Tips Sahabat

Faktor-faktor Penyebab Radiator Mobil Mengalami Kebocoran

09 April 2025
Faktor-faktor Penyebab Radiator Mobil Mengalami Kebocoran

JAKARTA, Februari 2025, Saat berkendara dengan mobil kesayangan, Sahabat Daihatsu pasti terkaget-kaget melihat jarum amper temperatur mesin di panel spidometer melonjak naik. Biasanya itu tanda mesin mobil mengalami overheat, yang bisa terjadi karena beberapa hal. 

Salah satunya adalah karena radiator bocor. Lalu kenapa komponen vital dalam menyalurkan sekaligus melepas hawa panas bisa bocor? 

Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, berikut ini diantaranya.

Radiator Bocor Akibat Benda Asing

Pemilik kendaraan baru pasti tidak yakin radiator alami kebocoran melihat kondisi komponen masih bagus. Namun siapa sangka peranti yang posisinya di depan mesin dengan kisi-kisi atau grill terbuka rawan kena benda asing.

Risiko terkena batuan kerikil, hewan-hewan yang terbang atau bertabrakan dengan benda asing lainnya. Bukan tak mungkin kisi-kisi atau dinding radiator rusak dan akhirnya muncul kebocoran.

Baca Juga: Pahami Fungsi Air Radiator Pada Mobil dan Cara Kerjanya!

Usia Pakai Radiator Tergantung Perawatan

Semua komponen pada kendaraan memiliki usia pakai termasuk radiator. Namun jangkanya ditentukan dari perawatan. Kalau dirawat dengan baik bisa sampai 10 tahun. Namun jika tidak biasanya menginjak usia 5 tahun Radiator mulai bermasalah dan minta segera diservis atau diganti.

Peranti Pendukung Radiator Mulai Getas

Pemilik kendaraan yang masa pakai sudah mencapai 10 tahun lebih harus lebih waspada. Letak radiator yang berdekatan dengan mesin biasanya membuat komponen pendukungnya sangat mungkin mengalami kegetasan. Seperti selang radiator yang terbuat dari karet, bahkan tabung reservoir yang terbuat dari plastik. Kedua material ini jika sering kena panas terus-menerus dapat memicu keretakan, hingga akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator.

Saluran Radiator Tersumbat

Peringatan buat Sahabat Daihatsu yang terbiasa menggunakan air biasa ditambah nggak rajin memperhatikan kondisi air radiator. Jika sering diabaikan kelamaan akan muncul kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator. Ketika sudah terhambat, panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas radiator.

Baca Juga: Inilah Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas & Cara Mengatasinya

Sebaiknya dicek kondisinya tiap 30.000 km atau 40.000 km, supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya.

Tips Sahabat Lainnya
Jadwal SIM Keliling Solo dan Lokasi Terbaru 2024
Jadwal SIM Keliling Solo dan Lokasi Terbaru 2025
SIM Keliling Solo 2025 kembali dibuka di beberapa titik dari hari Senin sampai Minggu. Layanan ini beroperasi di tempat strategis yang berbeda-beda setiap harinya. Bagi yang ingin memperpanjang SIM A
Cara merawat mobil hybrid
Cara Merawat Mobil Hybrid, Biar Baterai dan Mesin Tetap Optimal!
Kini semakin banyak orang Indonesia yang mulai menggunakan mobil hybrid untuk kendaraan keluarga maupun mobilitas pribadi. Kombinasi antara tenaga listrik dan mesin bensin membuat mobil h
Cara Merawat Mobil Saat Cuaca Panas Ekstrem
Cara Merawat Mobil Saat Cuaca Panas Ekstrem agar Tetap Prima
Cuaca panas ekstrem bisa memengaruhi hampir seluruh komponen mobil, mulai dari mesin, ban, hingga sistem pendingin. Suhu tinggi bisa mempercepat penguapan cairan penting seperti oli dan coolant, bahka
perbandingan biaya servis mobil manual dan matic
Mobil Manual atau Matic? Ini Perbandingan Biaya Servisnya!
Banyak orang menganggap biaya servis mobil manual lebih terjangkau atau hemat dibandingkan mobil matic. Tapi kalau kita bandingkan secara lebih dalam, ternyata biaya servis bukan cuma soal je
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami