Logo Daihatsu
Menu

Alasan Mengapa Saat Mengganti Fan Belt Ukurannya Harus Sama

Otomotif

2022-02-28

ganti fan belt ukuran harus sama

Fan belt merupakan komponen yang cukup penting pada mobil karena keberadaannya berhubungan langsung dengan beberapa komponen sekaligus seperti kompresor AC dan hidrolik power steering. Untuk itu penting  bagi Anda untuk ganti fan belt ukuran harus sama.

Hal ini karena fan belt berfungsi untuk memindahkan tenaga dari crankshaft menuju poros penggerak. Jika Anda mengabaikan hal ini maka bisa berpengaruh terhadap komponen lainnya dalam mobil Anda.

Mengapa Ganti Fan Belt Harus dengan Ukuran yang Sama?

Setiap tipe mobil memiliki fan belt memiliki jumlah yang berbeda-beda. Ada mobil yang hanya menggunakan satu fan belt, bahkan ada juga yang menggunakan tiga fan belt sekaligus.

Fan belt terbuat dari karet khusus yang bertugas untuk meneruskan putaran mesin ke komponen lainnya. Seiring dengan pemakaiannya, maka fan belt juga perlu diganti dengan yang baru.

Jika fan belt Anda mulai terlihat kendur dan tidak terpasang dengan baik, maka sebaiknya Anda tidak menggunakannya lagi karena bisa membuat ritmenya tidak sesuai dengan timing yang seharusnya. Saat timingnya tidak tepat juga akan berpengaruh terhadap kinerja komponen mesin lainnya.

Jika tidak segera diganti, maka risiko putus di tengah jalan pun bisa saja terjadi. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk mengganti fan belt yang sudah tidak layak dipakai.

Dalam mengganti fan belt pun juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena fan belt mobil harus diganti dengan ukuran yang sama, baik dimensi maupun ukuran panjangnya.

Mengapa demikian? Hal ini karena jika salah tipe fan belt yang digunakan, maka fan belt tidak bisa dipasang atau terlalu panjang. Jangan dipaksakan untuk dipasang jika kurang sesuai karena bisa saja fan belt itu akan terlepas dari pulley atau bahkan terputus.

Pemasangan fan belt juga penting untuk diperhatikan karena komponen ini tidak boleh disetel terlalu kendor atau terlalu panjang mengingat betapa pentingnya komponen ini untuk putaran mesin Anda.

Ciri Fan Belt yang Harus Segera Diganti

Lalu pada kondisi seperti apa Anda harus mengganti fan belt pada mobil Anda? Nah, ada beberapa ciri yang menandakan bahwa Anda harus segera mengganti komponen ini. Simak penjelasannya berikut ini!

1.        Retak dan kendur

Ciri pertama yang menandakan kondisi fan belt Anda dalam kondisi yang tidak baik adalah saat mulai retak dan mengendur. Fan belt yang rusak akan terlihat kendur dan tidak terpasang dengan benar.

Jika hal ini terjadi maka ritmenya tidak akan sesuai dengan timing yang seharusnya dan dapat berpengaruh terhadap kinerja komponen mesin lainnya.

2.   Gerigi fan belt mulai aus

Ciri selanjutnya adalah gerigi fan belt sudah mulai aus. Hal ini tampak pada permukaannya yang bergerigi tampak hilang atau aus, maka Anda harus segera melakukan penggantian fan belt. Jika gerigi mulai aus, maka daya cengkram fan belt juga bisa menurun.

3.  Fan belt mulai berdecit

Selain dengan mengenali ciri fisiknya, maka ciri yang satu ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda harus mengganti fan belt Anda sesegera mungkin. Jika fan belt mulai mengeluarkan suara berdecit saat mesin mobil dihidupkan, maka Anda bisa memeriksa apakah beltnya sudah aus atau sistem pengencangannya yang bermasalah.

Baca Juga:  Tips dan Trik Mengatasi Mabuk AC Mobil

Penyetelan fan belt memang harus dilakukan dengan tepat dan teliti untuk memastikannya terpasang pada pulley dan memastikan kekencangannya.

Akan tetapi jika komponen ini dipasang terlalu kencang juga bisa membuatnya mudah rusak, sedangkan jika dipasang kendur akan membuatnya berfungsi kurang efektif pada mobil Anda.

Nah, untuk mengatasi permasalahan ini terjadi pada mobil Anda, maka akan lebih baik jika Anda mendatangi bengkel resmi Daihatsu terdekat di kota Anda.

Melalui kami di Daihatsu, Anda bisa menikmati layanan service terbaik dari mekanik professional kami. Dapatkan berbagai sparepart terlengkap untuk semua tipe mobil Daihatsu Anda dengan kualitas yang tinggi.

Nikmati layanan fasilitas booking service yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan service tanpa harus antri berjam-jam.  

Jadi, tunggu apa lagi? Cukup dengan mengunjungi laman kami dilaman berikut untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Menghasilkan Setelan Kopling Mobil yang Benar

2022-02-28

Menentukan setelan kopling mobil yang benar adalah hal yang ga

thumbnail

Torsi Mobil 101: Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Tenaga Mobil

2022-02-28

Ketika Sahabat membaca review sebuah mobil, pasti Sahabat akan mendengar istilah torsi. Lantas, apa torsi itu sendiri? Bagi Sahabat yang belum tahu, jangan khawatir. Di

thumbnail

Cara Memasang Thermostat pada Mobil dengan Benar

2022-02-28

Mobil memiliki sistem mesin yang begitu kompleks, di mana pada mesin tersebut terdiri atas berbagai komponen yang saling berkaitan satu sama lain. 

thumbnail

Alasan Kenapa Harus Pilih Jok Mobil yang Nyaman

2022-02-28

Sahabat pasti tahu dong Jok yang ada didalam mobil nggak mungkin sebuah mobil tanpa dilengkapi dengan Jok. Jok mobil ini sangat penting ada didalam mobil tentunya. Selain hanya untuk duduk si penge