Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Alasan Kenapa Harus Pilih Jok Mobil yang Nyaman
12 November 2018
null

Sahabat pasti tahu dong Jok yang ada didalam mobil nggak mungkin sebuah mobil tanpa dilengkapi dengan Jok. Jok mobil ini sangat penting ada didalam mobil tentunya. Selain hanya untuk duduk si pengemudi dan penumpang, kenyamanan juga menjadi poin penting juga untuk menunjang keamanan selama berkendara. Terlebih untuk Sahabat yang memang sehari-hari selalu menggunakan mobil atau bahkan yang memang pekerjaannya selalu melintasi jalanan dengan menggunakan mobil. Tentunya sangat sayang sekali jika kenyamanan jok mobil diabaikan.

Bayangkan jika jok mobil Sahabat nggak oke, Sahabat harus mengendarai mobil sambil menggerutu apalagi sampai merasakan pegel-pegel tentunya sangat menjengkelkan bukan?. Apalagi dalam menghadapi keadaan jalanan yang macet, disini Sahabat harus betul-betul memilih jok mobil yang bisa bikin rileks saat berkendara.

Sebelum memilih jok yang pas untuk mobil Sahabat, ada baiknya mencari tahu informasi seputar jenis dan bahan pelapis yang biasa digunakan untuk jok mobil dan cara pemasangannya supaya terpasang dengan benar dan Sahabat bisa nyaman selama mengemudi. Dengan pemilihan bahan pelapis yang tepat juga akan menambah unsur aestetik pada interior mobil Sahabat.

Untuk memperluas pengetahuan Sahabat tentang jok mobil, baca penjelasan berikut, ya!

Jenis dan Bahan Pelapis Jok Mobil

Jok mobil dibuat dari beragam bahan pelapis sehingga jenis-jenis jok mobil pun banyak sekali. Namun, pada umumnya jok mobil sering dibuat dari bahan pelapis kulit, semi kulit, nilon, dan vinyl.

Pertama yang akan kita bahas yaitu Bahan Kulit, bahan kulit sendiri dianggap sebagai bahan pelapis jok yang paling bermutu di antara bahan-bahan lainnya. Selain nyaman oleh kelembutannya, desain bahan pelapis kulit ini sungguh mewah serta menawan mata. Akan tetapi, berdasarkan kualitasnya, bahan pelapis kulit bakal menguras kocek yang lebih mahal dari segi pembelian sampai perawatannya.

Bahan pelapis berikutnya ialah Semi Kulit. Keunggulan pelapis semi kulit terletak pada kekebalannya terhadap suhu panas. Bahan ini tidak menyerap panas sehingga Sahabat tak usah khawatir ketika memarkir mobil di tempat yang terpapar terik matahari. Harga bahan ini cenderung terjangkau dan untuk biaya perawatannya juga masih tidak terlalu mahal.

Kemudian, Bahan Nilon. Banyak yang mengatakan kualitas nilon hampir menyerupai kualitas bahan kulit. Bahkan, bahannya lebih kuat dan tahan lama. Harganya pun jauh lebih murah. Akan tetapi, pada permukaan bahan pelapis ini terdapat pori-pori dengan diameter yang cukup besar sehingga rentan kotor. Kamu harus rajin dan teliti dalam membersihkannya secara rutin.

Yang terakhir yaitu Bahan Vinyl. Bahan vinyl inilah bahan yang cocok digunakan untuk Sahabat yang super sibuk, tidak punya waktu untuk merawat jok, atau bahkan sampai yang betul-betul pemalas ulung.

Jok dengan bahan pelapis ini sangat mudah dibersihkan, tidak ribet, dan tidak terlalu mahal dalam perawatannya. Sayangnya, vinyl adalah penyerap panas yang baik sehingga pelapis ini berpotensi untuk mengurangi kenyamanan saat mobil Sahabat terpapar terik matahari.

Pemasangan Bahan Pelapis Jok Mobil

Ada beberapa cara pemasangan cover jok mobil yang bisa Sahabat praktikan dengan mudah. Tapi perlu Sahabat perhatikan dengan seksama cara pemasangannya dengan baik agar pelapis jok mobil Sahabat dapat terpasang dengan benar.

Yang pertama yaitu dengan Auto Seat Cover. Dengan cara ini, Sahabat tidak perlu ribet-ribet membongkar jok karena prinsipnya hanya melapisi jok lewat sarung karet yang sangat mudah pemasangannya. Kemudian, ada juga cara Paten yang mengharuskan pembongkaran keseluruhan jok. Cara kerja sistem paten adalah mengganti jok dengan jok custom cara ini memang lebih rumit dari cara auto seat cover.

Lalu ada cara Semi Paten. Lewat cara ini, Sahabat tidak akan seribet cara Paten yang membongkar keseluruhan jok mobil. Cara kerja semi paten hanyalah melapisi jok lama dengan sarung yang baru. Nah, itu tadi ketiga cara yang mudah untuk Sahabat semua praktikkan. Dengan melapisi jok mobil diharapkan Sahabat mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.

Tips Untuk Sahabat

Ada beberapa tips supaya Sahabat bisa memilih jok mobil yang nyaman serta kece. Sahabat perlu memahami kelebihan dan kekurangan bahan-bahan pelapis jok mobil yang telah dijelaskan di atas. Setelah itu, Sahabat bisa sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang Sahabat miliki. Lalu, lengkapi dengan cara pemasangan yang betul-betul pas.

Jika sudah yakin, barulah Sahabat bisa menentukan warna pelapis jok mobil. Tentunya Sahabat nggak pengen dong kabin serta plafon memiliki warna yang kontras dengan jok mobil? Pastikan, semuanya tertata dengan warna-warna yang serasi sesuai dengan selera Sahabat.Jangan lupa, pilihlah merk yang berkualitas serta produsen yang terpercaya. Sahabat perlu melakukan pemilihan yang lebih selektif, dengan begitu Sahabat bisa lebih menghemat biaya dan keberkalaan perawatan. 

Nah, sekarang Sahabat udah mengetahui seputar bahan-bahan pelapis jok mobil. Bahan-bahan tersebut harus disesuaikan dengan cara pemasangan yang betul supaya tidak terbuang sia-sia. Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Sahabat udah bisa memilih jok mobil yang nyaman dan kece berdasarkan bahan pelapis sesuai selera serta cara pemasangannya, ya!

Baca juga : Rekomendasi Merk Jok Mobil Super Nyaman

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku