Logo Daihatsu
Menu

Tanda-tanda Ban Mobil Harus Ganti Baru

Otomotif

2022-06-29

Tanda Ban Mobil Harus Ganti Baru

Ban mobil yang menjadi tumpuan mobil untuk bisa meluncur dengan baik di jalanan adalah salah satu bagian mobil yang harus rutin diperhatikan kondisinya. Dikarenakan ia terbuat dari karet, maka ia rentan mengalami aus karena sering bergesekan dengan aspal.

Untuk itulah, supaya Anda bisa berkendara dalam keadaan aman dan nyaman, Anda perlu mengetahui keadaan ban. Jika ban semakin susah untuk dikendalikan, maka bisa jadi itu adalah tanda ban mobil harus ganti baru. Berikut kami sampaikan beberapa tanda untuk ganti ban mobil.

Tanda Ban Mobil Harus Ganti Baru

Tersesat di hutan belantara saat Anda berkendara untuk kabur sejenak dari kebisingan perkotaan adalah mimpi buruk yang tidak menyenangkan.

Ditambah dengan kenyataan, ban mobil yang terlalu halus sehingga perjalanan harus dihentikan karena ban menjadi mudah tergelincir saat menjumpai jalan setelah diguyur air hujan. Keduanya merupakan paket kombo untuk membuat Anda bagai makhluk paling tidak beruntung saat itu.

Untuk itulah, para mekanik senantiasa mendorong supaya melakukan pengecekan secara berkala untuk semua komponen mobil sebelum memutuskan untuk mengembara dengan sang kuda besi.

Nah, untuk menghindari episode yang tidak menyenangkan saat berkendara, maka Anda bisa melihat tanda-tanda ban mobil yang sudah saatnya untuk diganti. Perhatikan penjelasan di bawah ya!

1. Terdapat Keretakan Pada Ban

Keretakan yang dimaksud adalah keretakan yang terlalu nampak. Misalnya saja jika roda mobil tidak sengaja menggilas benda tajam yang akhirnya ban koyak. Inilah tanda yang paling mudah untuk dijadikan alasan untuk ganti ban baru.

2. Benjolan Pada Pinggiran Ban

Ada kalanya ban mengalami penggelembungan karena efek berkendara di medan berat. Penggelembungan atau benjolan ini, jika tidak diseriusi dapat menyebabkan ledakan which is sangat berbahaya bagi Anda maupun pengguna jalan lainnya.

Sederhananya, saat ban meletup secara tiba-tiba saat Anda asik berkendara maka dapat mengganggu keseimbangan Anda dalam berkendara. Untuk itulah, saat ban kempes atau ban bocor Anda sudah harus segera mencari bengkel terdekat untuk memompa atau menambal ban.

3. Usia Ban Terlalu Tua

Ada yang mengatakan bahwa batas maksimal penggunaan ban adalah 3 tahun, tapi ada juga yang mengatakan 6 tahun. Tapi yang jelas, jika umur ban mobil sudah tahunan maka Anda sudah harus lebih mawas untuk sering mengecek kondisi ban.

4. Batas Jarak Terlampaui

Biasanya batas jarak maksimal saat ban sudah waktunya diganti adalah sejauh 40.000 KM. Jadi setelah menempuh perjalanan sejauh itu, ketebalan ban menjadi menipis sehingga cengkramannya akan berkurang.

5. Traksi Tidak Memuaskan

Jika Anda kebetulan berkendara di medan licin, maka ban akan menjadi sangat krusial. Ban yang masih dalam kondisi prima akan lebih tajam dan tidak mudah tergelincir.

Berbeda untuk kondisi ban yang sudah tua dan gundul, maka dapat dipastikan perjalanan Anda akan menjadi lebih mendebarkan daripada biasanya. Nah saat inilah waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil.

6. Perjalanan Terasa Tidak Stabil

Saat Anda kesulitan mengendalikan mobil, mungkin salah satu penyebabnya adalah ban yang bermasalah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan getaran yang tidak diperlukan dan akhirnya mengganggu kenyamanan berkendara.

Dari yang telah dipaparkan di atas, ada beberapa tanda lain yang bisa dicermati. Sebut saja ban mengalami keretakan, ban yang sudah terlalu sering ditambal, kembang ban terangkat dan sebagainya.

Jadi itulah tadi beberapa tanda untuk mengenali ban mobil yang sudah waktunya untuk diganti. Jika Anda ingin lebih aman dan terhindar dari all the hassle, kunjungi saja dealer Daihatsu terdekat untuk pengecekan secara menyeluruh.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengintip Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Aki Menyala

2022-06-29

Bagi pemilik mobil, tentu sudah tidak asing lagi dengan panel speedometer. Pada panel tersebut terdapat lampu battery aki yang merupakan indikator pengisian kelistrikan

thumbnail

Ketahui, Ini 4 Ciri Aki Mobil Tidak Mengisi

2022-06-29

Kendaraan roda empat merupakan transportasi pribadi yang memiliki banyak komponen di dalamnya. Sama dengan jenis kendaraan lainnya, mobil juga bisa berpotensi mengalami

thumbnail

Cara Perbaiki Velg Mobil Penyok dan Harus Segera Ditangani

2022-06-29

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang setiap komponennya harus diperhatikan dengan baik. Tidak hanya untuk kenyamanan berkendara, komponen-komponen mobil juga perlu

thumbnail

5 Cara Membersihkan Radiator Mobil agar Senantiasa Awet Tahan Lama

2022-06-29

Pada sebuah mobil, radiator berperan penting sebagai unit penstabil suhu di dalamnya. Inilah mengapa bagian yang satu ini harus senantiasa dirawat dan dibersihkan. Cara