Logo Daihatsu
Menu

Inilah Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas & Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-01-06

Inilah Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas & Cara Mengatasinya

Memahami penyebab radiator mobil panas sejak dini dapat menghindarkan mesin mobil overheating. Keadaan mobil yang overheating atau terlalu panas berpotensi besar menyebabkan kebakaran mobil

Lantas bagaimana cara mengatasi apabila kondisi radiator mobil terlanjur panas? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Penyebab Radiator Mobil Panas dan Cara Mengatasinya

Radiator mobil bisa dibilang sebagai pendingin mesin agar suhu mesin tetap stabil dan tidak terlalu panas. Namun, pada kondisi tertentu, radiator mobil bisa saja tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Akibatnya komponen tersebut cepat panas dan perlu segera ditangani agar tidak menimbulkan masalah lain seperti mobil terbakar. Berikut penyebab dan cara mengatasi radiator mobil yang sedang panas.

1. Adanya kebocoran pada bagian radiator atau selang radiator mobil

Radiator mobil yang cepat panas, dapat terjadi akibat adanya kebocoran pada bagian selang radiator ataupun radiator mobil. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Kemudian Anda cek pada bagian bawah depan mobil atau bumper mobil untuk memastikan adanya kebocoran. Jika bocor, biasanya di bagian tersebut terdapat tetesan air radiator. 

Selain itu, Anda bisa melihat apakah ada korosi atau karat di area sekitar radiator. Jika ada, segera lakukan penggantian selang radiator atau komponen radiator mobil dengan bantuan mekanik ahli di bengkel ahli terdekat.

Baca Juga : Kenali Bahaya dan Pencegahan Radiator Mobil Bocor

2. Adanya sumbatan pada aliran sirkulasi air radiator

Sirkulasi air radiator yang tersumbat oleh kotoran atau karat pada bagian kisi-kisi radiator dan water pump juga dapat menyebabkan radiator mobil cepat panas. Hal tersebut terjadi karena pertukaran udara di dalam radiator tidak maksimal sehingga suhu panas di dalam mesin tidak dapat dikeluarkan dengan baik. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan water coolant yang tepat agar water pump tidak mudah berkarat. Rajin membersihkan bagian kisi-kisi radiator, dan mengganti bagian fan belt yang sudah aus agar sirkulasi air radiator dapat bekerja secara optimal.

3. Kipas pendingin radiator mati atau terbalik

Kipas pendingin radiator yang mati, serta pemasangan kipas radiator yang terbalik juga dapat menyebabkan radiator mobil cepat panas. Untuk menghindari hal tersebut, Anda cukup memperhatikan posisi pemasangan kipas radiator yang tepat. Apabila kipas pendingin radiator telah mati, segera ganti dengan komponen yang baru. 

4. Penggunaan cairan radiator tidak sesuai dengan spesifikasi radiator

Penggunaan cairan radiator tidak boleh sembarangan, karena justru akan merusak radiator mobil. Misalnya, Anda menggunakan air mineral sebagai cairan radiator, maka akibatnya radiator mobil akan cepat rusak bagian selang radiator dan water pump akan mudah kotor dan berkarat. 

Banyaknya kotoran dan karat yang mengendap di dalam radiator diakibatkan oleh reaksi kimia antara kandungan mineral, logam, dan kandungan lainnya dengan permukaan komponen radiator. Sebaiknya, Anda gunakan coolant atau cairan khusus untuk pengisian radiator untuk menghindari endapan kotoran, kerak ataupun kerusakan pada radiator.

5. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil

Setiap mobil yang dipasarkan tentu sudah memiliki standar bahan bakar masing-masing. Apabila mobil menggunakan bahan bakar di bawah standar oktan yang ditentukan maka menyebabkan radiator mobil cepat panas. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa melakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan spesifikasi oktan yang dibutuhkan mobil Anda.

6. Penggunaan oli yang kurang tepat

Penggunaan oli juga berpengaruh terhadap kondisi suhu radiator mobil. Apabila Anda menggunakan oli berkualitas rendah maka bisa dipastikan dapat membuat putaran mesin menjadi berat. Kondisi tersebut dapat membuat radiator mobil cepat overheating. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda cukup mengganti oli Anda dengan oli yang berkualitas seperti Daihatsu Genuine Oil. Untuk mendapatkannya Anda cukup membelinya di dealer Daihatsu terdekat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berikut Penyebab Mobil Susah Hidup Di Pagi Hari

2021-01-14

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memanaskan mobil sebelum melaju di jalanan. Namun kadang kala mesin kendaraan tidak mau menyala secara langsung. 

thumbnail

Aki Kering vs Basah Bagus Mana? Berikut Penjelasannya

2021-01-05

Aki kering vs basah bagus mana adalah pertanyaan yang lazim ada di benak pemilik mobil. Terutama, saat hendak mempertimbangkan jenis aki mana yang bakal dipakai.

thumbnail

Cara Membaca Avometer dengan Benar

2021-01-04

Avometer termasuk salah satu perangkat yang membantu Anda mengetahui besaran listrik yang ada pada rangkaian baik arus, tegangan, maupun nilai hambatan. 

thumbnail

Begini Cara Memperbaiki ISC Mobil yang Rusak

2020-10-31

ISC atau Idle Speed Control merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dalam pengaturan putaran idling, namun sayangnya ISC justru rentan mengalami