Logo Daihatsu
Menu

Perhatikan Ini Saat Melakukan Perawatan Mobil di Atas 5 Tahun

Otomotif

2021-08-31

perawata mobil di atas 5 tahun

Perlu Anda ketahui, perawatan mobil setelah 5 tahun menjadi kewajiban Anda sebagai pemilik mobil pribadi Anda. Hal ini dilatarbelakangi kemungkinan besar bahwa beberapa komponen mungkin mengalami kerusakan. Ataupun sudah saatnya untuk dilakukan penggantian komponen yang baru demi menunjang performa kendaraan yang kembali optimal

Berikut Ini Perawatan Mobil Setelah 5 Tahun yang Wajib Anda Tahu

Komponen-komponen yang ada di dalam mobil Anda akan mengalami perubahan jika mengingat usia dan kinerjanya yang cukup lama. Oleh karena itu, penting adanya untuk melakukan perawatan mobil di atas 5 tahun pemakaian. Berikut ini telah kami rangkumkan beberapa pemeriksaan yang dapat Anda lakukan. 

1. Periksa kondisi ban mobil

Dalam pemakaian mobil selama 5 tahun ke atas, Anda sangat wajib untuk memeriksa secara rutin kondisi ban mobil Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat ketebalan ban pada indikator keausan alur telapak ban. Coba periksalah apakah ada keretakan, bagian yang terpotong, hingga kerusakan lainnya untuk menjaga Anda dalam insiden tertentu. 

2. Ganti oli mesin secara rutin

Oli mesin yang diganti secara rutin dapat mencegah kerusakan pada komponen tertentu yang ada di dalam mesin supaya mobil bisa dipakai dengan tahan lama dan nyaman.  Anda bisa memilih oli dengan kualitas dan spesifikasi bahan yang sesuai dengan mobil agar performanya semakin stabil dan membaik. 

3. Cek komponen pada kaki mobil

Seperti yang Anda tahu ada banyak komponen di kaki-kaki mobil seperti long tie rod, tie rod end, engine mounting, hingga shock absorder. Mengingat komponen-komponen ini seringkali seringkali bersentuhan langsung dengan aspal juga menahan beban yang berat maka penting adanya untuk melakukan perawatan khusus di area tersebut setelah 5 tahun ke atas. 

4. Perhatikan aki dan sistem perkabelan

Selanjutnya, memerhatikan aki menjadi poin yang penting setelah 5 tahun ke atas karena benda ini merupakan salah satu komponen yang rawan untuk timbul korosi hingga karat. Secara rutin, periksalah cairan baterai hingga kabel-kabel yang ada pada mobil Anda. Nah, untuk pemeriksaan kabelnya guna menghindari penurunan performa akibat tikus dan lainnya. 

5. Rutin memeriksa kondisi cairan

Kemudian, Anda bisa rutin untuk memeriksa kondisi cairan yang ada di dalam mobil setelah 5 tahun pemakaian. Cairan-cairan tersebut di antara lain ada minyak power steering, minyak rem, dan juga cairan tranmisi. Anda bisa melakukan penggantian sesuai rekomendasi bengkel resmi seperti Daihatsu kami. 

6. Cek lampu mobil

Terakhir, ada perawatan untuk lampu mobil Anda. Jangan lupa untuk selalu mengecek lampu-lampu terlebih setelah 5 tahun pemakaian mobil. Cek lampu bagian depan dan belakang apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. 

Hal tersebut penting adanya untuk menunjang kenyamanan Anda dalam berkendara karena sangat berkaitan dengan keamanan apabila Anda berkendara di malam hari. 

Nah, itulah tadi beberapa perawatan mobil setelah 5 tahun yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kinerja mesin dan performa mobil kesayangan Anda. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan secara rutin untuk memaksimalkan pemeriksaan yang optimal. 

Lalu, apa ada cara yang mudah untuk melakukan pemeriksaan mobil? Anda tidak perlu khawatir karena Daihatsu siap untuk melakukan pengecekan komponen mobil dan juga servis demi kenyamanan perjalanan Anda. Kami menyediakan jasa servis mobil dengan waktu yang fleksibel sehingga Anda bisa menghubungi kami sewaktu-waktu untuk memeriksa mobil Anda dengan segera. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bagi yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

2021-02-01

Seringkali orang-orang sulit membedakan ban tubeless dan biasa. Hal ini wajar karena kedua ban tersebut terlihat sama bila dilihat dari kejauhan. Pada artikel ini, kami

thumbnail

Beberapa Penyebab Air Radiator Keruh

2022-03-05

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada radiator mobil adalah adanya air radiator keruh. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang terkadang tak terdug