Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Pelajari Manfaat dan Tips Merawat Wiper Mobil Agar Selalu Awet
31 Agustus 2021
merawat wiper

Sebagai pemilik mobil, sudah sepatutnya Sahabat mengetahui keberadaan komponen dan manfaatnya pada mobil Anda. Salah satu komponen sederhana pada mobil yaitu wiper. Wiper menjadi komponen bawaan wajib dari setiap mobil. Oleh sebab itu, ada harus mengetahui cara dan tips merawat wiper mobil agar terjaga keawetannya.

Fungsi dari wiper ini sendiri adalah sebagai pembersih kaca otomatis untuk membersihkan kotoran, air hujan, kabut yang dapat menghalangi pandangan pengendara. Agar wiper tidak mudah mengeras dan kendor, ada beberapa tips untuk menjaga elastisitasnya.

Manfaat dan Tips Merawat Wiper Mobil

Keberadaan wiper depan dan belakang saat ini terasa amat penting demi kelangsungan berkendara, terutama di musim penghujan. Penggunaan spion untuk mengawasi jalan tidaklah cukup. Disinilah kebutuhan wiper dibutuhkan untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil Anda.

Meski termasuk komponen sederhana, keberadaan wiper tidak bisa Anda sepelekan. Anda wajib memastikan kerja wiper depan belakang berfungsi dengan baik dan tepat. Oleh sebab itu, Anda harus memahami cara dan tips merawat wiper mobil untuk menjaga fungsionalitas wiper itu sendiri. 

Perawatan perlu dilakukan untuk menghindari wiper Anda mengeras dan kendor. Karena jika sudah kendor, tentu tidak dapat bekerja maksimal. Terlebih jika mengeluarkan suara berdecit yang tentunya menganggu kegiatan Anda berkendara.

Tips Sederhana Merawat Wiper Mobil

Merawat wiper merupakan hal yang penting dilakukan terutama saat musim penghujan. Sapuan wiper yang terawat dengan baik akan membersihkan kaca secara maksimal. Perangkat ini berperan untuk menghadirkan pandangan yang jernih pada pengemudinya. 

Karena itu Anda harus merawat wiper agar selalu awet dan berumur panjang, terutama bagian karetnya. Disini kami siapkan beberapa tips merawat wiper mobil agar dapat bekerja maksimal pada mobil Anda, simak ulasannya berikut ini! 

1. Jauhkan dari terik matahari

Tahukah Anda, terlalu lama menjemur mobil saat matahari sedang panas-panasnya dapat merusak wiper. 

Pasalnya, paparan sinar matahari pada wiper yang terlalu sering bisa membuat karet mengeras. Alhasil wiper tidak bekerja secara optimal dalam menyapu air, karena elastisitasnya berkurang.

2. Isi ulang cairan wiper secara rutin

Cairan wiper harus diperhatikan volume dan kuantitasnya saat mengisi ulang. Tabung tempat air wiper juga perlu dibersihkan jika terdapat endapan kotor. Anda bisa gunakan air biasa, sabun atau cairan komposisi kimia yang membersihkan kaca dengan maksimal. 

3. Angkat wiper saat parkir di bawah sinar matahari

Angkatlah batang wiper Anda, saat Anda diharuskan untuk parkir mobil di luar ruangan yang terpapar sinar matahari. Terutama pada wiper kaca depan. 

Tujuannya adalah untuk menjaga elastisitas wiper agar tidak cepat mengeras dan kendor. Karena kaca panas tidak baik untuk wiper dan bisa membuat karetnya cepat rusak.

4. Membersihkan wiper dengan sabun khusus

Karet wiper yang kotor dan tidak terawat, tak mampu menyapu segala jenis kotoran yang hinggap di kaca depan secara maksimal. 

Anda dapat membersihkan karet ini dengan cara mengelapnya menggunakan air sabun khusus pembersih mobil. Selain itu, gunakan air hangat untuk membersihkan sekaligus melembutkan karet wiper.

5. Jangan mengangkat batang wiper saat parkir

Beberapa pemilik mobil mungkin kerap mengangkat batang wiper saat parkir dengan tujuan menghindari panas kaca. Namun bila Anda berparkir ditempat tedur, sebaiknya hal ini dihindari. 

Sebab pada kasus tertentu dapat membuat batang wiper melemah dan tekanan pada karet wiper menjadi kendor alias tidak rapat. Hal ini akan berdampak pada sekaan karet yang tidak optimal.

6. Bersihkan karet wiper secara berkala

Pembersihan ini untuk menghindari debu dan kotoran yang menumpuk pada penyangga maupun sela-sela karet wiper Anda.

Perawatan karet wiper dapat dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu secara berkala. Jika saat musim penghujan, pembersihan dapat dilakukan lebih rutin agar karet wiper bekerja lebih maksimal.

Wiper yang terawat sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan para pengendaranya. Baik wiper depan maupun belakang memiliki peran yang sama krusialnya. Itulah tips merawat wiper mobil ala Daihatsu yang bisa sahabat terapkan. Semoga bermanfaat!

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor