Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Terjadinya Kebakaran Saat Modifikasi Audio Mobil

Otomotif

2022-04-12

Kebakaran Modifikasi Audio

Sebagian dari Anda pasti merasa tidak puas dengan sistem audio bawaan mobil Anda, bukan? Bahkan ada yang menganggap sistem audio bawaan pada mobil cenderung biasa dan tidak memiliki fitur tambahan yang diinginkan. Apakah Anda juga demikian?

Nah, hal inilah yang mendorong pemilik mobil melakukan modifikasi audio untuk menambah fitur sistem audio pada mobilnya. Akan tetapi, Anda juga perlu waspada karena hal ini bisa menyebabkan kebakaran modifikasi audio yang dilakukan. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Kebakaran Modifikasi Audio Mobil

Saat memilih tempat modifikasi audio mobil, pastikan Anda mempercayakannya di tempat modifikasi terbaik dan terpercaya untuk menghindari berbagai hal buruk, seperti halnya kebakaran.

Risiko kebakaran memang suatu hal yang sangat ditakutkan saat modifikasi sistem audio pada mobil karena hal ini berkaitan dengan sistem kelistrikan yang sensitif. Maka, berikut adalah beberapa penyebab terjadinya kebakaran saat modifikasi audio mobil :

1. Pemilihan aksesori yang kurang sesuai

Setiap modifikasi mobil, tentu Anda akan memilih aksesori tambahan untuk menambah fitur dan kualitas mobil Anda, termasuk pada pada modifikasi sistem audio mobil.

Akan tetapi banyak yang menjual produk aftermarket yang tidak memperhatikan standar sehingga bisa merugikan Anda sebagai pemilik mobil. Jadi, Anda tidak boleh mudah tergiur dengan harga yang murah sebelum mengetahui bagaimana kualitasnya.

Jadi, perhatikan spesifikasi aksesoris sistem audio yang sesuai dengan mobil Anda untuk menghindari dampak buruknya.

2. Kesalahan instalasi dan jenis kabel yang digunakan

Penyebab pertama yang bisa menjadi pemicu kebakaran modifikasi audio adalah karena kesalahan instalasi dan jenis kabel yang digunakan.

Arus listrik pada mobil hanya membutuhkan 12 volt, akan tetapi memiliki 50 ampere atau lebih. Jika pemilihan ukuran kabel untuk power amplifier yang tidak tepat, maka bisa membahayakan mobil Anda.

Saat arus listrik lewat dan ukuran kabel yang terlalu kecil justru bisa membuatnya lebih cepat panas sampai akhirnya logam kabel akan menjadi terbakar.

3. Tidak menggunakan sekring tambahan

Penyebab lain terjadinya kebakaran saat modifikasi audio adalah karena tidak menggunakan sekring tambahan saat pemasangan amplifier. Terkadang banyak teknisi yang memasangnya hanya di aki sementara di amplifier tidak diberi tambahan karena sudah ada.

Jadi sebelum masuk amplifier harus ada sekring lagi, jadi harus ada 2 sebagai pengaman. Adanya tambahan sekring ini untuk mengamankan power dan menghindari konsleting kelistrikan pada mobil Anda.

4. Kurang memperhatikan pemasangan kabel

Untuk mencegah korsleting dan kebakaran pada mobil saat modifikasi audio, maka teknisi juga harus memperhatikan pemasangan kabel yang digunakan.

Ada kalanya memasang speaker kemudian langsung diskrup dengan pelat, padahal hal ini tidak seharusnya dilakukan. Hal ini dikarenakan adanya ground looping atau semacam listrik statis.

Saat ada grounding akan ada statis sehingga bisa mengakibatkan suara jelek hingga korsleting.

Selanjutnya, pemasangan kabel juga tidak disarankan menggunakan isolasi karena hal ini hanya bertahan sebentar sekitar 1 bulan saja. Jadi, pastikan bahwa teknisinya menggunakan selang bakar untuk hal ini.

Service di Bengkel Daihatsu, Semua Masalah Teratasi!

Untuk mengembalikan kualitas mobil Anda, maka sebaiknya Anda bisa melakukan perawatan mobil di bengkel Daihatsu yang ada di kota Anda.

Saat ini Anda bisa menikmati layanan service dan perawatan mobil Daihatsu Anda melalui aplikasi Daihatsu Owner’s Manual, lho!

Melalui aplikasi ini, Anda akan dimudahkan untuk melakukan tips dan berbagai prosedur dalam pengaturan mobil Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan dan seharusnya tidak dilakukan dalam merawat mobil.

Jika terjadi kendala, pastikan Anda segera datang ke bengkel Daihatsu untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengembalikan performa mobil Anda.

Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Daihatsu Owner’s Manual melalui App Store atau Google Play sekarang juga. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya dengan mengunjungi website resmi Daihatsu!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Oli Power Steering Bocor dan Cara Mengatasinya

2022-04-12

Pernahkah Anda menemukan tetesan oli di bawah mobil yang tidak berhenti mengucur? Kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya karena oli pada powe

thumbnail

3 Cara Memperbaiki Rem ABS Mobil & Penyebabnya

2022-04-12

Perawatan rem ABS pada mobil harus dilakukan secara berkala untuk menghindari kerusakan. Jika sistem rem tidak berfungsi, sebetulnya cara memperbaiki rem ABS mobil sangatlah mudah.

thumbnail

Begini Tips Memilih Oli Mobil Matic Terbaik

2022-04-12

Pelumas mesin atau oli sangat dibutuhkan oleh semua jenis mobil, baik matic maupun manual. Tanpa adanya pelumas, mesin akan mengalami gesekan, yang memungkinkan terjadin