Logo Daihatsu
Menu

Alasan Radiator Mobil Bocor Harus Ganti Baru, Bukan Diperbaiki

Otomotif

2022-05-06

radiator mobil bocor

Radiator pada mobil memiliki fungsi yang sangat penting. Apabila radiator mengalami kerusakan, sudah bisa dipastikan kinerja mobil menjadi kurang maksimal. Bahkan jika kerusakan semakin parah bisa saja merusak komponen mobil yang lainnya.

Salah satu kerusakan yang bisa saja terjadi berupa radiator mobil bocor. Kebocoran seperti ini bisa terjadi karena berbagai hal. Biasanya radiator terbuat dari bahan aluminium, sehingga memungkinkan mengalai kebocoran akibat retak atau robek.

Radiator Mobil Bocor?  Lebih Baik Diganti Baru Saja

Fungsi dari radiator mobil adalah sebagai sistem pendinginan bagi mesin. Mobil yang berjalan akan membuat mesin ikut bekerja dan bisa meningkatkan temperatur mesinnya. Apabila tidak ada radiator, maka mesin mobil bisa mengalami overheat. Keadaaan dimana mesin mobil memiliki tingkat suhu yang panas.

Adanya air radiator ini bisa berguna untuk menyerap panas pada mesin. nantinya saat air radiator menjadi panas, maka air radiator akan mengalirkan ke radiator. Kemudian didinginkan kembali sebelum dikirim ke mesin mobil. Namun jika radiator mobil bocor, maka air radiator akan berkurang dan mesin bisa kekurangan cairan pendingin.

Inilah yang menjadi penyebab mesin mengalami overheat. Pada umumnya radiator yang mengalami kebocoran terjadi pada upper atau lower tank dan kisi-kisi jalur pada air radiator. Apabila terjadi kebocoran seperti ini, biasanya Anda akan bingung memilih radiator diganti yang baru atau diperbaiki saja.

Alternatif yang lebih murah untuk mengatasi kebocoran pada radiator adalah dengan melakukan perbaikan. Namun perlu Anda ketahui bahwa proses perbaikan radiator yang bocor ini bisa saja tidak bertahan lama. Bahkan bisa saja justru mengalami kerusakkan yang semakin parah.

Keadaan tersebut bisa terjadi jika radiator mobil Anda diperbaiki oleh orang yang kurang pengalaman.  Ini bisa terjadi karena untuk memperbaiki radiator yang mengalami kebocoran dilakukan dengan dilas. Jika dilas, memungkinkan akan terjadi kebocoran pada bagian yang ada di dekatnya.

Selain itu, perbedaan bahan aluminum ini juga bisa menjadi penyebabnya. Pada saat melakukan pengelasan, maka bahan tersebut belum tentu menyatu dengan sempurna. kondisi seperti inilah yang bisa membuat kerusakan radiator bisa menjadi semakin parah. Sudah pasti Anda akan merugi dengan merogoh kocek kembali untuk memperbaikinya.

Untuk memperbaiki radiator memang perlu ditambal dan bisa saja menyebabkan kisi kisi ada jalur air menjadi tertutup. Akan lebih baik jika Anda langsung mengganti radiator yang baru. Radiator yang baru tentunya bisa bekerja secara maksimal dan mesin mobil tidak lagi mengalami overheat.

Mengganti radiator dengan yang baru memang diperlukan mengeluarkan biaya tertentu dan lebih mahal dibandingkan memperbaiki radiator. Namun lebih baik sekali mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan radiator baru yang justru lebih awet.

Pada saat Anda sudah mengganti radiator yang baru, sudah seharusnya dirawat dengan baik agar tidak lagi mengalami kebocoran. Untuk merawat radiator Anda, sebaiknya rutin mengganti air radiator setiap 20.000 km.

Mengganti air radiator secara rutin ini bisa membuat tangki menjadi bersih dan tidak  berkarat. Penyebab radiator mobil bocor salah satunya adalah karena terdapat karat. Untuk itu rawatlah radiator dengan baik agar kasus kebocoran seperti ini tidak lagi terjadi pada Anda.

Jangan lupa untuk melakukan servis secara rutin di dealer Daihatsu terdekat. Dapatkan juga informasi menarik dan terupdate seputar otomotif lainnya melalui website Daihatsu.co.id.

 Baca terus tulisan-tulisan kami tentang otomotif dan aksesorisnya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Tips Modifikasi Xenia Agar Terlihat Sporty

2022-05-06

Terkenal sebagai mobil sejuta umat karena bisa ditemukan di mana-mana, beberapa pemilik melakukan modifikasi Xenia sport agar tampak berbeda. Anda juga

thumbnail
New

Tips Memilih Cover Mobil yang Tidak Merusak Cat

2022-05-06

Cover mobil yang tidak merusak cat merupakan dambaan bagi banyak pemilik mobil. Memilih cover mobil yang pas memang tidak mudah. Selain melihat dari sisi harga, merek, d

thumbnail
New

Komponen Propeller Shaft - Mengenal Fungsi dan Cara Kerjanya

2022-05-06

Dalam mengemudi kendaraan roda empat, terdapat komponen utama yang digunakan untuk meneruskan tenaga atau memindahkan putaran mesin melalui transmisi ke gardan. 

thumbnail
New

Jenis Karpet Mobil, Fungsi, dan Tips Memilihnya

2022-05-06

Karpet mobil merupakan salah satu barang yang kerap kali kita jumpai di interior mobil. Kegunaan karpet mobil ini selain untuk menjaga agar bagian bawah mobil tidak terg