Logo Daihatsu
Menu

Tips Liburan dengan Mobil Xenia

Brand

2021-11-10

Tips Liburan dengan mobil Xenia

Jika Anda pengguna mobil Xenia dan ingin melakukan perjalanan ke daerah pegunungan yang menyenangkan. Anda tentu harus mengetahui tips liburan dengan mobil Xenia, agar liburan semakin aman dan menyenangkan.

Daerah pegunungan dikenal sebagai wilayah yang memiliki jalan berkelok-kelok, dan banyak tanjakan yang mungkin bisa menjadi ancaman untuk pengemudi dan penumpang. Untuk itu perhatikan beberapa hal berikut khususnya pengguna mobil Xenia agar perjalanan Anda lancar, simak artikel berikut!

Tips Liburan dengan Mobil Xenia di Daerah Pegunungan

Jalanan di daerah pegunungan dapat menimbulkan beban tambahan untuk beberapa komponen mobil. Jika Anda berkendara di jalur pegunungan, mesin mobil harus bekerja lebih ekstra karena akan melewati berbagai tanjakan dan belokan tersebut.

Untuk itu, kami berikan beberapa tips untuk berkendara di wilayah pegunungan khususnya pengguna mobil Xenia.

1. Persiapan diri

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan fit dan sehat. Berkendara di wilayah pegunungan akan memerlukan tenaga dan konsentrasi yang ekstra karena medan jalan yang ditempuh tidak terlalu mudah.

2. Periksa Kondisi Kendaraan 

Selanjutnya, periksalah mobil Xenia Anda dari mulai tekanan ban, kondisi aki mobil, kapasitas air, oli serta radiator mobil. Selalu pastikan mobil dalam keadaan prima. 

Apabila belum yakin dengan kondisi mobil Anda, bawalah ke bengkel resmi untuk pemeriksaan komponen-komponen mobil agar lebih baik. Jangan lupa, selalu pastikan mobil Anda terisi bensin penuh, karena bisa saja di daerah pegunungan SPBU tidak mudah ditemukan dan penjual bensin berada di tempat-tempat terpencil.

3. Pastikan terdapat peralatan darurat di mobil Anda

Tips Liburan selanjutnya yakni pastikan Anda memiliki peralatan darurat di mobil. Sebut saja ban serep dan kuncinya, obeng, dongkrak, senter, kunci inggris dan segitiga pengaman.

Sebagai keamanan di perjalanan, Anda juga perlu mengetahui letak semua peralatan tersebut. Baik pengendara pria atau wanita, akan lebih baik jika mengetahui cara mengganti ban dan beberapa teknis mobil lainnya. Keahlian tersebut bisa saja diperlukan sewaktu-waktu.

4. Gunakan Gigi rendah saat menanjak

Ketika akan mulai menanjak, pastikan sebelumnya Anda memposisikan di posisi gigi rendah, agar mobil dalam torsi dan tenaga yang optimal. Perhatikan juga temperatur mesin, jika indikator suhu mendekati batas bahaya, hentikan mobil ditempat yang aman untuk mengistirahatkan mesin.

5. Manfaatkan engine brake

Untuk membuat mobil Anda berjalan di turunan,  pakailah sedikit putaran mesin serta manfaatkan gravitasi. Jangan terlalu kencang, hal itu bisa membuat Anda kesulitan mengendalikan mobil.

Untuk mengatur kecepatan mobil saat turun, jangan terlalu mengendalikan rem, namun manfaatkan engine brake dengan cara memindahkan gigi ke posisi yang lebih rendah.

6. Jangan menikung dengan kencang

Kurangi kecepatan sebelum Anda memasuki tikungan tajam dan jangan berbelok terlalu kencang. Wilayah pegunungan memiliki banyak tikungan dan seringkali tidak memiliki area untuk menghindar bagi pengemudi dari arah yang berlawanan.

Ketika Anda mengambil tikungan, tetaplah berada di jalur Anda. Usahakan jangan mengambil posisi tengah atau mengambil jalur mobil berlawanan. Saat menikung, posisi terbaik adalah sisi luar jalur untuk memberi ruang menghindar jika mobil dari arah yang berlawanan dengan cepat memasuki area tikungan.

7. Mengantisipasi kabut dan hujan

Memang menyetir dalam kondisi kabut dan hujan lebih sulit, apalagi jika perjalanan di wilayah pegunungan. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah kurangi kecepatan mobil, kemudian nyalakan lampu mobil depan agar kondisi jalan terlihat dengan jelas.

Ingat dalam kondisi ini pastikan selalu berkemudi dengan pelan karena kondisi jalanan sedang licin.

Baca juga: Ide Liburan Bersama Teman

Itulah beberapa tips untuk liburan ke pegunungan yang perlu Anda perhatikan. Menggunakan Daihatsu Xenia sebagai kendaraan liburan menjadi pilihan yang tepat karena mobil ini lebih irit bahan bakar serta memiliki ruang gerak yang cukup luas.

Itulah tips liburan dengan mobil Xenia yang bisa Anda terapkan. Utamakanlah kesehatan dan keselamatan ketika akan memulai perjalanan ya!


Tag

Brand

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berkendara Bersama Keluarga Nyaman Pakai Daihatsu Xenia

2020-11-25

Dalam perkembanganya, peta kekuatan di dunia otomotif senantiasa mengalami perubahan. Bila beberapa tahun lalu mobil jenis sedan menguasai pasar dan jalanan Indonesia, l

thumbnail

Apa Itu DNGA dan Sudah Diterapkan di Produk Daihatsu Mana Saja?

2021-10-28

Daihatsu sebagai salah satu produsen otomotif dari Jepang yang telah lama merambah pasar Indonesia selalu melakukan inovasi. Saat ini perusahaan ini telah mengembangkan

thumbnail

Inilah Perbedaan Daihatsu Rocky 1.0 dan 1.2 Beserta Penjelasannya!

2021-08-31

Mobil Daihatsu Rocky 2021 yang baru saja rilis tahun ini di Indonesia, hadir kembali dengan tipe baru. Setelah mengha

thumbnail

Alasan Xenia Sangat Cocok Jadi Mobil Keluarga Indonesia

2021-10-28

Xenia merupakan mobil unggul pabrikan Daihatsu jenis Multi Purpose Vehicle atau MPV, yang termasuk sebagai salah satu mobil terlaris di tanah air. Mobil Xenia bagi kelua