Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyusun Itinerary Liburan
15 Oktober 2018
itinerary

Sahabat Daihatsu sedang merencanakan liburan dalam waktu dekat? Coba baca tips ini sebelum membuat itinerary liburan mu, ya!

Liburan memang sudah menjadi terapi bagi kita yang sedang jenuh terhadap kegiatan sehari-hari. Namun, karena terbatasnya waktu, Sahabat juga harus pintar dalam mengatur jadwal kegiatan mu selama kamu berlibur. Saat merencanakan liburan, itinerary sangat dibutuhkan demi lancarnya kegiatan selama traveling. Tapi, merancang itinerary jangan sampai sembarangan ya, Sahabat.

Itinerary adalah daftar kegiatan serta estimasi budget yang akan dikeluarkan saat perjalanan Sahabat. Itinerary mencakup daftar destinasi, jadwal per hari, akomodasi, transportasi, sampai keperluan belanja oleh-oleh.

Nah, ini dia tips untuk membuat itinerary dengan sempurna:

1. Tentukan Tujuan Liburan

Hal pertama yang harus diketahui tentu saja destinasi wisata. Tentukan destinasi mu, kemudian tentukan juga berapa lama kamu akan mengunjungi destinasi tersebut. Bisa hanya 1 kota, beberapa kota, atau bahkan lintas negara. Pastikan Sahabat menentukan destinasi yang sangat Sahabat inginkan. 

2. Cari Informasi Seputar Tujuan

Setelah Sahabat menentukan tujuan dan lamanya perjalanan, kemudian Sahabat juga harus mencari informasi destinasi apa saja yang menarik untuk dikunjungi. Saring berbagai destinasi tersebut, lalu susunlah daftar tempat yang akan dikunjungi. Jangan lupa, cocokkan destinasi dengan jam buka/tutupnya. Pastikan destinasi tersebut dapat dikunjungi secara urut, atau mobilitas angkutan umumnya jelas dari satu tempat ke tempat lainnya. Agar bias memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, tidak ada yang terlewat.

3. Transportasi

Lalu, yang tidak kalah pentingnya yaitu mencari informasi tentang transportasi dari dan ke destinasi yang dituju. Bisa menggunakan pesawat, bus, angkutan umum, kereta atau kapal. Hal ini dilakukan untuk memastikan tiket pesawat atau transportasi lainnya tersedia pada tanggal yang Sahabat inginkan. Jangan lupa untuk mencatat harga tiketnya agar Sahabat juga bisa masukkan ke dalam itinerary mu. Dan sesuaikan dengan budget yang Sahabat miliki.

4. Akomodasi

Selanjutnya, tentukan akomodasi. Cari tempat penginapan yang tidak jauh dari fasilitas umum dan pastikan tempatnya aman, nyaman, dan masuk budget ya. Tapi, untuk Sahabat yang sudah sering traveling, mungkin bisa mencoba hotel-hotel yang unik dan khas di destinasi wisata.

Oh, dan jangan lupa untuk mencari beberapa tempat untuk mencicipi kuliner setempat ya, sekaligus menentukan tempat untuk makan siang atau makan malam. Baik hotel maupun hostel, biasanya menyediakan sarapan. Satu hal yang penting dalam membuat itinerary adalah estimasikan pengeluaran Sahabat sesuai standar hidup di destinasi tersebut. Jadi, disusun baik-baik ya itinerary-nya!

5. Buat Itinerary se-detail mungkin

Budget traveling juga sebaiknya dimasukkan ke dalam itinerary. Jangan hanya hitung berdasarkan kebutuhan ya, tapi juga berdasarkan budget yang ada. Dari kombinasi informasi di atas, Sahabat bisa menyusun itinerary yang sempurna. Hari pertama Sahabat menginginkan datang naik apa, mau menginap dimana, mau pergi kemana dan mau makan dimana. Hari kedua pergi kemana, naik apa, makan dimana, dan seterusnya sampai liburan mu selesai.

Semakin detail semakin bagus, misalnya ditambah dengan keterangan jam dan jumlah uang yang akan kamu keluarkan. Jadi, simpanlah itinerary mu dalam bentuk hard copy dan soft copy. Nanti begitu tiba waktunya traveling, simpan baik-baik itinerary dalam bentuk hard copy dan bawa itinerary tersebut ke manapun Sahabat pergi.

Ini sangat berguna ketika Sahabat traveling ke luar negeri. Ingat, tak semua tempat punya WiFi dan baterai ponsel mu bisa saja habis, lho!

Baca juga : 7 Pantai di Padang Ini Wajib Masuk Daftar Liburan Sahabat

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku