Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ketahui Penyebab Naiknya Temperatur Mobil Kamu!
08 November 2018
temperatur mobil naik

Temperatur mobil adalah keadaan suhu mesin pada mobil. Dengan melihat pada indikator suhu, Sahabat bisa mengetahui penurunan, penaikan, bahkan kestabilan temperatur mobil. Seringkali, tanpa kamu duga, temperatur mobil Sahabat bisa naik secara tiba-tiba. Apa, sih penyebab naiknya temperatur mobil? Bagaimana cara mengatasinya?

Kondisi Radiator

Kondisi radiator yang tidak baik bisa mengakibatkan temperatur mobil menjadi panas. Kondisi radiator yang tidak baik, misalnya, keadaan bocor atau tersumbat. Selang yang terhubung dengan radiator, apabila bocor, macet, dan berkerak, juga bisa mengakibatkan naiknya temperatur mobil. Nah, kondisi radiator juga dipengaruhi oleh air radiator yang Sahabat gunakan. Banyak orang yang mengganti cairan radiator dengan air sumur, air tanah, dan air mineral biasa. Ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang memicu penyumbatan sehingga mesin berpotensi untuk cepat panas.

Selain itu, naiknya temperatur juga dipicu oleh kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik. Kipas radiator yang macet, melemah, switching yang rusak, dan bahkan mati bisa berbahaya bagi keadaan suhu mobil Sahabat.

Kualitas Oli

Ternyata, kualitas oli juga dapat mempengaruhi temperatur mobil. Oli yang bermutu rendah tidak akan tahan terhadap panas mesin mobil sehingga oli akan menguap. Kemudian, menguapnya oli mengakibatkan mobil kehilangan intensitas pelumas dan komponen yang bergesekan akan menimbulkan panas yang berlebihan. Tidak hanya itu, bukan hanya kualitas oli saja yang perlu diperhatikan. Kebocoran pada wadah dan selang oli juga bisa mengakibatkan mengurangnya oli secara drastis.

V-Belt atau Tali Kipas

V-belt atau tali kipas pada mobil pun mempunyai peran penting untuk menjaga keadaan temperatur mobil. Jika tali kipas tidak bekerja dengan maksimal, panas mobil akan susah direduksi. Lalu, apa akibat dari naiknya temperatur mobil? Beberapa komponen mobil, seperti kop silinder bisa bengkok, piston berpotensi macet, serta bantalan mesin dan silinder mesin dapat jadi cacat. Selain itu, freon AC juga bisa-bisa terkuras habis karena suhu mobil yang terlampau panas.

Jangan khawatir, Sahabat. Kamu bisa menerapkan beberapa langkah untuk mengatasi naiknya temperatur mobil. Untuk mengatasi radiator yang bocor atau berkaratnya selang, Sahabat tentunya harus mengganti komponen-komponen yang terdapat dalam radiator. Bahkan kalau perlu, kamu harus mengganti radiator secara keseluruhan. Kemudian, gunakanlah air radiator yang tepat seperti air sulingan AC atau air kemasan. Bahkan, kamu bisa menggunakan cairan coolant radiator. Setelah itu, jangan lupa untuk mengganti air radiator secara berkala.

Langkah berikutnya adalah dengan memilih oli yang berkualitas bagus. Sahabat dianjurkan untuk membeli oli di tempat resmi dan terpercaya. Kalau selang oli bocor, maka Sahabat perlu membawanya ke bengkel terdekat. Langkah yang pasti harus Sahabat lakukan adalah membawa mobil ke bengkel kesayangan. Tentunya, ada orang-orang yang lebih andal dalam menangani masalah temperatur mobil.

Ingat Sahabat, jangan remehkan temperatur mobil yang naik. Sekarang, Sahabat sudah tau penyebab dan akibat dari naiknya temperatur. Jadi, kalau temperatur mobil Sahabat naik, pastikan Sahabat periksa hal-hal di atas dan segera bawa ke bengkel terdekat ya!

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku