Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Beserta Solusinya

Otomotif

2020-12-02

kelistrikan mobil mati total

Kelistrikan mobil mati total adalah salah satu masalah yang lazim dialami oleh mobil. Salah satu ciri adanya kelistrikan mobil mati total adalah tenaga mobil yang tiba-tiba melemah saat perangkat elektroniknya dinyalakan.

Ada beberapa faktor penyebab dari masalah tersebut. Jangan khawatir bila Sahabat belum tahu apa saja faktor-faktor tersebut. Sebab, kami akan memberitahukannya lewat artikel ini.

Adapun sebab-sebab itu adalah sebagai berikut!

Aki Mobil yang Rusak

Penyebab pertama terjadinya kelistrikan mobil mati total adalah kerusakan pada aki mobil. Kerusakan aki mobil sendiri tidak terjadi begitu saja. Tentu ada beberapa faktor yang menyebabkannya.

Aki yang rusak biasanya disebabkan oleh usia aki yang menua, atau bagian akinya sudah mulai berkarat. Aki mobil sendiri merupakan elemen terpenting dalam kelistrikan mobil. Bila elemen ini rusak, maka kelistrikan mobil akan mati total.

Alternator yang Tidak Bisa Mengirim Arus Listrik

Selain aki, ada satu elemen penting lainnya dalam kelistrikan mobil, yaitu alternator. Alternator sendiri merupakan alat yang dapat mengubah energi mekanik menjadi arus listrik bolak-balik.

Arus listrik tersebut nantinya akan disebarkan ke bagian-bagian mobil lainnya. Bila fungsi tersebut tidak bisa dijalankan oleh alternator, maka kelistrikan mobil beserta komponen-komponennya akan mati total.

Kabel Mobil Terputus

Kabel adalah elemen penting lainnya dalam kelistrikan mobil. Lewat kabel, energi listrik yang berasal dari aki akan disebarkan ke komponen-komponen mobil lainnya. Namun, bila kabel mobil terputus, maka kelistrikan mobil pun otomatis akan mati total.

Kabel mobil terputus bisa dikarenakan terputus dengan sendirinya, atau karena korsleting. Di antara dua sebab itu, korsleting adalah penyebab kabel mobil terputus yang paling repot untuk diatasi.

Solusi dari Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total

Ada masalah, ada pula solusi. Begitu pun juga soal kelistrikan mobil mati total. Semua penyebab terjadinya kelistrikan mobil mati total bisa diatasi dengan baik. Asal, kita tahu apa saja solusinya.

Untungnya, kami punya solusi atas sebab-sebab tersebut. Tidak percaya? Simak saja uraian di bawah ini!

Melakukan Jumper

Solusi pertama yang bisa Sahabat lakukan adalah melakukan jumper. Solusi ini dilakukan untuk mengatasi kelistrikan mobil mati total yang disebabkan oleh matinya aki mobil.

Dengan melakukan jumper, aki yang sebelumnya mati bisa terpancing untuk hidup kembali. Walaupun tidak dalam waktu lama. Namun, bila aki tak kunjung hidup setelah di-jumper berkali-kali, maka Sahabat bisa mengganti akinya dengan yang baru.

Mengganti Alternator yang Bermasalah dengan Alternator yang Baru

Kalau yang ini jelas merupakan solusi dari alternator yang tidak bisa mengirim arus listrik. Mungkin banyak yang menyarankan Sahabat untuk memperbaiki alternator yang lama, walau alternator itu bermasalah dan bikin kelistrikan mobil mati total.

Namun, kami tidak menyarankan hal demikian. Kami sangat menyarankan Sahabat untuk mengganti alternatornya dengan yang baru. Bersikeras memperbaiki dan memakai alternator lama hanya akan mengulangi masalah yang sama.

Memakai Volt Stabilizer

Solusi yang terakhir ini dipakai untuk masalah kabel yang terputus akibat korsleting. Volt stabilizer bisa melindungi mobil dan kabel mobil dari korsleting. Tak hanya itu, volt stabilizer juga bisa bikin mobil lebih hemat BBM.

Kelistrikan mobil mati total adalah salah satu masalah yang lazim dialami oleh mobil. Salah satu ciri adanya kelistrikan mobil mati total adalah tenaga mobil yang tiba-tiba melemah saat perangkat elektroniknya dinyalakan.

Ada beberapa faktor penyebab dari masalah tersebut. Semua penyebab itu sudah kami beritahu di atas, beserta dengan solusinya. Semoga bisa membantu!

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Cek Plat Nomor Jakarta Tanpa NIK dengan Mudah

2024-01-15

Memahami cara cek plat nomor Jakarta dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Jakarta yang hendak membeli kendaraan bekas. Mulai dari terhindar dari penipuan

thumbnail

Lebih Bagus Mana? Beli Mobil Bekas Online atau Offline?

2021-08-31

Mempunyai kendaraan pribadi khususnya mobil merupakan sebuah aset yang berharga, Tersedianya beragam jenis mobil, menjadi alasan mengapa sahabat tergiur untuk mempunyai

thumbnail

Apa itu Fender Mobil? Ini Fungsi dan Cara Menggantinya

2024-02-22

Apakah Anda pernah mendengar istilah fender mobil? Jika iya, apakah Anda sudah mengetahui apa komponen tersebut beserta fungsinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan

thumbnail

3 Penyebab Jarum RPM Mobil Mati & Cara Memperbaikinya

2022-09-23

Pernahkah Anda mengalami masalah jarum RPM mobil tiba-tiba mati? Jika pernah, apakah Anda mengetahui penyebab jarum rpm mobil mati? Untuk mengetahuinya simak posting