbnail

Tips Modifikasi Mobil Luxio Simpel dan Menarik

2020-11-01

Memodifikasi mobil kini sudah semakin menjadi gaya hidup bagi mereka para pecinta otomotif roda empat. Salah satu mobil yang sering dipilih untuk dimodifikasi adalah mob

thumbnail

Jangan Sembarangan, Begini Tips Modifikasi Velg Mobil

2020-11-01

Bagi penggemar otomotif, modifikasi velg mobil merupakan hal yang sangat lazim dilakukan. Biasanya, modifikasi yang paling umum adalah penggantian velg yang bertujuan un