Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Makan Sehat untuk Anak yang Bisa Diterapkan di Rumah
11 Februari 2021
makanan sehat anak

Agar anak terbiasa makan sehat di rumah, Sahabat mesti menerapkan tips makan sehat untuk anak. Selain bikin anak terbiasa makan sehat di rumah, tips tersebut juga bisa membuat anak tahu kalau makan bukan hanya sekadar kegiatan untuk mengenyangkan perut. Tetapi, juga kegiatan yang bisa bikin tubuh tetap sehat dan kuat.

Pada artikel ini, kami akan membagikan tips tersebut kepada Sahabat. Adapun tips yang dimaksud adalah:

Memberi Pengetahuan Soal Makan Sehat

Sebelum anak bisa makan secara sehat, Sahabat mesti memberitahu mereka pengetahuan soal makan sehat. Pengetahuan yang bisa diberikan sendiri meliputi jenis makanan apa saja yang mesti dimakan, serta nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh anak. Pastikan untuk menyampaikan pengetahuan-pengetahuan tersebut secara menyenangkan, agar anak-anak tidak merasa bosan dan lebih mudah untuk memahaminya.

Berikan Contoh Langsung

Selain memberi pengetahuan, Sahabat juga mesti memberi contoh langsung pada anak Sahabat. Memberi contoh langsung bisa membuat Sahabat makin paham seperti apa makan sehat itu.

Sahabat bisa melakukannya dengan makan langsung di depan anak Sahabat. Saat melakukan hal tersebut, pastikan makanan yang Sahabat santap merupakan makanan sehat dengan porsi pas. Tunjukan ekspresi antusias saat menyantap makanan sehat tersebut, agar anak-anak semakin tertarik untuk menirunya.

Bangun Suasana yang Nyaman

Saat anak Sahabat mulai makan sehat sendiri, pastikan Sahabat untuk bisa menciptakan suasana yang nyaman. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Sahabat bisa menciptakan suasana yang nyaman. Mulai dari menyediakan ruang makan yang bersih dan nyaman, hingga menyajikan makanan sehat yang variatif.

Khusus untuk makanan, Sahabat bisa mengkombinasikannya dengan makanan kesukaan anak Sahabat. Sekalipun makanan tersebut bukanlah makanan sehat. Hal itu dilakukan agar anak semakin tertarik untuk makan makanan sehat. Namun, perlu diingat, kalau makanan kesukaan anak baru boleh Sahabat berikan kepada mereka, setelah mereka selesai menyantap makanan sehat yang Sahabat sajikan.

Simpan Makanan Enak Kesukaan Anak di Tempat Tersembunyi

Agar anak tidak tergoda untuk menyantap makanan enak sembarangan, Sahabat mesti menyimpan makanan tersebut di tempat yang tersembunyi. Sebagai gantinya, Sahabat bisa menempatkan makanan sehat di tempat yang strategis.

Berikan Apresiasi

Jika anak Sahabat berhasil menerapkan makan sehat, maka jangan dibiarkan saja. Berikan dia apresiasi, agar anak senang dan makin termotivasi. Apreasiasi yang diberikan bisa apa saja. Entah dengan mengajak mereka jalan-jalan, atau memberikan makanan enak kesukaannya dalam porsi wajar.

Tetap Bersabar dan Jangan Menyerah

Menerapkan makan sehat untuk anak tidaklah mudah. Ada beberapa momen yang mungkin bikin Sahabat kesal dan menyerah. Namun, kami sarankan Sahabat untuk bersabar dan tidak menyerah.

Jangan terlalu mudah untuk mengikuti tuntutan anak untuk menyantap makanan enak. Secara jangka pendek, hal itu mungkin bikin anak tidak ngamuk lagi. 

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku