Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat dan Cara Membersihkannya

Otomotif

2022-05-22

piston kaliper rem mobil berkarat

Piston kaliper rem mobil berkarat bisa mempengaruhi sistem pengereman mobil dan keselamatan berkendara. Karat bisa membuat piston menjadi tidak elastis lagi dan fungsinya berkurang. Maka dari itu, Anda perlu tahu apa saja yang sebenarnya bisa menjadi penyebab piston kaliper ini berkarat supaya bisa mencegahnya sebelum terjadi.

Penyebab Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat dan Cara Membersihkannya

Peran piston kaliper rem pada sistem pengereman mobil sangatlah krusial. Tugasnya adalah menjadi dudukan piston yang akan menekan kampas rem ketika pengereman dilakukan. Artinya, jika bagian piston kaliper ini rusak, maka sistem pengereman mobil juga otomatis tidak bisa bekerja.

Mengingat perannya yang sangat penting tersebut, Anda harus mengetahui informasi penting tentang penyebab piston kaliper rem mobil berkarat dan cara membersihkannya berikut ini:

Penyebab Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat

Salah satu kasus yang paling sering terjadi adalah piston kaliper rem mobil jadi berkarat karena area kolong mobil dibiarkan kotor dalam waktu lama. Kotor di sini dalam artian kotoran yang sudah menumpuk dan menggumpal, misalnya karena sering terkena air hujan dan lumpur lalu tidak langsung dibersihkan. Kotoran yang menumpuk bisa mempercepat proses korosi atau pengaratan pada elemen logam pada piston kaliper.

Ditambah lagi, bagian sistem pengereman dalam mobil itu termasuk area yang sulit dijangkau atau diraih. Inilah sebabnya walaupun Anda sering membersihkan mobil sekalipun, tetap ada kemungkinan piston kaliper rem masih kotor dan belum dibersihkan dengan sempurna.

Penyebab lain yang juga cukup sering menyebabkan piston kaliper rem berkarat adalah karena penggunaan minyak rem yang jarang diganti. Akhirnya, minyak rem yang sudah kotor pun tetap saja digunakan, ini juga bisa mempercepat proses korosi karena minyak rem yang kotor bisa mengandung banyak residu partikel yang muncul karena gesekan kampas rem.

Selain itu minyak rem yang sudah kotor bisa saja mengandung partikel air akibat kondensasi pada tabung tempat minyak. Selain kotoran, air adalah faktor yang juga bisa mempercepat timbulnya karat.

Cara Membersihkan Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat

Jika piston kaliper rem mobil Anda sudah terlanjur berkarat, tidak perlu panik. Untuk karat yang belum terlalu parah, Anda bisa membersihkan piston kaliper dengan cara mengamplasnya sampai karat hilang dan permukaan kembali halus seperti semula.

Tetapi, jika karat pada piston kaliper Anda sudah terlalu parah hingga tidak bisa diamplas, maka Anda bisa menggantinya dengan piston kaliper yang baru. 

Selanjutnya, supaya karat tidak bisa kembali muncul, pastikan Anda harus sering-sering membersihkan area kolong mobil secara menyeluruh. Selain itu, jangan lupa juga untuk menguras minyak rem secara berkala supaya tidak justru mempercepat korosi pada piston kaliper rem.

Mencegah Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat Dengan Servis Rutin

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah piston kaliper rem mobil berkarat adalah dengan rajin melakukan pembersihan dan servis mobil secara rutin. Bagi Anda pengguna mobil Daihatsu, sekarang sudah hadir layanan Daihatsu We Care yang akan membantu dan memudahkan proses servis mobil Anda di bengkel resmi Daihatsu yang terpercaya.

Baca Juga:  Peran Penting Ring Piston Mobil hingga Tips Jitu Perawatannya

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bengkel resmi Daihatsu:

  • Jaminan servis yang terbaik dan berkualitas
  • Jaminan suku cadang asli yang selalu tersedia 24 jam
  • Peralatan servis dan perbaikan yang modern dan canggih
  • Mekanik handal yang profesional dan memiliki sertifikat resmi
  • Garansi servis hingga 1000 km atau 15 hari kerja

Selain beberapa keuntungan di atas, masih ada banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan hanya di bengkel resmi Daihatsu. Kunjungi laman home page kami untuk informasi lebih lanjut.


Tag

Otomotif

Share This