Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Penyebab Kutu Rambut pada Anak dan Rekomendasi Obatnya
25 November 2020
obat kutu rambut anak

Kutu rambut sering kali menjadi momok tersendiri bagi banyak orang. Baik itu orang dewasa, maupun anak-anak, jika sudah kena kutu rambut, maka tidak akan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Yang ada, hanya sering garuk-garuk kepala.

Apalagi jika sudah terkena pada anak kecil, maka si kecil akan terganggu dan sering menggaruk kepalanya. Tak jarang kulit kepalanya terkelupas karena garukan tersebut.

Penyebab Kutu Rambut

Penyebab kutu rambut dari tidak tiba-tiba ada begitu saja. Hal yang sering menyebabkan kutu rambut adalah karena kurang bersihnya bantal yang dipakai. Biasanya kamar pengap, lembab, sprei jarang diganti, dan kasur jarang sekali dicuci atau dijemur.

Ada pula kutu rambut yang berasal dari ketularan anak lain. Kasus ini yang paling sering timbul pada anak kecil. Si kecil bermain dengan temannya yang juga kutuan. Kutu rambut bisa melompat ke kepala yang lain. Oleh karena itu, sangat mudah menular.

Tak hanya itu, kutu rambut juga bisa menular melalui bantal, sisir, handuk, topi, bando, dan aksesoris lainnya yang berhubungan dengan kepala.

Rekomendasi Obat Kutu Rambut Anak

Lalu bagaimanakah solusinya jika anak sudah terlanjur terkena kutu rambut? Ada beberapa cara yang alami dan ekstrem dan ada pula cara yang lebih lembut namun efeknya cukup lama.

Cara ekstrem untuk menyembuhkan kutu rambut pada anak adalah dengan cara memotong habis rambutnya, alias gundul. Ketika anak gundul, maka kutu akan kesulitan hidup di kepala yang tanpa rambut. Kutu rambut akan mudah diburu dan tidak bisa bertelur.

Cara ini hanya disarankan kepada anak kecil laki-laki saja. Untuk anak perempuan tidak disarankan karena anak perempuan menjadi aneh jika tidak berambut.

Untuk anak perempuan, disarankan menggunakan obat kutu rambut yang sudah populer di kalangan ibu-ibu. Berikut ini adalah rekomendasi obat kutu rambut anak yang manjur.

Peditox

Obat kutu rambut yang satu ini memang sudah populer di kalangan ibu-ibu. Obat ini juga ampuh membunuh kutu dan menghilangkannya hingga habis dari rambut.

Cara menggunakan Peditox ini adalah Sahabat harus membersihkan kepala anak terlebih dahulu. Jika sudah bersih, kemudian oleskan Peditox ini ke kepala anak. Oleskan secara merata dan hindari terkena mata. Peditox ini memiliki efek panas pada kepala anak.

Untuk menghindari terkena mata, Sahabat bisa menggunakan handuk atau penutup kepala lainnya. Tunggu hingga beberapa menit, sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air pelan-pelan. Sekali lagi, hindarkan dari terkena mata yah.

Harga obat kutu rambut Peditox ini sekitar 15 - 20 ribu. Sangat terjangkau loh.

Anti Lice Shampoo Freshy

Obat kutu yang satu ini lebih nyaman digunakan untuk anak-anak. Jika Peditox memiliki efek panas di kulit kepala, Anti Lice Shampoo Freshy ini tidak. Cara penggunaannya juga seperti memakai sampo biasa. Hanya saja Sahabat perlu mendiamkannya selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air.

Harga obat kutu yang satu ini cukup mahal, sekitar 50 - 60 ribu. Harganya lebih mahal karena formula yang dipakai tidak menyebabkan rasa panas di kulit rambut.

Tumbonan atau Tumoklin

Jenis obat kutu yang satu ini sedikit berbeda dengan dua obat sebelumnya. Untuk Tumbonan dan Tumoklin ini berbentuk spray. Sahabat bisa menyemprotkan ke kepala anak secara merata dan tunggu hingga 30 menit, lalu bilas dengan air.

Harga obat kutu rambut anak ini di pasaran sekitar 25 - 30 ribu. Cukup terjangkau yah Sahabat.

Selain 3 obat tersebut masih banyak lagi merek obat kutu rambut anak yang bisa Sahabat jumpai di apotek, seperti Shirami Shampoo, G-Wallet, dan lainnya. Sahabat bisa langsung menanyakan ke pegawai apotek tersebut.

Baca juga: Model Rambut Anak Perempuan dan Tips Trik Memotong Sendiri Rambut Anak di Rumah

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku