Logo Daihatsu
Menu

Pelajari Manfaat dan Tips Merawat Wiper Mobil Agar Selalu Awet

Otomotif

2021-08-31

merawat wiper

Sebagai pemilik mobil, sudah sepatutnya Sahabat mengetahui keberadaan komponen dan manfaatnya pada mobil Anda. Salah satu komponen sederhana pada mobil yaitu wiper. Wiper menjadi komponen bawaan wajib dari setiap mobil. Oleh sebab itu, ada harus mengetahui cara dan tips merawat wiper mobil agar terjaga keawetannya.

Fungsi dari wiper ini sendiri adalah sebagai pembersih kaca otomatis untuk membersihkan kotoran, air hujan, kabut yang dapat menghalangi pandangan pengendara. Agar wiper tidak mudah mengeras dan kendor, ada beberapa tips untuk menjaga elastisitasnya.

Manfaat dan Tips Merawat Wiper Mobil

Keberadaan wiper depan dan belakang saat ini terasa amat penting demi kelangsungan berkendara, terutama di musim penghujan. Penggunaan spion untuk mengawasi jalan tidaklah cukup. Disinilah kebutuhan wiper dibutuhkan untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil Anda.

Meski termasuk komponen sederhana, keberadaan wiper tidak bisa Anda sepelekan. Anda wajib memastikan kerja wiper depan belakang berfungsi dengan baik dan tepat. Oleh sebab itu, Anda harus memahami cara dan tips merawat wiper mobil untuk menjaga fungsionalitas wiper itu sendiri. 

Perawatan perlu dilakukan untuk menghindari wiper Anda mengeras dan kendor. Karena jika sudah kendor, tentu tidak dapat bekerja maksimal. Terlebih jika mengeluarkan suara berdecit yang tentunya menganggu kegiatan Anda berkendara.

Tips Sederhana Merawat Wiper Mobil

Merawat wiper merupakan hal yang penting dilakukan terutama saat musim penghujan. Sapuan wiper yang terawat dengan baik akan membersihkan kaca secara maksimal. Perangkat ini berperan untuk menghadirkan pandangan yang jernih pada pengemudinya. 

Karena itu Anda harus merawat wiper agar selalu awet dan berumur panjang, terutama bagian karetnya. Disini kami siapkan beberapa tips merawat wiper mobil agar dapat bekerja maksimal pada mobil Anda, simak ulasannya berikut ini! 

1. Jauhkan dari terik matahari

Tahukah Anda, terlalu lama menjemur mobil saat matahari sedang panas-panasnya dapat merusak wiper. 

Pasalnya, paparan sinar matahari pada wiper yang terlalu sering bisa membuat karet mengeras. Alhasil wiper tidak bekerja secara optimal dalam menyapu air, karena elastisitasnya berkurang.

2. Isi ulang cairan wiper secara rutin

Cairan wiper harus diperhatikan volume dan kuantitasnya saat mengisi ulang. Tabung tempat air wiper juga perlu dibersihkan jika terdapat endapan kotor. Anda bisa gunakan air biasa, sabun atau cairan komposisi kimia yang membersihkan kaca dengan maksimal. 

3. Angkat wiper saat parkir di bawah sinar matahari

Angkatlah batang wiper Anda, saat Anda diharuskan untuk parkir mobil di luar ruangan yang terpapar sinar matahari. Terutama pada wiper kaca depan. 

Tujuannya adalah untuk menjaga elastisitas wiper agar tidak cepat mengeras dan kendor. Karena kaca panas tidak baik untuk wiper dan bisa membuat karetnya cepat rusak.

4. Membersihkan wiper dengan sabun khusus

Karet wiper yang kotor dan tidak terawat, tak mampu menyapu segala jenis kotoran yang hinggap di kaca depan secara maksimal. 

Anda dapat membersihkan karet ini dengan cara mengelapnya menggunakan air sabun khusus pembersih mobil. Selain itu, gunakan air hangat untuk membersihkan sekaligus melembutkan karet wiper.

5. Jangan mengangkat batang wiper saat parkir

Beberapa pemilik mobil mungkin kerap mengangkat batang wiper saat parkir dengan tujuan menghindari panas kaca. Namun bila Anda berparkir ditempat tedur, sebaiknya hal ini dihindari. 

Sebab pada kasus tertentu dapat membuat batang wiper melemah dan tekanan pada karet wiper menjadi kendor alias tidak rapat. Hal ini akan berdampak pada sekaan karet yang tidak optimal.

6. Bersihkan karet wiper secara berkala

Pembersihan ini untuk menghindari debu dan kotoran yang menumpuk pada penyangga maupun sela-sela karet wiper Anda.

Perawatan karet wiper dapat dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu secara berkala. Jika saat musim penghujan, pembersihan dapat dilakukan lebih rutin agar karet wiper bekerja lebih maksimal.

Wiper yang terawat sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan para pengendaranya. Baik wiper depan maupun belakang memiliki peran yang sama krusialnya. Itulah tips merawat wiper mobil ala Daihatsu yang bisa sahabat terapkan. Semoga bermanfaat!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Subwoofer Mobil, Jenis, dan Tips Memilihnya

2021-02-22

Subwoofer mobil adalah perangkat audio tambahan yang berfungsi untuk pengeras suara berfrekuensi rendah (bass). Umumnya, subwoofer mobil ditaruh di bagasi. Namun, ada be

thumbnail

Yuk, Simak Cara Starter Mobil yang Benar dan Aman

2021-01-13

Menghidupkan mesin mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kualitas mesin kendaraan roda empat agar berjalan secara maksimal. 

thumbnail

Efek Buruk Cuci Mobil Menggunakan Sabun Colek

2022-04-12

Mencuci mobil terkadang menjadi suatu hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah sambil menghabiskan waktu luang. Akan tetapi Anda tidak bisa mencuci mobil sendiri secara

thumbnail

12 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Perawatannya

2023-12-20

Masalah AC mobil yang tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin seringkali menjadi kekhawatiran yang mengganggu. Sebagaimana diketahui, AC mobil memainkan peran penting dalam meningkatkan kenyamana