Logo Daihatsu
Menu

Tips Menghindari Kebakaran Mobil

Otomotif

2022-05-13

Menghindari Kebakaran Mobil

Sudah banyak kasus kebakaran mobil yang bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun. Mobil tidak bisa langsung terbakar tanpa adanya pemicu. Biasanya penyebab kebakaran yang sering terjadi karena korsleting yang menimbulkan percikan api dan menyentuh permukaan yang mudah terbakar.

Menghindari kebakaran mobil memang perlu dilakukan agar Anda lebih sigap untuk mengatasi kondisi seperti ini. Mobil yang terbakar pasti akan merugikan Anda. Tidak hanya kehilangan mobil kesayangan, namun juga bisa membakar area sekitar mobil.

5 Tips Menghindari Kebakaran Mobil

Jangan sampai kasus kebakaran mobil bisa terjadi pada Anda. Lebih baik mencegah terjadinya kebakaran mobil sebelum hal ini terjadi pada Anda. Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mencegah terjadinya mobil yang terbakar.

1. Jangan Menyimpan Barang Mudah Terbakar Di Dalam Mobil

Tidak sedikit kasus terbakarnya mobil dikarenakan pengendara menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil. Barang yang mudah terbakar bisa seperti parfum cair, korek api gas, thinner, bensin dan masih banyak lagi.

Barang tersebut memang mengandung bahan aktif, yang apabila diletakkan di dalam ruangan tertutup dengan suhu udara tinggi dapat memicu timbulnya api. Bahkan ponsel yang dicharge juga bisa saja menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Ini bisa terjadi karena panas yang ditimbulkan dari ponsel dapat memicu permukaan kain atau plastik terbakar.

2. Cek Oli Mesin Mobil

Oli pada mobil bisa saja mengalami kebocoran. Cairan oli yang menetes dapat terbakar apabila mengenai bidang panas seperti pipa knalpot. Akibatnya, cairan oli ini bisa menjadi pemicu mobil Anda bisa terbakar. Apalagi jika Anda tidak rutin mengganti oli, maka senyawa kimia oli bisa berubah.

Perubahan senyawa oli bisa membuat mesin menjadi cepat panas, komponennya aus dan dapat menimbulkan kebakaran. Selalu pastikan oli pada mobil Anda tidak mengalami kebocoran, jika terdapat bocor segera perbaiki. Ini dilakukan agar tidak terjadi kebakaran dan dapat menjaga performa mobil Anda.

3. Jangan Parkir Dekat Sumber Api

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menghindari kebakaran mobil yaitu jangan parkir di tempat yang dekat sumber api. Tidak sedikit masyarakat yang asal parkir tanpa memperhatikan keadaan sekitar. Jika hal ini dilakukan, dapat memicu terjadinya mobil terbakar. 

Bisa saja parkir di area yang dekat dengan pembakaran sampah. Mungkin saja bara api sisa pembakaran terbang dan mengenai bagian mobil yang rentan terbakar. Mesin mobil yang masih panas juga memiliki resiko terbakar jika percikan api.

4. Panel Indikator Jangan Diabaikan

Panel indikator memiliki peran penting sebagai penanda adanya masalah pada mobil. Seperti saat ada indikator suhu mesin naik, berarti terdapat masalah pada bagian mesin mobil Anda. Apabila terdapat masalah tertentu, Anda harus segera mengeceknya agar tidak menyebabkan mobil kesayangan Anda terbakar.

5. Pasangkan Alat Pemadam Api Ringan

Pastikan Anda memasang alat pemadam api ringan atau APAR di dalam kabin mobil. Adanya alat ini berfungsi sebagai upaya untuk memadamkan mobil saat terbakar. Anda bisa memasangkan alat ini dengan bantuan teknisi yang handal, jangan lupa juga untuk mempelajari bagaimana cara mengoperasikan alat tersebut.

Baca Juga:  Penyebab Terjadinya Kebakaran Saat Modifikasi Audio Mobil

Beberapa tips menghindari kebakaran mobil di atas memang sudah seharusnya Anda lakukan mulai dari sekarang. Jangan sampai mobil terbakar karena kelalaian Anda. Pastikan untuk selalu melakukan service mobil secara rutin agar mendapatkan mobil dengan performa terbaik. Anda bisa mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya hanya disini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Baterai Kendaraan Soak? Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

2022-05-13

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, pastinya tidak ingin memiliki masalah terhadap kendaraan kesayangannya. Apalagi ketika kendaraan tak bisa distarter sebagaimana bia

thumbnail
New

Ini Bonus dan Aksesoris Ketika Beli Mobil Baru

2022-05-13

Dealer akan memberi bonus hadiah berupa aksesoris bila Sahabat membeli mobil baru. Bonus aksesoris mobil baru ini bisa berupa barang-barang yang bermanfaat dalam penggun

thumbnail
New

Efek Negatif Membersihkan Kaca Mobil dengan Air Keras

2022-05-13

Eksterior mobil merupakan bagian yang paling sering ditempeli kotoran. Jika tidak dibersihkan secara rutin, bisa mengganggu aktivitas berkendara. Kaca mobil adalah salah satu bagian yang pastinya a

thumbnail
New

Manfaat Menyalakan Wiper Baru Saat Kondisi Kaca Mobil Kering

2022-05-13

Menyalakan wiper baru pada kondisi kaca kering ternyata memiliki banyak manfaat. Meski lebih banyak yang mengatakan bahwa tidak boleh menyalakan wiper saat