Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Wajib Lakukan Hal Ini saat Mobil Mogok di Jalan Tol: Tidak Perlu Panik!
29 Mei 2021
mobil mogok di tol

Mengendarai mobil sendiri memang memudahkan kita untuk selalu bergerak bebas tanpa bergantung pada orang lain. Terlebih, ketika kegiatan banyak di luar bahkan sering keluar kota. Namun, seberapa sering pun kita berkendara, pasti akan merasa panik saat mobil mogok di jalan tol, bukan?

Jika hal itu terjadi, nomor satu yang harus Sahabat lakukan adalah jangan panik! Meskipun keadaan jalan tol saat itu sedang ramai, tetapi jangan panik. Rasa panik justru akan memperkeruh suasana dan kita tidak bisa berpikir dengan tenang untuk mencari jalan keluarnya.

Saat Sahabat bisa menguasai sikap sendiri, hal-hal yang wajib Sahabat lakukan saat mobil mogok di jalan tol adalah sebagai berikut.

Tepikan Mobil ke Bahu Jalan

Jika memungkinkan, menepikan mobil ke bahu jalan adalah hal wajib yang harus dilakukan saat mogok di mana pun berada. Tujuannya adalah supaya tidak mengganggu lalu lintas yang ada.

Dengan ditepikan ke bahu jalan, Sahabat juga akan lebih aman dari laju kendaraan lain sehingga risiko tertabrak dan terserempet akan terminimalisir.

Nyalakan Lampu Hazard

Saat mobil sudah ditepikan, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard ya, Sahabat. Kedipan lampu hazard akan memberikan tanda kepada pengendara lain bahwa di depan ada mobil yang tengah terparkir sehingga mereka akan lebih berhati-hati dalam melintas.

Jangan Menunggu di Dalam Mobil

Saat mobil sudah terhasil ditepikan dan lampu hazard juga sudah dinyalakan, yang harus Sahabat lakukan selanjutnya adalah jangan menunggu di dalam mobil. Ini menjadi hal yang wajib Sahabat lakukan demi keselamatan.

Alasan pelarangan pengemudi untuk menunggu di dalam mobil saat mobil mogok adalah kita tidak tahu apa yang menyebabkan mobil mengalami kemogokan. Bisa saja karena mesinnya yang mengalami korsleting dan akan lebih parah ke depannya sehingga bisa berbahaya saat pengemudi tetap menunggu di dalam.

Hubungi Derek Resmi Jasa Marga dan Abaikan Derek Liar!

Hubungi 14080 sebagai nomor resmi jasa derek dari jasa marga. Jangan asal pesan jasa derek, apalagi melayani penawaran jasa derek liar di jalanan. Itu akan berbahaya karena tidak memiliki perlindungan apa pun.

Jadi, demi menghindari hal yang bisa membahayakan Sahabat lainnya, lebih baik menggunakan jasa yang sudah resmi di bawah pemerintah dan memiliki tingkat perlindungan tinggi.

Jasa derek resmi tersebut tidak dikenakan biaya apa pun jika memang mogok di jalan tol. Nantinya, mobil Sahabat akan diderek ke pintu tol terdekat. Selanjutnya, saat Sahabat ingin minta diantar ke bengkel langsung, biaya akan dikenakan.

Tarif Pemakaian Jasa Derek atas Permintaan Pengendara

Biaya jasa derek atas permintaan langsung pengendara ke tempat yang diinginkan diatur oleh peraturan pemerintah sehingga tidak bisa diubah semena-mena oleh jasa derek.

Jika mobil Sahabat berupa mobil sedan hingga jeep, biaya derek adalah Rp20.000 per 10 kilometer. Jika jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp35.000 lalu Rp10.000 setiap 5 kilometer berikutnya.

Berapa Lama Mobil Derek akan Datang?

Ketika Sahabat sudah menghubungi nomor resmi jasa marga, yang perlu Sahabat lakukan adalah menunggu. Sedikit memakan waktu tunggu, terlebih jika memang lokasi cukup jauh dengan keadaan lalu lintas yang padat.

Pihak jasa marga menyebutkan bahwa mobil derek akan datang kurang lebih 30 menit setelah dihubungi. Nantinya petugas akan membantu menderek mobil sesuai dengan protokol supaya lalu lintas tetap berjalan dengan baik dan mobil Sahabat juga bisa diselamatkan dengan aman.

Itulah hal-hal yang wajib Sahabat lakukan saat mobil mogok di jalan tol. Jadi, tidak perlu panik ya, Sahabat, karena semuanya sudah memiliki aturan tersendiri dan kita termudahkan dengan layanan yang tersedia.

Akan tetapi, untuk keperluan pencegahan supaya tidak terulang lagi, kita memang harus rajin mengecek keadaan kendaraan supaya merasa lebih aman. Selalu berhati-hati dalam berkendara ya, Sahabat!

Daihatsu Rocky merupakan mobil keluaran terbaru dengan standar keamanan terkini Jepang. Mobil ini dirilis publik di Indonesia pada April 2021 dan bisa dipesan dengan mudah. Bagi anda yang tertarik dengan Rocky, anda bisa mengisi form untuk mendownload brosurnya. 

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku