Tips Sahabat

Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil yang Banyak Digunakan Saat Ini

07 Januari 2021
jenis jenis suspensi

Salah satu komponen yang keberadaannya cukup penting pada kendaraan bermotor, yaitu suspensi. Suspensi ini merupakan komponen yang berfungsi dalam meredam kejutan, serta getaran yang terjadi ketika kendaraan melaju di jalan. 

Mobil sendiri tentunya memiliki komponen satu ini. Berikut jenis jenis suspensi mobil yang saat ini banyak digunakan. Simak ulasannya berikut.

1. Suspensi Double Wishbone

Jenis konstruksi suspensi yang pertama yaitu double wishbone, di mana ciri khususnya terletak pada adanya dua buah arm atau lengan yang menopang pada bagian sistem suspensi tersebut. 

Dua buah lengan ini yaitu upper arm dan lower arm, yang mampu membuat sudut geometri roda tetap konstan meski seberapa jauh suspensi bergerak.

Meski begitu suspensi ini juga memiliki kekurangan, yakni membutuhkan ruang yang lebih besar daripada jenis suspensi lainnya. Suspensi double wishbone umumnya banyak digunakan dalam kendaraan yang memiliki ukuran cukup besar. 

Baca Juga: Sistem Suspensi Mobil: Pengertian, Komponen, Fungsi, dan Cara Kerjanya

2. Suspensi Axle Rigid

Jenis jenis suspensi selanjutnya yaitu axle rigid, yang memiliki ciri pada bagian roda belakang kanan dan roda bagian belakang kiri dihubungkan dengan poros atau axle menjadi satu. 

Suspensi satu ini memang letaknya berada di belakang pada mobil, dan banyak yang menyebutnya dengan istilah GARDAN. Suspensi axle rigid sendiri dibagi dalam 2 model, yaitu pegas daun dan coil.

3. Suspensi Macpherson

Jenis suspensi yang paling banyak diaplikasikan pada kendaraan yaitu suspensi macpherson, karena memiliki komponen yang simpel dan mudah didapat, bahkan harga dari suspensi ini juga cukup terjangkau. 

Bentuk dari suspensi macpherson sendiri yaitu tegak dan didukung oleh peredam kejut, di mana bagian tersebut menjadi titik pusat dari sudut caster pada mobil.

4. Suspensi Independent

Suspensi independent merupakan salah satu dari jenis jenis suspensi yang banyak diaplikasikan ke dalam mobil mewah. 

Suspensi ini memang didesain secara khusus, dan bagian roda kiri dan kanan di belakang mobil dihubungkan dengan sendi-sendi axle

Jadi saat mobil menginjak lubang, kendaraan tidak akan bergoyang karena hanya salah satu bagian suspensi yang bergerak.

5. Suspensi Multi Link

Mobil yang memiliki konstruksi jenis suspensi multi link, diklaim lebih mudah untuk dikendalikan di atas jalan yang jelek sekalipun. 

Suspensi multi link sendiri sebenarnya merupakan pengembangan dari suspensi jenis double wishbone, namun dengan desain konstruksi yang lebih rumit. 

Di mana konstruksinya memiliki bagian bagian yang terpisah, dan dihubungkan oleh sendi.

Layaknya double wishbone, multi link juga memiliki kedua sisi arm. Dan konstruksinya dibuat dengan dasar manipulasi arah gaya, yang diperkirakan nantinya mungkin diterima oleh roda baik itu benturan atau ketika mobil menginjak lubang. 

Namun, karena suspensi multi link adalah salah satu jenis jenis suspensi yang partnya berharga mahal, masih jarang mobil yang menggunakannya.

Berbagai suspensi tersebut disematkan ke dalam kendaraan untuk membuat nyaman penggunanya. Bayangkan bila mobil Anda tidak memiliki part tersebut, maka mobil yang Anda kendarai mungkin rasanya seperti gerobak. 

Beberapa suspensi ini sendiri memiliki kelebihan serta kelemahannya masing masing, jadi produsen otomotif mengaplikasikan desain yang bervariasi. 

Baca Juga: 5 Sebab Mobil Goyang dan Tersendat Saat Dikendarai

Tips Sahabat Lainnya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami