Logo Daihatsu
Menu

Transformasi Mobil SUV Daihatsu Terios dari Masa ke Masa

Otomotif

2020-11-22

mobil suv daihatsu

Segmen mobil Sport Utility Vehicle atau biasa disebut SUV makin diminati. Apalagi sudah banyak mobil-mobil SUV keren dengan harga terjangkau. Nggak sedikit masyarakat kini mulai beralih ke mobil SUV untuk mendukung mobilitas harian. 

Kalau Sahabat lagi naksir mobil SUV, tak ada salahnya jika memasukkan mobil SUV Daihatsu ke dalam pilihan. Mobil SUV Daihatsu yang paling terkenal adalah Daihatsu Terios. 

Terios tergolong sebagai mobil small SUV yang diluncurkan hasil kolaborasi antara dua pabrikan mobil asal Jepang yaitu Toyota dan Daihatsu. Kolaborasi ini melahirkan dua mobil SUV Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Kalau dilihat tampilannya kedua mobil tersebut terbilang mirip. Nggak heran kalau banyak yang menyebutnya si kembar. 

Melirik historinya, Daihatsu Terios kali pertama diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2006. Terios sendiri memiliki arti "membuat mimpi jadi kenyataan", karena itulah Daihatsu mengembangkan kendaraan ini untuk jadi yang terdepan di kelasnya. 

Kelahiran Daihatsu Terios bertepatan dengan akhirnya era Daihatsu Taruna. Jadi bisa dibilang, mobil ini adalah penerus Taruna dalam lini model Daihatsu di Tanah Air. 

Terios merupakan sebuah SUV kompak dengan tampilan gagah dan harga yang terjangkau. Saat itu Daihatsu dan Toyota juga berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan Indonesia yang menginginkan SUV dengan harga terjangkau biar bisa bersanding dengan mobil keluarga sejuta umat, Xenia dan Avanza. 

Daihatsu Terios seolah jadi jawaban bagi pencinta otomotif yang butuh kendaraan tangguh. Mobil ini bisa jadi kendaraan yang menunjang mobilitas harian, menampung banyak penumpang dan tahan di segala medan. 

Rancangan Daihatsu Terios 

Rancangan Daihatsu Terios mengadopsi model Daihatsu Be-Go yang sebelumnya rilis di Jepang dan sudah diekspor ke negara-negara Eropa, Timur Tengah, Amerika Selatan hingga Asia. 

Perbedaannya dapat terihat dari desain body yang 14 centimeter lebih panjang dan memiliki kapasitas penumpang lebih banyak, yaitu 7 orang. Bentuknya juga melansir sebuah SUV kompak dan memiliki kabin luas dan ideal jika dikendarai bersama keluarga. 

Awalnys, Daihatsu Terios hadir dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc, dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan matic empat percepatan. Hasilnya mobil SUV garapan pabrik asal Jepang ini mampu berlari maksimal 109 Ps/6000 rpm dan torsi sebesar 14.4 kgm / 4400 rpm. 

Bahkan, urusan konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit berkat teknologi EFI atau Electronic Fuel Injection. Hal itulah yang menjadi salah satu kelebihan Daihatsu Terios. 

Ada tiga varian Daihatsu Terios yang dipasarkan di Indonesia, yaitu TX A/T, TX M/T dan TS. Untuk tipe TS kemudian digolongkan menjadi Standar dan Standar plus Extra. 

Tipe TX pun dipilah lagi dengan kategori Elegant, Standar dan Adventure yang  terbagi dengan transmisi manual serta otomatis. 

New Daihatsu Terios 2010

Sukses membawa perubahan di kelas SUV Tanah Air. Daihatsu makin menyempurnakan mobil ini dengan kehadiran New Daihatsu Terios pada 2010. Perbedaan paling signifikan bisa terlihat dari desain dan tampilannya yang lebih stylish dan adventure. 

Pada bagian depan untuk front grille dan bumper depan dibuat lebih kokoh serta aerodinamis. Di bagian samping, menggunakan velg baru yang membuatnya lebih trendy. Sementara di bagian belakang, bumper mendapat revisi desain dan dilengkapi dengan reflektor yang lebih terang dan lampu belakang dengan tipe clear lens. 

Penyempurnaan di bagian interior membuatnya tampak lebih sporty. Beberapa fitur pun ditambahkan biar pengguna makin nyaman saat berkendara. Sebut saja tampilan dashboardnya yang makin mewah dengan integrated head unit yang menyatu dengan center meter cluster, serta penambahan tombol audio pada stir sampai Electronic Power Steering (EPS). 

Lalu kursi pengemudi dapat diatur posisi dan ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh, serta pengaplikasian fitur 1-touch tumble, sehingga akses keluar masuk penumpang baris ketiga jadi lebih mudah. Pembenahan ADM pda suspensinya juga menyempurnakan karakteristik coil spring serta shock absorbernya sehingga membuat penumpang lebih nyaman. 

Saat itu, varian yang diluncurkan masih sama yaitu 4 pilihan factory standard, TS M/T, TS A/T, TX M/T dan TX A/T. Namun dengan 6 pilihan warna yaitu Midnight Black, Classic Silver, Sand Gold, Royal Red, Icy White dan Noble Grey.

Daihatsu New Terios 2013 

Seiring tuntutan pasar, Daihatsu menambah fitur keamanan mulai dari pretensioner and force limiter seat belt, dual airbag, sandaran kepala dan seat belt untuk 7 penumpangnya. AC double blower dan cabin air filter juga disematkan. 

Khusus tipe TX A/T dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) yang memungkinkan pengemudi mengendalikan kendaraan meski dalam kondisi pengereman mendadak.

Terios pada 2010 ini juga mengalami penambahan fasilitas entertainment yang mumpuni. Semua tipe TX dilengkapi dengan touch screen integrated 2 DIN Audio dengan DVD, CD, MP3, USB port GPS dan aux. Sedangkan pada interior dan eksterior juga mengalami sedikit penyegaran yang membuat Terios ini menjadi lebih sporty dan tangguh.

Penyegaran di sisi eksterior Daihatsu new Terios yang turut dirombak dengan perubahan pada front dan rear bumper guard, over fender dan side stone guard. Sementara pada edisi tertinggi TX telah dilengkapi, rear spoiler, spare wheel cover, dan spion retractable.

New Daihatsu Terios 2015 dan 2017 

Dua tahun berselang, Daihatsu Terios mengalami perubahan yang cukup signifikan di tahun 2015. Bagian yang paling terlihat adalah soal eksterior dan interiornya.

Di periode ini, New Terios tersedia dalam varian manual dan matic dengan lima pilihan warna yaitu hitam, putih, silver, abu-abu, dan merah. 

Lampu mobil saat itu menggunakan LED di bagian depan dan belakang. Salah satu fitur penting lain yang disematkan adalah Window Jam Protection yang berfungsi dapat melindungi risiko pengemudi agar tidak terjepit kaca pintu mobil.

Sementara agar Terios tidak bisa dibongkar oleh maling, Daihatsu memasang immobilizer. Sehingga mesin mobil tak bisa menyala tanpa ada kunci aslinya. 

Kemudian untuk fitur keamanan lainnya adalah Side Impact Beam, batangan baja yang tertanam di bagian samping mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan yang berasal dari samping.

Di penghujung 2017, lahir generasi terbaru Terios yang bentuknya berubah total tanpa ban serep belakang. Desain ini sempat menuai kontroversi karena dinilai menghilangkan kesan SUV yang sporty. Namun sebenarnya, Terios keluaran 2017 lebih terlihat mewah dan modern karena ada perubahan pada gril dan bumper. Lampu belakang juga lebih sipit mengikuti mobil-mobil kekinian pada waktu itu. 

Sementara pada bagian atap, sudah menggunakan shark fin antena (sirip hiu) sehingga penampilannya kini semakin modern. Padahal, sebelumnya Daihatsu masih menyematkan antena biasa. 

Sedangkan pada fitur-fitur unggulannya juga sudah goes to digital dan dilengkapi fitur safety riding seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) pada varian tertinggi.

Daihatsu Terios generasi kedua ini juga dibekali mesin generasi baru yaitu 2NR-VE 1.500. Mesin itu dikenal irit, namun tetap memiliki performa yang optimal. Daihatsu Terios generasi dua tersedia dalam dua pilihan tipe, yaitu 1.5 X, 1.5 X Deluxe, 1.5 R dan 1.5 R Deluxe. 

All New Daihatsu Terios 2020 

Terios generasi pertama punya ciri khas ban serep yang digantung pada pintu belakang. Desainnya terkesan sporty dan maskulin. Masuk ke generasi kedua, desain berubah total lebih modern dengan memindahkan ban serep jadi di bawah bagasi belakang. 

Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Daihatsu Terios memiliki perubahan desain yang drastis. Bentuknya lebih aerodinamis, tak ada lagi desain kaku dan kotak seperti model lama. 

New front aero kit pada skid plate membuat tampilan All New Terios lebih kokoh, serta desain chrome  pada foglamp menjadikan tampilannya lebih mewah. New sold roof rail juga melengkapi tampilan luar yang menyesuaikan dengan tren otomotif kekinian. Pada bagian belakang, ada rear bumper dengan silver skid plate yang tampil lebih kokoh dan disertai two tone color. 

Buka tutup bagasinya juga diubah jadi ke atas. Untuk dimensi mobil turut dirombak jadi lebih panjang 50 mm dari model sebelumnya dan ground clearance naik jadi 220 mm. 

Dapur pacu All New Terios mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 13,9 Kg.m pada 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan tersebut dikolaborasikan dengan transmisi manual 5 percepatan dan matic  4 percepatan, serta penggerak roda belakang. Hal itu membuatnya cukup tangguh melaju di pegunungan bahkan jalan yang tidak rata. 

Dengan desain yang lebih aerodinamis, Daihatsu Terios 2020 kini seolah jadi mobil SUV-nya masyarakat perkotaan!

Penulis: Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Velg Mobil Penyok, Lebih Baik Diperbaiki atau Beli Baru?

2021-03-02

Saat mobil sedang melaju kencang dan tidak sengaja menghantam lubang, ada resiko velg mobil jadi rusak. Entah itu peyang, retak, atau pecah. Jadi, sebenarnya mana yang l

thumbnail

Lokasi Parkir Termahal di Jakarta dan Tarifnya Terbaru 2023

2023-11-17

Mengetahui lokasi parkir termahal di Jakarta 2023 beserta tarif terbarunya sangatlah diperlukan. Pasalanya pihak Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kenaikan tarif

thumbnail

Gejala Awal Engine Mounting Bermasalah

2022-02-21

Komponen mesin mobil yang mengalami kerusakan sudah pasti akan menurunkan kinerjanya. Hal ini juga bisa saja menghambat aktivitas keseharian. Untuk itu Anda perlu melaku

thumbnail

Kekurangan Pakai Ban Mobil Profil Tipis

2022-01-10

Modifikasi mobil kesayangan hingga tampil unik dan mengesankan, bukanlah sesuatu hal yang dilarang. Salah satu area modifikasi yang sering pemilik lakukan adalah dengan