Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Mengganti Oli Mesin yang Jenuh Sebelum Mobil Ditinggal Bepergian Dalam Waktu Lama

Otomotif

2022-06-24

Mengganti Oli Mesin yang Sudah Jenuh

Sedikit orang yang kurang memperhatikan bagian terpenting dari mobil. Akibatnya, mobil tersebut cepat mengalami kerusakan. Seperti halnya jika Anda lupa mengganti oli mesin yang sudah jenuh pada saat akan bepergian jauh dalam waktu yang lama.

Perhatian Anda kepada mobil sangat diperlukan apalagi dengan mempertahankan kualitas mobil Anda agar tetap terjaga. Seperti halnya Anda yang harus rutin untuk mengganti oli mesin mobil Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Mengganti Oli Mesin yang Sudah Jenuh

Oli mesin yang sudah jenuh akan meninggalkan endapan kotoran yang terbentuk dari sisa kerja mesin tersebut. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu mengganti oli mesin yang sudah terlihat jenuh. Berikut ini beberapa manfaat yang Anda dapatkan apabila Anda rutin mengganti oli mesin.

1. Suhu Mesin Tetap Terjaga

Tahukah Anda jika sering mengganti oli mesin secara rutin, otomatis hal tersebut akan menjaga suhu mesin. Hal tersebut karena komponen mesin akan dilumasi secara maksimal.

Ternyata menjaga suhu mesin tetap menjaga merupakan salah satu hal yang penting. Suhu mesin harus selalu dalam keadaan ideal, karena semakin rendah atau tingginya suhu mesin pada mobil maka akan membuat performa mobil tidak akan bagus.

2. Mesin Mobil Selalu Keadaan Bersih

Penting buat Anda ketahui ketika oli mengalir ke mesin mobil, maka kotoran atau partikel lain akan menumpuk di dalamnya. Akibatnya mesin Anda mulai mengalami kerusakan.

Untuk itu, perlunya mengganti oli mesin pada interval yang tepat waktu akan mengeluarkan sisa kotoran yang mengendap sebelum merusak mesin Anda. Dengan begitu, mobil Anda akan selalu dalam keadaan bersih.

3. Umur Mesin Bertahan Lama

Jika Anda rutin mengganti oli dan filter mobil sesuai dengan spesifikasi, maka mobil Anda akan selalu terlindungi dari kerusakan. Apalagi oli merupakan sumber kehidupan dari kendaraan Anda. Penggantian oli secara teratur akan membuat umur mesin bertahan lebih lama.

4. Performa Mesin Terjaga

Manfaat selanjutnya jika Anda sering mengganti oli mesin secara tepat waktu adalah akan membuat performa mesin mobil Anda selalu terjaga. Fungsi dari oli yang harus Anda ketahui adalah untuk menarik panas dari bagian mesin.

Jadi, jika mesin Anda diselimuti kotoran yang mengendap mesin pada mobil Anda akan berjalan kurang efisien sehingga menyebabkan performa mesin menurun.

5. Melindungi Mesin Lainnya

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa didalam mesin mobil ada bagian penting yang membuat mobil Anda berjalan seperti poros engkol, batang penghubung, dan camshaft. Dengan mengganti oli di mesin mobil Anda sangat penting untuk menjaga komponen-komponen ini bergerak dan berjalan dengan baik.

6. Tarikan Gas Lebih Ringan

Manfaat kali ini mungkin lebih terasa karena jika Anda mengganti oli mesin secara rutin, otomatis tarikan gas akan lebih ringan. Tanpa perawatan yang tepat, kotoran akan mengendap di mesin mobil sehingga menyebabkan gesekan.

Dengan memastikan bahwa mesin mobil Anda selalu memiliki oli yang bersih di dalamnya akan membantu mengurangi gesekan. Hal tersebut akan memungkinkan mesin mobil berjalan lebih efisien dengan jarak tempuh terbaik.

Jika gesekan yang terjadi lebih rendah, maka mesin tersebut bekerja menjadi lebih ringan, disamping itu juga pemakaian bahan bakar pun menjadi hemat.

7. Lulus Uji Emisi Kendaraan Dan Ikut Menjaga Lingkungan Sekitar

Dengan mengganti oli secara rutin, manfaat yang Anda peroleh adalah Anda akan lulus uji emisi dan ikut dalam menjaga pelestarian lingkungan yang lebih baik.

Baca Juga:  Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang

Bagi Anda yang ingin mengganti oli mesin mobil, Anda juga bisa menggunakan layanan service dari kami, Daihatsu untuk hasil yang lebih maksimal. Pastinya layanan yang kami sediakan ditangani oleh tenaga profesional.

===


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Jenis Roof Rack yang Bisa Menjadi Pilihan saat Membawa Banyak Barang Mudik

2020-12-04

Mudik tentu tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman. Terkadang, banyaknya oleh-oleh bersama barang bawaan membuat perjalanan mudik

thumbnail

Penyebab Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat dan Cara Membersihkannya

2022-03-09

Piston kaliper rem mobil berkarat bisa mempengaruhi sistem pengereman mobil dan keselamatan berkendara. Karat bisa membuat piston menjadi tidak elastis lagi dan fungsiny

thumbnail

Aspal Sprayer, Alat Berat Pembuat Jalan dengan Kapasitas yang Bisa Disesuaikan

2021-02-24

Aspal adalah material utama yang digunakan dalam pembuatan jalan. Selain aspal juga ada material lain yang tak kalah penting, seperti batu hingga pasir. Alat-alat berat

thumbnail

Tips Memilih Ban Mobil Agar Tak Salah Pilih

2020-11-21

Tips memilih ban mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui. Dengan tips tersebut, Sahabat bisa terhindar dari memilih ban mobil yang salah. Dengan begitu, peluang Saha