Logo Daihatsu
Menu

Tips Membersihkan Serbuk Putih pada Terminal Aki

Otomotif

2022-05-22

Serbuk Putih Terminal Aki

Aki merupakan salah satu komponen penting dalam mesin mobil. Yang mana memiliki fungsi utama untuk menyuplai daya listrik pada komponen - komponen mesin yang ada di dalam mobil. Tapi bagaimana jika terdapat serbuk putih terminal aki pada mobil Anda?

Serbuk berwarna putih yang muncul pada kepala aki tepatnya pada kutub positif, biasanya terjadi karena beberapa hal. Yang mana bukan masalah besar jika tidak dibersihkan. Tapi, jika Anda biarkan terlalu lama, bisa berdampak pada usia pemakaian aki. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Cara Membersihkan Serbuk Putih Terminal Aki dengan Tepat!

Serbuk putih yang ada di kepala aki mobil merupakan jamur yang muncul akibat terjadinya alternator overcharge yang dapat menyebabkan panas berlebih pada kutub positif. Selain itu juga bisa terjadi karena longgarnya penjepit kutub positif dan negatif dari aki.

Bisa juga dikarenakan volume air aki yang melebihi batas upper level. Untuk membersihkan serbuk putih tersebut cukup mudah dan tidak menguras banyak tenaga. Berikut ini ulasannya!

Siapkan Alat dan Bahan Untuk Membersihkan

Pertama, Anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk membersihkan serbuk tersebut. Bahan pertama yang perlu Anda siapkan ialah air panas dengan suhu minimal 70 derajat Celcius. Air ini berguna untuk mempermudah menghilangkan serbuk putih, tetapi Anda harus memperhatikan lagi, karena bahan tatakan aki biasanya terbuat dari plastik.

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan sikat gigi sebagai alat untuk membersihkan kerak jamur. Anda juga harus menyiapkan kunci pas atau kunci ring ataupun kunci nomor 10 untuk melepas aki dari mesin mobil.

Siapkan pula grease atau gemuk sebagai bahan pelumas untuk mempermudah pemasangan tiang aki mobil dan pelepasannya. Terakhir siapkan kain lap yang kering dan bersih. Yang mana berfungsi untuk mengelap cairan - cairan yang menetes atau terjatuh ke bagian yang tidak dikehendaki.

Cari Dampak Melepas Aki Mobil

Setelah menyiapkan bahan dan alat, Anda bisa mencari referensi mengenai dampak melepas aki pada mobil. Proses pembersihan yang dilakukan memerlukan waktu yang tidak sebentar, jadi sangat penting untuk mengetahui hal ini terlebih dulu.

Jika sudah yakin aman untuk mesin mobil, Anda bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Lepaskan Kutub Negatif dan Positif pada Aki

Fungsi melepas kutub pada aki ini ialah untuk mempermudah pembersihan agar bisa lebih menyeluruh. Tetapi sangat perlu kehati-hatian yang ekstra dalam mengeluarkan aki dari mesin mobil ya.

Tuangkan Air Panas

Air panas yang tadinya sudah Anda siapkan, bisa langsung dituangkan pada kutub positif dan negatif dari aki mobil yang sudah dilepas dengan perlahan dan hati - hati.

Gosok Perlahan Menggunakan Sikat Gigi

Sikat gigi yang tadinya sudah disiapkan bisa Anda gunakan untuk menggosok perlahan aki mobil yang sudah dituangi air panas. Dengan alat ini, Anda bisa lebih mudah menjangkau celah - celah sempit pada bagian aki.

Berikan Grease atau Gemuk

Sebenarnya cara di atas sudah sangat efektif dan bisa memperlama usia aki. Tapi, Anda bisa memberikan sedikit grease agar tidak mudah timbul serbuk putih lagi. Dan Anda bisa memasang kembali aki seperti semula.

Service Rutin di Bengkel Resmi Daihatsu Untuk Hindari Serbuk Putih Terminal Aki!

Service rutin sangat penting untuk perawatan mobil. Selain untuk menjaga performa, juga untuk menghindari serbuk putih terminal aki yang akan muncul. Anda bisa mempercayakannya pada bengkel resmi Daihatsu yang sudah terbukti berkualitas dan terpercaya.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi website resmi Daihatsu untuk mendapatkan beragam informasi menarik. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website kami dan dapatkan service terbaik dari bengkel Daihatsu sekarang juga!


Tag

Otomotif

Share This