Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Membeli Mobil Baru Secara CASH
03 Agustus 2020
mobil baru

Ada dua cara untuk membeli mobil yakni secara tunai atau cash maupun secara kredit. Metode pembelian cash atau tunai dinilai lebih menguntungkan dari nilai ekonomi karena memang biaya akhir mobil menjadi lebih murah ketimbang kredit. Untuk itu ketahui tips membeli mobil baru secara cash berikut agar Sahabat tidak sampai keliru. 

Perbedaan utama antara membeli mobil secara tunai dan kredit adalah pada kredit Sahabat perlu melakukan simulasi kredit mobil terlebih dahulu. Simulasi kredit berguna untuk memberi Sahabat gambaran mengenai besaran biaya yang harus Kamu keluarkan. Sementara pada pembelian secara tunai maka Kamu tidak perlu memikirkan simulasi. 

Pilih Mobil yang Dibutuhkan dan Cek Budget Sahabat

Langkah pertama yang harus Sahabat tempuh tentu saja memilih mobil sesuai dengan yang Kamu butuhkan serta anggaran yang Anda miliki. Cek spesifikasi mobil sesuai dengan yang Sahabat butuhkan kemudian sesuaikan dengan anggaran yang Kamu miliki. 

Misalnya saja Sahabat ingin membeli mobil untuk kebutuhan keluarga, maka sebaiknya pilih mobil berjenis MPV (multi - purpose vehicle) karena ukuran kabinnya yang lebih luas. Selain itu, mobil berjenis MPV dapat mengangkut hingga kurang lebih 8 orang sehingga cocok untuk keluarga besar. Untuk kisaran harga mobil MPV adalah Rp 200 jutaan tergantung dari spesifikasi dan merknya. 

Jika Sahabat tidak mampu untuk membayar tunai, maka Kamu bisa memilih metode kredit dengan melakukan simulasi kredit mobil terlebih dahulu. Simulasi juga bisa Kamu lakukan langsung di lembaga leasing atau dealer.

Survey Harga Mobil di Semua Dealer

Sahabat tentu menginginkan mobil dengan harga penawaran terbaik dari diller bukan? Untuk itu sebaiknya Sahabat melakukan survey ke berbagai dealer yang ada di kota Kamu untuk melihat dealer mana yang menawarkan harga terbaik. Jika ingin membeli kredit maka tanyakan mengenai simulasi kredit mobil. 

Selain mengecek ke berbagai dealer untuk melihat mana yang menawarkan harga terbaik, Sahabat juga sebaiknya mengecek fasilitas apa yang bisa Kamu peroleh dari dealer tersebut. Pada dealer tertentu biasanya menawarkan fasilitas berupa gratis service hingga beberapa km penggunaan mobil. Selain itu, dealer juga umumnya menawarkan bonus aksesoris tambahan kepada Sahabat yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Tanya Biaya Booking Fee

Pembelian mobil secara tunai mengharuskan Kamu untuk memberikan sejumlah biaya awal atau disebut sebagai booking fee. Booking fee berperan sebagai tanda jadi pembelian mobil sehingga pihak dealer bisa langsung memproses pesanan Sahabat. Kisaran biaya booking fee sendiri berbeda-beda antara satu dealer dengan dealer lainnya. 

Umumnya, biaya booking fee berkisar antara Rp 1 sampai 5 jutaan. Saat melakukan pembayaran booking fee, Kamu bisa sekalian bernegosiasi terkait tambahan bonus aksesoris yang bisa diperoleh. Terkadang Sahabat juga bisa bernegosiasi potongan harga mobil. 

Ketahui Apa Itu Surat Pemesanan Kendaraan

Surat Pemesanan Kendaraan atau SPK merupakan surat yang akan Sahabat peroleh setelah Kamu membayar sejumlah biaya booking fee. Di dalam SPK ini akan tertera sejumlah informasi terkait kendaraan yang Sahabat beli seperti:

  1. Tanggal Kamu memesan kendaraan, tanggal ini akan sesuai dengan tanggal pembayaran booking fee
  2. Harga mobil disesuaikan dengan harga saat deal
  3. Warna mobil
  4. Aksesoris yang akan diperoleh

Kendaraan roda empat atau mobil pribadi kini banyak diidam-idamkan oleh keluarga Indonesia karena kelebihannya yang dapat mengangkut lebih banyak orang dalam satu waktu. Lakukan tips membeli mobil baru secara cash di atas agar Sahabat tetap untung saat bertransaksi.

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku