Logo Daihatsu
Menu

Perawatan dan Cara Melindungi Mesin Mobil Dari Tikus!

Otomotif

2021-08-08

melindungi mesin dari tikus

Jika tikus sudah berhasil masuk ke dalam kap mesin mobil atau ada indikasi tikus akan masuk ke dalam kap mesin mobil. Di bawah ini Daihatsu sarankan beberapa hal yang bisa Anda lakukan terkait cara melindungi mesin mobil dari tikus. 

Meskipun sedikit rumit, tidak ada salahnya Anda mencoba. Sebab, sahabat Daihatsu telah banyak yang berhasil menerapkan cara ini. 

Cara Melindungi Mesin Mobil Dari Tikus

Mesin mobil hangat menjadi tempat terbaik tikus untuk menghangatkan tubuhnya saat musim dingin. Jika hal ini dibiarkan, tikus bisa bersarang disana dalam waktu yang lebih lama. 

Akan ada kotoran tikus, sisa makanan, bau urin, hingga risiko yang lebih bahaya, yaitu kabel yang ada di ruang mesin terputus. Beberapa hal di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mengusir dan mencegah tikus masuk ke dalam kap. 

1. Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Wajib bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan ruang mesin mobil secara berkala. Jika tidak, tikus akan nyaman berlama-lama di dalam ruang mesin. Hal ini dikarenakan tikus termasuk hama yang suka tinggal di tempat-tempat kotor. 

2. Panaskan Mesin Secara Rutin

Meskipun saat musim dingin tikus suka mencari sarang di tempat hangat. Bukan berarti tikus juga suka mencari sarang di tempat panas. Mesin mobil yang sering Anda panaskan, akan membuat tikus enggan untuk memasuki ruang mesin. Tidak perlu lama, cukup 3 hingga 5 menit memanaskan mesin sudah cukup mengusir tikus secara halus. 

3. Pasang Lampu LED Low Voltage

Tikus tidak hanya suka di tempat kotor. Tikus juga suka di tempat gelap. Cobalah Anda memasang lampu LED low voltage di ruang mesin mobil agar tetap terang walaupun mobil tidak sedang digunakan. 

Pilihan lampu ini juga cukup hemat energi, yaitu kurang dari 1 watt, daripada menggunakan alat elektronik lain yang terlalu boros energi untuk mengusir tikus. 

4. Pasang Perangkap Tikus

Memasang perangkap tikus menjadi salah satu cara ampuh yang wajib dicoba. Hal ini disebabkan tikus akan mudah mati ketika terjebak perangkap. Sebaliknya, kami tidak menyarankan Anda untuk memberi makan racun tikus.

Selain karena tikus susah mati walaupun memakan racun. Juga karena ketika tikus mati, bau bangkainya akan sulit hilang. 

5. Tebar Aroma Tidak Sedap

Tikus tidak suka dengan aroma tidak sedap. Baik itu berasal dari bahan yang Anda beli dari toko pembasmi hama, maupun dari tanaman di sekitar tempat tinggal. Seperti aroma peppermint, rambut anjing, rambut kucing, bau mengkudu, dan lain-lain. 

Temukan beberapa bahan tersebut dan tebarlah di sekitar mesin mobil agar menimbulkan aroma tidak sedap. 

Itulah cara melindungi mesin mobil dari tikus yang bisa Anda terapkan. Meskipun mobil Anda dari luar terlihatnya bersih dan nyaman, tetapi tidak ada yang tahu kondisi di ruang mesin mobil jika sebagai pemilik Anda tidak merawatnya dengan rutin. Ruang mesin menjadi hal vital yang harus diperhatikan, baik mobil tersebut digunakan maupun tidak. 

Akan sangat disayangkan jika mobil yang Anda gunakan bermerk Daihatsu. Mobil kebanggaan banyak keluarga yang memberikan kesan nyaman, aman, menyenangkan, dan indah dipandang. Tetapi, ternyata dalam ruang mesin mobil Daihatsu Anda menjadi sarang tikus. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Transmisi Matic Bisa Slip atau Los dan Cara Mengatasi

2023-09-29

Para pemilik mobil matic sudah semestinya mengetahui penyebab dan cara mengatasi transmisi matic bisa slip atau loss. Permasalahan tersebut kerap kali terjadi secara

thumbnail

Akibat Saringan Udara Mobil Kotor Dan Tidak Dibersihkan

2020-12-07

Dapur pacu mobil menggunakan prinsip pengubahan energi panas menjadi energi gerak. Energi inilah yang akan menggerakkan roda. Dal

thumbnail

Inilah Cara Cuci Jok Mobil yang Benar

2021-06-30

Kebersihan mobil adalah hal utama yang tidak bisa disepelekan, apalagi jika mobil digunakan setiap hari. Mobil yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan

thumbnail

Penyebab Elektroda Busi Mobil Jadi Hitam

2022-04-12

Kendaraan bisa digunakan normal apabila businya dalam kondisi terbaik. Busi pada kendaraan memiliki fungsi penting sebagai pemantik api pada ruang bakar. Akibat busi bek