Logo Daihatsu
Menu

Tips Untuk Pengemudi Saat Menjumpai Truk Kontainer Sedang Belok

Otomotif

2021-11-20

Menjumpai Truk Kontainer Belok

Ukuran truk kontainer yang besar dengan bobot sangat berat tentunya, pasti bisa membuat Anda merasa was-was. Terutama saat kendaraan ini bermanuver. Oleh karena itu, ketahui tips saat menjumpai truk kontainer belok.

Dengan begitu, akan meminimalisir terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi truk kontainer memang membutuhkan banyak ruang untuk bergerak. Pengendara di dekatnya pun harus lebih berhati-hati.

Tips Saat Menjumpai Truk Kontainer Belok

Ukuran bak truk kontainer bisa mencapai 7-9,5 meter dengan lebar 2,5 meter dan tinggi 1,8 meter. Sedangkan, daya angkutnya sekitar 25 sampai 30 ton. Dengan berat tersebut, tentu saja bukan tandingan kendaraan lainnya.

Apalagi supir truk ini terkadang kurang leluasa melihat spion, sehingga tidak melihat kendaraan di belakangnya. Jadi, sebaiknya Anda yang mengalah saat berada di dekatnya. Berikut ini tips ketika menjumpai truk kontainer belok.

Menjauh

Jika Anda melihat sebuah truk kontainer hendak berbelok, sebaliknya jaga jarak yang aman. Sebab, jika terlalu dekat kemungkinan akan terjadi senggolan, terutama jika hanya mengendarai sepeda motor.

Namun, jika Anda sedang terburu-buru, maka sebaiknya jangan menyalip saat berada di tikungan. Hal itu bisa lebih rawan terhadap kecelakaan. Jika sudah berada di jalan yang aman, maka bisa mendahului dengan beberapa ketentuan.

Pertama, pastikan dahulu arus jalan, baik itu yang searah atau berlawanan. Jika sedang banyak kendaraan yang lalu lalang khususnya di arah berlawanan, maka jangan memaksa mendahului.

Mengingat truk kontainer memiliki ukuran yang cukup panjang. Jadi, dikhawatirkan tidak cukup waktu untuk mendahului. Selanjutnya, memberikan tanda dengan cara membunyikan klakson.

Jika sopir truk tidak mendengar kode tersebut dan tetap mempercepat tempo lajunya. Langkah yang paling aman adalah mengalah dan tidak mendahului truk. Hal ini lebih aman terhadap keselamatan nyawa.

Berhenti

Tips yang kedua saat menjumpai truk kontainer belok adalah berhenti. Biasanya, truk kontainer akan membutuhkan waktu cukup lama untuk bermanuver. Hal itu karena harus menyesuaikan panjang dan beratnya.

Apalagi jika berbelok di tikungan yang sempit. Jadi, Anda sebaiknya memilih berhenti meskipun terburu-buru. Daripada memaksakan diri, akhirnya kecelakan terjadi dan nyawa tidak tertolong.

Namun, jika posisi Anda sedang berada di depan truk, maka jangan berhenti mendadak. Jadi, tetap stabilkan saja lajunya atau memberi tanda terlebih dahulu jika ingin berhenti.

Tidak Perlu Canggung Saat Menjumpai Truk Kontainer Belok

Jika Anda sedang berdekatan dengan truk kontainer, tetap fokus berkendara. Jangan sampai terlalu canggung dan berpikiran hal-hal negatif. Hal itu bisa membuat hilang kendali, sehingga tidak mampu berkendara dengan baik.

Cukup lebih hati-hati dan memberikan ruang aman kepada truk kontainer. Dengan begitu, truk bisa bermanuver dengan aman dan keselamatan Anda juga terjamin.

Jangan Mendahului dari Arah Kiri

Mendahului dari arah kanan saja sebaiknya tidak dilakukan jika bukan keadaan mendesak. Apalagi jika sampai mendahului dari arah kiri yang jalurnya lebih sempit. Hal itu bisa menimbulkan risiko kecelakaan yang besar.

Bukan hanya bisa terjadi kecelakaan untuk Anda sendiri, tetapi juga pada pengendara lain. Terlebih lagi bagian kiri termasuk bahu jalan yang tidak diperkenankan untuk menyalip.

Perhatikan Kinerja Mobil

Tips yang terakhir adalah memperhatikan kinerja mobil. Pastikan kondisi kendaraan prima dan stabil, sehingga akan lebih aman. Maka dari itu, sebaiknya lakukan servis secara berkala untuk selalu memantau kondisi mobil.

Mobil Daihatsu memiliki teknologi keamanan yang canggih, bahkan belum ada di jenis lainnya. Jadi, bisa memilih mobil jenis ini jika ingin keamanan Anda lebih terjamin. Terutama saat menjumpai truk kontainer belok.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Rem Tangan Mobil Macet dan Cara Mengatasinya

2020-12-08

Rem tangan mobil adalah bagian yang cukup penting dari sebuah mobil. Dimana tanpa bagian tersebut, sistem pengereman mobil tidak akan terjadi secara maksimal. Bahkan rem

thumbnail

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

2021-08-08

Para pengendara mobil di luar sana disarankan untuk membeli asuransi untuk kendaraan mereka. Jika Anda ingin membeli asuransi kendaraan mobil, pastikan untuk memilih yan

thumbnail

Nama Komponen Mesin Mobil, Fungsi dan Gambarnya Lengkap!

2023-07-30

Paham akan nama komponen mesin mobil dan gambarnya dapat menguntungkan. Seperti diketahui, mesin mobil merupakan penentu pengoptimalan performa mobil dan kenyamanan

thumbnail

Kenali Penyebab Rusaknya AC Mobil

2020-12-04

Apakah kini ada Sahabat yang mau berpanas-panasan di dalam mobil? Bermandikan keringat akibat udara yang membuat gerah. Apalagi kalau jalanan sedang macet.